Mengenal Jenis dan Contoh dari Hewan Mamalia

Mamalia disebut juga binatang menyusui, hewan ini termasuk kedalam fauna kelas hewan vertebrata. Disamping banyak hewan dalam kelas lainnya, seperti hewan karnivora dan omnivora. Hewan mamalia memliki ciri dengan adanya suatu kelenjar susu, yang berada pada betina pada jenis hewan ini. Jenis hewan mamalia tersebut menghasilkan susu sebagai sumber makanan bagi anaknya.
karakteristik dari hewan mamalia adalah Sebagian besar dari hewan mamalia itu melahirkan keturunannya, namun ada juga jenis hewan mamalia yang bertelur atau termasuk jenis hewan monotrema.
Mamalia yang termasuk jenis monotremata ini biasanya tidak mempunyai puting susu, tetapi tetap mempunyai kelenjar susu. Sehingga monotremata itu memenuhi syarat untuk dapat masuk ke dalam kelas Mamalia atau binatang menyusi.

Lumba-lumba adalah salah satu contoh hewan mamalia. | Pict by. mostuniqe-thing.blogspot.com
Lumba-lumba adalah salah satu contoh hewan mamalia. | Pict by. mostuniqe-thing.blogspot.com

Hewan Mamalia memiliki tulang pendengaran berjumlah 3 didalam telinga kanan dan kiri dan juga 1 tulang atau dentari pada setiap sisi rahang bawah. Hewan mamalia juga memiliki integumen yang terdiri atas 3 lapisan yakni lapisan epidermis yang memiliki 30 lapis sel, dermis yang memiliki ketebalan 15-40 kali dibanding epidermis, dan hipodermis.

Ciri-ciri hewan mamalia adalah :
1. Ciri hewan mamalia yang pertama adalah memiliki kelenjar susu,
2. Yang kedua biasanya hewan mamalia berdarah panas,
3. Hewan mamalia sudah pasti menyusui,
4. Rata hewan- hewan mamalia tubuhnya di penuhi oleh rambut atau bulu,
5. Cara berkembang biak hewan mamalia dengan cara melahirkan keturunannya, dan
6. Sebagian besar hewan mamalia tingga di daratan.

Ada dua (2) jenis hewan mamalia, jenis yang pertama adalah hewan mamalia yang memakan daging atau karnivora dan jenis yang satunya adalah hewan mamalia yang memakan tumbuh tumbuhan atau pemakan tumbuh tumbuhan. Dan berikut contoh hewan mamalia pemakan daging dan jenis mamalia pemakan tumbuh tumbuhan.

Contoh hewan mamalia pemakan tumbuhan antara lain , sebagai berikut : Kambing, domba, Banteng, Jerapah, rusa, Gajah, Sapi, Antilop, serta Kerbau dll

Hewan mamalia pemakan daging banyak diantaranya yang merupakan hewan tercepat di dunia Contohnya : cheetah, kucing, anjing, Serigala, Dubuk, Harimau, Macan tutul, Cerpelai serta Singa dll.
Itulah tadi pengertian tentang hewan mamalia serta ciri ciri dan contohnya., semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu.

Tinggalkan komentar