Mengenal Lebih Jauh Hutan Hujan Tropis

Hutan amatlah penting bagi kehidupan umat manusia di bumi. Di dalamnya terdapat banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari fungsi hutan. Hutan merupakan sumber oksigen bagi kelangsungan hidup makhluk hidup.

Kali ini saya akan membahas tentang hutan hujan tropis. Hutan hujan tropis atau hutan hujan tropika adalah hutan yang selalu basah dan lembab. Hutan ini dapat ditemui di sekitar wilayah yang dekat dengan katulistiwa. Hutan hujan tropis juga dapat diartikan sebagai hutan yang hidup atau tumbuh di daerah tropis, bersuhu dingin dan mempunyai curah hujan yang tinggi.

Hutan ini dapat ditemukan di wilayah Asia, Australia, Afrika, Amerika Tengah, Meksiko dan Kepulauan Pasifik. Hutan ini merupakan rumah bagi hampir separuh spesies flora dan fauna yang ada di seluruh dunia.

hutan hujan tropis
www.flickr.com

Hutan hujan tropis ini tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian sekitar 1.200 m diatas permukaan laut, di atas tanah yang subur atau relatif subur, kering tetapi tidak memiliki musim kemarau yang berkepanjangan dan tidak tergenang air dalam waktu lama.

Dalam hutan ini menyimpan keanekaragaman hayati diantaranya jenis-jenis tumbuhan yang sangat kaya. Diperkirakan hampir sekitar 1800 sampai 2.300 spesies pohon yang tumbuh di hutan ini.

Hutan hujan tropika merupakan keseluruhan komunitas tumbuhan yang paling kaya baik dalam arti jumlah macam-macam makhluk hidup yang membentuknya, maupun dalam tingginya nilai sumber daya alamnya seperti tanah, air dan cahaya matahari yang dimilikinya. Hutan yang hidup di dataran rendah ini didominasi oleh pepohonan yang memiliki batang besar.

Sekarang ini, hutan hujan tropis meliputi hampir 6% luas daratan bumi. Meskipun terbilang cukup kecil. Mengingat begitu pentingnya manfaat hutan bagi kehidupan makhluk hidup dan juga kondisi hutan yang masih bisa dibilang sangat kecil ini, maka sudah sepatutnya kita sebagai manusia harus sekuat tenaga menjaga dan melestarikan hutan yang ada agar tetap tumbuh dan menjadi sumber daya alam hingga masa-masa yang akan datang.

Semoga informasi tersebut bisa memberikan manfaat untuk kamu semua dan memberikan gambaran betapa penting hutan hujan tropis.

Tinggalkan komentar