4 Hal yang Mulai Ditinggalkan Karena Smartphone

Apakah kamu termasuk orang yang freak dengan smartphone? Ya, beberapa tahun terakhir ini smartphone sangat dicintai oleh banyak orang, khususnya kaum muda.

Mereka seringkali berganti-ganti smartphone mengikuti trend dan menginginkan yang jauh lebih canggih. Meskipun harganya jutaan, tetap saja mereka berusaha untuk bisa memiliki smartphone keluaran terbaru.

Begitu juga pihak produsennya yang selalu meng-update produknya setiap beberapa bulan sekali. Tidak hanya satu produsen, tapi ada beberapa produsen smartphone yang menawarkan produk terbaru mereka dengan berbagai keunggulan dan kecanggihan teknologinya.

Dengan adanya fenomena tersebut, ternyata ada beberapa hal yang dulunya sering dilakukan dan sekarang tidak dilakukan lagi karena kecanggihan yang dimiliki smartphone.

Jadi, cukup satu teknologi bisa mendapatkan manfaat dari berbagai jenis teknologi yang ada pada zaman sebelum smartphone ada. Apa saja? Berikut daftarnya.

Kamera Analog

pixabay.com

Apakah kamu lahir apa tahun 90-an? Jika iya, berarti kamu pernah merasakan memotret menggunakan kamera analog. Ya, pada tahun 90-an, banyak orang yang menggunakan kamera analog untuk mengambil gambar.

Lalu, mereka juga harus membeli film terlebih dahulu untuk bisa digunakan memotret. Tidak semua film yang ada bisa digunakan. Ada saja beberapa foto yang buram. Orang-orang menyebutnya fotonya terbakar.

Setelah filmnya digunakan untuk memotret, maka kamu bisa melihat hasil jepretan kamu di film tersebut. Namun, warnanya masih buram. Setelah itu, kamu harus mencetaknya di tempat percetakan. Yang paling populer pada saat itu adalah tempat percetakan foto fujifilm.

Surat Kabar Harian

bacauntuktau.blogspot.com

Mungkin, saat ini sebagian orang masih membaca surat kabar harian tiap pagi sambil ditemani dengan segelas teh hangat sebelum berangkat ke kantor. Tentu saja tujuannya melihat berita terbaru mengenai Indonesia dan dunia.

Namun, kebiasaan tersebut mulai ditinggalkan oleh orang. Kebiasaan tersebut lambat laun mulai hilang semenjak adanya smartphone. Orang jadi lebih mudah mendapatkan berita.

Tidak harus menunggu koran datang di pagi hari, tapi bisa kapan saja orang mendapatkan berita terbaru melalui smartphone-nya. Hal ini menghilangkan kebiasaan yang dulunya sering dilakukan orang.

Peta Manual

elisachadiah.wordpress.com

Pada tahun 90-an, jika ingin traveling ke daerah yang belum pernah dikunjungi sebelumnya cara yang paling mudah adalah menggunakan peta. Peta yang digunakan bukanlah peda yang ada di google maps, melainkan peta manual.

Jadi, selama perjalanan membawa lipatan kertas yang ternyata itu adalah peta. Beda lagi dengan era sekarang. Dengan kecanggihan teknologi, tidak perlu lagi harus membawa lipatan kertas untuk pergi di daerah asing.

Cukup membawa smartphone dilengkapi dengan jaringan internet, maka bisa melihat peta dan terdapat pula petunjuk arahnya. Bahkan, jalan terkecilpun bisa diketahui melalui peta di goggle maps.

Tak hanya itu saja, di Indonesia saat ini sudah mulai ada peta yang memperlihatkan detail lokasi. Hingga, ingin mencari alamat rumah pun bisa.

Karena begitu dekat dan begitu nyata. Gambar dapat rumah pun sudah bisa dilihat melalui google. Dan itu semua bisa dilakukan hanya dengan membuka smartphone.

Perekam Suara

www.tokopedia.com

Dulunya, ingin merekam suara harus membeli alat perekam suara atau bisa menggunakan type recorder. Namun untuk saat ini, alat-alat tersebut sudah mulai ditinggalkan. Karena kebanyakan menggunakan smartphone untuk merekam.

Tidak hanya merekam suara, merekam video pun bisa dilakukan dengan hanya menggunakan smartphone. Jadi, adanya smartphone pada dasarnya sangat membantu orang dalam pekerjaannya. Namun juga ada yang hilang dari kehidupan.

Tinggalkan komentar