Ini Dia 10 Gunung Tertinggi yang Paling Menakjubkan di Dunia

Di bumi yang kita tempati saat ini banyak sekali gunung yang memiliki ketinggian tertentu. Ketinggian gunung tersebut bervariasi, ada yang pendek tetapi ada juga yang mencapai ketinggian 5000-an meter dpl (di atas permukaan laut). Titik tertinggi dari sebuah gunung yang berbeda-beda memiliki daya tarik sendiri bagi para pendaki gunung. Oleh karena itulah mereka berlomba-lomba untuk menaklukan gunung dengan ketinggian tertentu.

Dalam sebuah data terdapat banyak sekali gunung yang memiliki puncak tertinggi di dunia. Berikut ini kami telah membuat sebuah rangkuman gunung yang memiliki puncak tertinggi lebih dari 5000 meter dpl. Selain memiliki puncak tertinggi gunung-gunung ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah. Ternyata Indonesia juga memiliki gunung dengan ketinggian di atas 5000 meter dpl loh, berikut ulasannya.

 

Gunung Everest Di Barisan Pegunungan Himalaya

Gunung Everest Merupakan Gunung Tertinggi di Dunia
cdn3.list25.com/

Gunung Everest berada di perbatasan Nepal – Tibet dan termasuk dalam barisan penggunungan Himalaya. Gunung ini memiliki dua nama yang berbeda di Tibet gunung ini dinamai Chomolangma atau Qomolangma sedangkan di Nepal dinamai Sagarmatha.

Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia. Ketinggian gunung ini mencapai 8.850 meter dpl. Orang yang pertama kali berhasil mencapai puncak gunung ini adalah Edmund Hillary dan Tenzing Norgay pada 29 Mei 1953.

Gunung McKinley, Puncak Tertinggi Di Amerika Serikat

Gunung Mount McKinley
cdn3.list25.com/

Gunung McKinley terletak di barisan pengunungan Alaska. Pegunungan ini merupakan pusat dari Denali National Park and Preserve. Gunung ini memiliki dua puncak yang merupakan puncak gunung tertinggi di Amerika Utara dan juga Amerika Serikat.

Puncak gunung ini berada pada ketinggian 6.118 meter dpl. Hudson Stuck dan Harry Karstens adalah kepala rombongan pendaki gunung yang berhasil sampai di puncak gunung ini. Sedangkan yang berhasil menginjakan kaki pertama kali di puncak tertinggi adalah anggotanya yang bernama Robert Tatum dan Walter harper.

Gunung Kilimanjaro, Di Sebut Juga Gunung “Putih”

Gunung Mount Kilimanjaro
cdn3.list25.com/

Gunung Kilimanjaro merupakan gunung berapi yang sudah lama tidak aktif lagi. Gunung ini merupakan gunung yang memiliki puncak tertinggi di Afrika yang memiliki ketinggian 5.895 meter dpl. Tetapi sayang, pada tahun 2006 rute pendakian menuju puncak Gunung Kilimanjaro ditutup karena terjadi longsoran batu yang memakan korban jiwa.

Gunung Logan, Gunung Tertinggi Kedua Setelah McKinley

Gunung Mount Logan
cdn3.list25.com/

Gunung Logan terletak di Kanada dan berada di kawasan Kluane National Park and Reserve satu deretan dengan Gunung McKinley. Gunung ini merupakan gunung tertinggi ke dua di Amerika yang puncaknya berada pada ketinggian 5959 meter dpl. Albert H. MacCarthy (pemimpin), Allen Carpé , WW Foster , HF Lambart,  Andy Taylor and N. Read itulah deretan nama pendaki yang berhasil mencapai puncak gunung ini pada 23 Juni 1925 silam.

Puncak Jaya, Glester Tropika Indonesia

Gunung Puncak Jaya Papua
cdn2.list25.com/

Puncak Jaya merupakan gunung yang berada di provinsi Papua dan merupakan gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Puncak Jaya juga merupakan salah satu 7 puncak tertinggi di dunia. Di sekitar puncak Jaya terdapat gletser Carstensz, yang merupakan satu-satunya glester tropika yang berada di Indonesia.

