Apa Saja Sih Faktor Gejala Sosial Itu? Ini Penjelasan Lengkapnya

Gejala sosial adalah suatu gejala yang tidak dapat berjalan seperti yang dikehendaki, sehingga menimbulkan kekecewaan di kalangan masyarakat. Ada beberapa faktor gejala sosial yang biasa kita temui di masyarakat.

Faktor-faktor pendorong yang memicu munculnya gejala sosial di masyarakat adalah faktor kultural dan faktor struktural.

Faktor kultural merupakan nilai-nilai yang tumbuh serta berkembang di lingkungan masyarakat. Sedangkan faktor struktural merupakan pola-pola hubungan antara individu dan kelompok yang terjalin di lingkungan masyarakat .

Gejala sosial yang ada di masyarakat berasal dari terjadinya perubahan sosial dalam masyarakat. Setiap masyarakat pastinya pernah mengalami perubahan di lingkungannya.

Perubahan sosial tersebut merupakan segala perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakat yang dipengaruhi oleh sistem sosial, nilai sikap serta pola perilaku di antara kelompok-kelompok yang ada di dalam masyarakat.

blognyazwar.blogspot.com
blognyazwar.blogspot.com

Beberapa contoh gejala sosial yang dapat kita temukan di masyarakat antara lain dikarenakan kemiskinan, penyimpangan seksual, kriminalitas, perdangangan sosial, kenakalan remaja serta pengangguran

Dampak yang muncul dikarenakan gejala sosial terbagi menjadi dua, yakni dampak positif dan dampak negatif.

Dampak positif yang kita dapatkan adalah ketika orang-orang berusaha untuk berprestasi serta bekerja keras agar dapat naik ke strata yang lebih tinggi. Sedangkan dampak negatif yang muncul dikarenakan gejala sosial adalah :

  • Munculnya disentegrasi sosial di dalam sebuah masyarakat yang mengalami difungsi.
  • Munculnya polarisasi sosial dimana masing-masing komponen di dalam komunitas saling terpisah satu dengan yang lainnya.
  • Munculnya perubahan sosial di masyarakat, baik menyangkut sistem, struktur maupun kultur.
  • Dapat terjadi konflik sosial di lingkungan masyarakat.

Adapun cara mengatasi gejala sosial yang terjadi di lingkungan sekitar, antara lain :

  • Adanya komunikasi yang baik antara anak dengan orangtua.
  • Orang tua/keluarga disarankan untuk lebih memperhatikan anaknya supaya tidak melakukan perilaku yang menyimpang yang bisa menjadi pemicu munculnya gejala sosial di masyarakat.

Demikianlah sedikit ulasan tentang faktor gejala sosial yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar