Gitar Ukir Bali, Salah Satu Perkembangan Industri Musik di Indonesia

Di zaman sekarang musik seperti sudah menjadi gaya hidup dalam bermasyarakat. Kehidupan sehari-hari yang kita lalui rasanya sulit terhindar dari alunan melodi teratur yang bernama musik ini.

Bahkan beberapa orang mengatakan, “Saya tidak tau apa jadinya dunia ini tanpa musik disini.” Mungkin mereka yang berkata demikian karena merasa, bagi mereka alunan melodi teratur pada musik mampu memperbaiki mood dan hati mereka untuk saat itu, ketika dalam kondisi gundah.

Melodi musik yang indah umumnya didapatkan dari perpaduan beberapa suara dari alat musik yang berbeda, seperti gitar, drum, bass, piano, dan lain sebagainya. Tapi mungkin, dari beberapa alat musik diatas gitar merupakan salah satu kunci utama agar terciptanya melodi yang indah. Seperti kita tau, banyak orang mampu bernyanyi hanya dengan dilengkapi gitar saja, tapi belum tentu mampu bernyanyi jika hanya dilengkapi oleh drum, atau bass saja.

Gitar sendiri kini terus mengalami perkembangan sejak pertamakali ditemukan. Berbagai bentuk dan macam gitar saat ini banyak kita jumpai, dari mulai yang berbentuk besar seperti gitar spanyol, hingga yang berbentuk mungil seperti gitar keroncong.

Salah satu karya, gitar ukir bali | Pict by. googleimages
Salah satu karya, gitar ukir bali | Pict by. googleimages

Baru-baru ini bahkan muncul jenis dan bentuk gitar model baru, yakni gitar ukir bali karya asli anak negeri.
Seperti yang dilansir dari Kompasiana.com, I Wayan Tuges berhasil membuat gitar ukir khas bali. gitar ini terbuat dari kayu yang diukir secara detail. Gitar ini seperti memiliki karakter tersendiri dari gitar-gitar pada umumnya. Bahkan kabar terakhir, gitar ukir bali kini sudah di ekspor ke berbagai negara dan digunakan oleh mereka para musisi kelas dunia.

Salah satu tahap pengerjaan gitar ukir bali | Pict by. youtube.com
Salah satu tahap pengerjaan gitar ukir bali | Pict by. youtube.com

Nah, demikianlah artikel tentang gitar ukir bali salah satu perkembangan dari musik di Indonesia.

Tinggalkan komentar