Titik tertinggi puncak Jaya ini berada pada ketinggian 5.030 meter dpl. Yang pertama kali berhasil mencapai puncak pegunungan ini adalah pendaki asal Austria. Mereka diantaranya adalah Heinrich Harrer (pemimpin), Albertus Huizenga, Russell Kippax, dan Robert Philip Temple.

Gunung Elbrus, Ditutupi Salju Sepanjang Tahunnya

Puncak Gunung Tertinggi Mount Elbrus
cdn2.list25.com/

Gunung ini berada di bagian selatan Rusia, tepatnya di perbatasan Georgia. Puncak gunung ini merupakan yang tertinggi di pegunungan Kaukasus dan Eropa. Yang unik dari gunung ini adalah puncanya yang selalu ditutupi salju es, dan gletser sepanjang tahun.

Gunung Elbrus memiliki dua puncak yang berada di ketinggian 5.642 meter dpl. Para pendaki yang pertama kali menjejakan kakinya di puncak gunung ini adalah Horace Walker, Florence Crauford Grove, Peter Knubel, , Ahiya Sottaiev dan Frederick Gardner pada tahun 1874 silam.

Mont Blanc, Gunung Yang Tertinggi Di Eropa Barat

Puncak Gunung Mont Blanc
cdn3.list25.com/

Gunung Mont Blanc merupakan gunung yang berada di Perancis dan Italia. Gunung ini masuk ke dalam barisan pegunungan Alpen. Monte Bianco merupakan nama lain dari gunung. Dalam bahasa Italia Monte Bianco berarti “Gunung Putih”, ini dikarenakan dataran tingginya yang diselimuti salju.

Mont Blacn merupakan gunung tertinggi yang ada di Eropa barat. Puncak gunung ini berada di ketinggian 4.810 meter dpl. Jacques Balmat dan Michel Pascard merupakan orang yang pertama kali sampai di puncak pada 8 Agustus 1786 silam.

Gunung Damavand, Terdapat Mata Air Panas

Gunung Tertinggi Damavand
cdn2.list25.com/

Gunung yang terletak di tengah pegunungan Alborz ini merupakan gunung tertinggi yang berada di Iran. Di gunung ini terdapat sebuah sumber mata air panas yang bisa digunakan untuk mengobati luka kronis dan penyakit kulit. Oleh karena itu, disekitar gunung ini terdapat kolam pemandian lumpur.

Gunung Damavand memiliki ketinggian sekitar 5000 meter dpl. Abu Dolaf Kazeaji adalah orang pertama yang berhasil sampai di puncak gunung ini pada tahun 905 silam.

Gunung Kinabalu, Dijadikan Lambang Kebesaran

Gunung Tertinggi Mount Kinabalu
cdn2.list25.com/

Gunung tertinggi kelima di Asia Tenggara ini terletak di Sabah, Malaysia. Permukaan gunung ini terdiri dari sendimen yang pecah karena terkikis. Gunung ini dijadikan sebagai lambang kebesaran bagi masyarakat yang tinggal di sana, karena diyakini bisa memberikan semangat juang dan persatuan mereka.

Gunung ini memiliki puncak dengan ketinggian 4.095 meter dpl. Hugh Low merupakan seorang kolonial Inggris yang berhasil mendaki puncak gunung ini pada tahun 1851 silam.

Gunung Rainier, Gunung Merapi Paling Berbahaya

Puncak Gunung Mount Rainier
cdn2.list25.com/

Gunung ini termasuk gunung berapi yang paling berbahaya di dunia karena jika meletus berpotensi menghasilkan lahar dalam jumlah yang besar. Gunung Raineir terletak di negara bagian Washington. Puncak gunung ini berada di ketinggian 4.392 meter dpl. Hazard Stevens merupakan orang pertama yang berhasil mendaki puncak gunung ini pada tahun 1870 silam.

Tinggalkan komentar