Fakta-fakta Menarik Tentang Hutan Amazon

Kali ini saya akan membahas tentang kehidupan Hutan Amazon. Hutan Amazon merupakan hutan hujan yang berada di Amerika Selatan. Hutan Amazon merupakan hutan hujan tropis paling luas di seluruh dunia.

Tingkat curah hujannya tinggi di setiap tahun, disertai pula dengan air yang dibawa oleh sungai dari salju yang mencair dari Pegunungan Andes di Peru, mengakibatkan hutan Amazon mengalami banjir sekalipun itu di musim kemarau.

Hutan Amazon terkenal sebagai paru-paru dunia karena mampu menghasilkan gas oksigen murni sebesar 30 persen dan disebut dengan neraka hijau karena lebat dan rimbunnya hutan yang membuat semua terlihat sama, hampir setiap tahun sungai disekitar hutan ini meluap dan juga banyaknya serangan dari hewan-hewan buas disana.

Terdapat kurang lebih 30 Persen dari jumlah seluruh binatang dan setengah dari seluruh spesies tumbuhan ada di hutan Amazon. Beberapa jenis fauna di hutan ini adalah jaguar, tapir, ular anakonda, boa, kupu-kupu morpho, elang, sloth, caiman, babi hutan dan masih sangat banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan satu-satu.

Bahkan ada beberapa jenis hewan juga yang belum mempunyai nama misalnya dari jeni hewan serangga. Sedangkan berbagai jenis tumbuhannya adalah pohon kapok, pohon telinga gajah, teratai raksasa, anggrek, jarda, sapodilla, pohon pisang dan yang lain yang berbatang besar.

hutan amazon
wallpapercave.com

Hutan Amazon meliputi beberapa wilayah di Amerika Selatan yaitu Bolivia, Brasil, Ekuador, Kolombia, Guyana Prancis, Suriname, dan Venezuela.

Disekitar hutan terdapat sungai yang disebut juga Sungai Amazon, sungai amazon menjadi urat nadi kehidupan yang membentang sekitar 4.007 mil dari ujung hulu hingga ke ujung hilirnya di Samudera Atlantik. Sungai itu memiliki 1.100 anak sungai, dengan diantaranya 17 sungai memiliki panjang lebih dari 900 mil. Sebagai salah satu sungai terbesar di dunia, Amazon memiliki debit air sekitar 3,4 juta galon setiap menit.

Tetapi sayangnya penggundulan besar-besaran hutan Amazon telah memicu keprihatinan dunia. Penebangan, pertambangan, pertanian dan perumahan-perumahan merupakan faktor utama yang bertanggung jawab atas penggundulan pohon-pohon besar pada hutan hujan Amazon ini. Hal itu tentu saja sangat memprihatinkan, mengingat hutan Amazon merupakan paru-paru dunia sekaligus rumah bagi jutaan spesies flora dan fauna.

Begitulah sekiranya kehidupan dalam Hutan Amazon. Semoga informasi diatas bisa memberikan ilmu untuk kamu dan semoga kita lebih bisa menjaga dan melestarikan hutan.

Tinggalkan komentar