Tanda-tanda Hari Kiamat Menurut Al-Quran

Kiamat adalah hal yang sudah pasti akan terjadi namun tidak tahu kapan. Dalam Al-Qur’an sendiri sudah dijelaskan bagaimana proses terjadinya kiamat dan apa saja tanda – tandanya. Ada banyak sekali ayat yang menjelaskan hari kiamat, dan berikut hari kiamat menurut alqur’an :

Kiamat adalah hal yang sudah pasti akan terjadi namun tidak tahu kapan. Dalam Al-Qur’an sendiri sudah dijelaskan bagaimana proses terjadinya kiamat dan apa saja tanda – tandanya. Ada banyak sekali ayat yang menjelaskan hari kiamat, dan berikut hari kiamat menurut alqur’an :

Dan apa bila bintang-bintang berjatuhan

bintang-berjatuhan
www.popularmechanics.com

Pada ayat ini dijelaskan bahwa apabila bintang bintang mulai berjatuhan, maksudnya adalah bahwa jika bintang bintang yang ada di alam semesta ini saling bertabrakan sehingga alam semesta sangant kacau balau. Dan matahari merupakan salah satu bintang besar dan terdekat letaknya dengan bumi. Gaya gravitasi matahari mampu menahan semua anggota tata surya dapat berputar sesuai orbitnya sehingga tidak saling bertabrakan.bisa dibayangkan jika matahari sebagai bintang besar ini tidak berfungsi dengan baik maka akan saling bertabrakan antara planet satu dengan yang lainnya serta benda benda langin yang lainnya. Baca juga : Tertulis di Al-Quran, Fenomena Bunga Mawar di Luar Angkasa.

Dan apabila gunung-gunung dihancurkan

gunung-gunung-meletus
www.libertar.in

Dalam surat An-Naba’ ayat 6-7 menjelaskan bahwa gunung gunung yang ada di bumi ini sebagai pasak bumi.

Bisa dibayangkan, apabila kita membangun tenda tanpa pasak, apa yang akan terjadi? Tentu tenda itu tidaakan kokoh dan mudah sekali roboh. Begitupun bumi ini tidak akan stabil dan kokoh tanpa gunung-gunung karena fungsi gunung di bumi ini  sebagai pasak. Nah, pada saat bintang-bintang berjatuhan dan bertabrakan, sudah dipastikan bumi pun akan hancur. Gugung gunung juga akan dihancurkan. Tidak sedikit ayat yang membicarakan tentang gunung saat berbicara tentang hari kiamat seperti dalam surat Thaha 20 ayat 105 dan juga  Al-Quran surat An-Naba ayat 20)

 

Dan apabila unta-unta bunting ditinggalkan

unta-bunting-ditinggalkan
www.mycity-web.com

Dijelaskan bahwa yang dimaksud unta bunting disini merupakan sesuatu yang berharga. Pada hari terjadinya kiamat, manusia akan meninggalkan apa pun yang dinilainya berharga seperti orang yang dicintainya pun akan ditinggalkannya.

Dan apabila binatang-bintang buas dikumpulkan

hewan-buas-dikumpulkan
www.youtube.com

Hewan memiliki insting yang kuat soal alam, sehingga pada jaman dahulu perilaku hewan sering dilihat sebagai tanda akan terjadi sesuautu peristiwa. Misalnya ketika  binatang-binatang buas turun dari hutan digunung  menuju daratan, ini boleh jadi isyarat bahwa  akan terjadinya gempa hebat atau gunung meletus. Dan apa yang akan terjadi jika hewan-hewan buas dikumpulkan? Padahal kita tahu jika hewan buas merupakan makhluk yang individualis, mereka senang hidup sendiri-sendiri. Ketika hewan buas itu dikumpulkan maka mereka tidak akan lagi terlihat buas karena telah hilang sifat kebuasanya. Hal itu karena saking takutnya hewan-hewan itu akan dahsyatnya hari kiamat.

Dan apabila lautan menguap

bumi-menjadi-panas
www.thesun.co.uk

Dalam surat al qiyamah ayat 7-9 dijelaskan bahwa matahari dan bulan disatukan. Makna dari firman ini diartikan bahwa kelak matahari akan membesar sehingga planet planet disekitannya menjadi sangat panas, termasuk bumi. Dan lautan dibumi menjadi mendidih dan airnya menguap dan kemudian bisa saja menjadi kering. Sehingga kehidupan akan punah.

Dan apabila roh-roh dipersatukan

ruh-ruh-dipersatukan
www.sifamarket.com

Dan apabila ruh ruh dipersatukan memiliki 2 makna yang pertama adalah Orang orang yang sudah meninggal yang ruhnya telah lepas dari jasadnya serta  jasadnya yang sudah tinggal tulang belulang akan kembali dipersatukan oleh Allah SWT. Dan yang kedua adalah ruh ruh orang yang telah meninggal akan dikumpulkan menjadi 2 golongan. Seperti yang dijelaskan dam surat al’waqiah. Bahwa ada tiga golongan ruh.

Baca juga : Keutamaan Al-Quran akan Menerangi Hidupmu

Tinggalkan komentar