Mengenal Lebih Dekat Hewan Vertebrata yang Ada di Sekitar Kita

Kurang lebih ada  sekitar 50.000 jenis hewan yang bertulang belakang atau disebut vertebrata. Hewan-hewan ini dapat hidup di udara, daratan dan air (baik di air tawar atau di air laut).

Hewan bertulang belakang umumnya terdiri dari kepala dan tubuh yang terdiri dari rongga dada dan abdomen. Hewan bertulang belakang yang hidup di darat biasanya mempunyai leher.

Jenis hewan Vertebrata terdiri dari lima kelas yaitu reptile, aves, pisces, amphibia, dan mamalia. Dan berikut pembahasannya:

 

Pisces

Vertebrata
twimg.com

Habitat Pisces ada  di air dengan alat bantu pernafasan berupa insang. Hewan ini mempunyai sirip yang berguna untuk menentukan ke mana arah gerak di dalam air dan memiliki gurat sisik yang berguna untuk mengetahui tekanan air.

Pisces berkembang biak dengan bertelur (ovipar). Kelas pisces biasanya berupa hewan berdarah dingin.

Berdasarkan jenis tulangnya, pisces dibagi menjadi 2  kelompok, yaitu :

  1. Pisces kelompok Chondrichthyes (ikan tulang rawan), contoh : ikan hiu, ikan pari, dan ikan cucut.
  2. Pisces kelompok Osteichthyes ( ikan tulang keras), contoh : ikan mas, dan ikan tongkol serta ikan gurami.

Burung

Burung
dunia-mulyadi.blogspot.com

Burung  ialah hewan yang memiliki sayap sehingga bisa terbang. Burung dapat terbang dengan kecepatan hingga 160 km/jam.

Namun tidak semua jenis burung bisa terbang ya, misalnya burung unta dan juga penguin. Dua hewan ini menggunakan sayapnya untuk menjaga keseimbangan. Penguin berenang dan burung unta berjalan dengan kakinya

Mamalia

Mamalia
allenrussell.photoshelter.com

Ciri khas dari hewan mamalia ialah memiliki kelenjar susu. Hewan Mamalia disebut juga hewan menyusui karena hewan ini menyusui anaknya. Tubuh hewan mamalia ditutupi bulu untuk memperlambat pertukaran panas.

Jenis hewan Mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar). Hewan ini bernafas dengan menggunakan paru-paru. Hewan Mamalia memiliki otak yang lebih berkembang dibandingkan dengan hewan vertebrata yang lain.

Amphibia

Amphibia
en.wikipedia.org

Hewan amphibia merupakan hewan yang dapat hidup di dua alam, yaitu darat dan air seperti contohnya beberapa jenis katak, salamander, dan caecilian ada yang hanya hidup di air dan ada yang hanya di darat.

Namun tidak semua jenis amphibia hidup di dua tempat, hewan amphibi  berkembang biak dengan bertelur (ovipar) dan pembuahan terjadi di luar tubuh

Kelompok hewan melata (reptil)

Reptil
enfo.agt.bme.hu

Hewan reptil adalah binatang bertulang belakang yang bersisik,  berkulit kering, dan bernapas dengan paru-paru, contohnya adalah ular. Ular ada yang hidup di darat dan ada juga di air.

Namun kebanyakan ular hidupnya di daratan. Ular yang hidup di air memiliki ciri bentuk ekor menipis menyerupai sirip yang berguna untuk membantu berenang.

Tinggalkan komentar