Fungsi Kuncup Rasa Pada Lidah

Kuncup Rasa (taste bud)

Kuncup rasa pada lidah atau disebut taste bud merupaka struktur yang ada pada permukaan lidah. Kuncup rasa ini tertanam pada mukosa papila lidah (Papila adalah juluran pada permukaan diatas lidah).

fungsi kuncup rasa
irmayusmita.blogspot.com

Kuncup rasa ini mengandung reseptor untuk rasa. Sekitar 3000 Selera yang ada pada lidah orang dewasa. Pada lidah ada empat tempat rasa utama yaitu asam, pahit, manis, dan asin. Keempat selera utama dirasakan oleh bagian yang berbeda dari lidah. Ujung lidah untuk merasakan manis dan garam, pada bagian sisi lidah merasaakan rasa asam, dan pada bagian belakang lidah merasaakan rasa pahit.

Namun baigan – bagian yang disebutkan tadi hanyalah bagian yang paling peka dengan rasa yang telah di sebutkan. Karena semua permukaan pada lidah bisa merasakan rasa dari makanan atau minuman.

Papilla

Pada papila memiliki kuncup pengecap atau kemoreseptor  yang bisa membantu kita untuk mengidentifikasi di antara selera yang berbeda pada makanan. Pada saat kita mengunyah makanan, sebagian sari makanan larut dalam air liur. Dan bagian sari makanan yang terlarut pada air liur terjadi kontak dengan selera yang menghasilkan impuls saraf.

papila lidah
caput92.wordpress.com

Serabut saraf ini sering dikenal dengan mikrovili. Serabut saraf ini akan membawa pesan menuju pusat rasa di otak. Dan kemudian otak yang akan merasakan rasa tersebut. Selera merupakan koleksi dari sel seperti saraf yang terhubung pada saraf yang berjalan ke otak. Selera adalah organ rasa yang sejati yang memiliki banyak sel-sel sensorik dan pada gilirannya terhubung menuju banyak serat saraf yang berbeda.

Tinggalkan komentar