5 Wilayah Persebaran Hutan Hujan Tropis Dilihat dari Pandangan Burung

Hutan hujan tropis adalah sebutan bagi hutan di kawasan tropis yang menerima hujan sepanjang tahun. Tipe hutan ini sering disebut hutan everwet (selalu basah) atau evergreen (selalu hijau). Biasanya memiliki banyak tanaman dan hewan. Para ilmuwan mengatakan lebih dari separuh spesies tanaman dan binatang tinggal di hutan hujan.

Juga lebih dari 1/4 obat-obatan berasal dari sini. Hutan hujan hanya meliputi wilayah sekitar 2% dari wilayah tanah bumi, namun hutan hujan masih menyediakan 40% oksigen.

Bila kita melihat peta bumi, hutan hujan tropis seperti sabuk hijau yang mengelilingi bumi. Hutan ini dapat ditemukan di sekitar garis khatulistiwa, yang membentang mulai dari Amerika Selatan, Afrika, Asia, hingga ke Australia.

Berdasarkan Corlett dan Primack (2011), terdapat tiga tipe hutan hujan tropis yang diwakili tiga blok besar. Namun, terdapat dua blok kecil yang memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dengan ketiga blok tersebut.

Dengan demikian ada 5 wilayah persebaran hutan hujan tropis jika ditinjau dari keunikan ekosistemnya. Inilah kenampakan 5 wilayah persebaran hutan hujan tropis di dunia jika dilihat dari ketinggian.

 

Amazon Amerika Selatan

Amazon
taringa.net

Hampir setengah dari luas hutan hujan tropis dunia (hutan amazon) berada di Amerika Selatan. Wilayah konsentrasi hutan ini ada di sekitar sungai Amazon dan sungai Onoroco. Basin sungai Amazon terletak di Utara dan tengah Brasil, sedangkan basin sungai Onoroco terletak di timur Kolombia dan Venezuela.

Terpisah dari blok di atas, terdapat juga hutan hujan tropis di bagian Selatan Mexico memanjang hingga ke Guatemala, Costa Rica, Panama hingga Ekuador. Selain itu, terdapat juga dalam bentuk area kecil-kecil di Kepulauan Karibia.

Afrika Tengah

Kongo
greenpeace.org

Hutan hujan tropis di Afrika merupakan blok kedua terbesar di dunia. Letaknya di sekitar sungai Kongo. Setengah kawasannya masuk dalam wilayah negara Republik Demokratik Kongo (dulunya bernama Zaire). Sisanya tersebar di Republik Kongo, Gabon dan Kamerun.

Sedikit terpisah dari blok utama, terdapat hutan hujan tropis di bagian barat Afrika meliputi Ghana, Pantai Gading, Liberia hingga ke bagian timur Sierra Leone. Antara blok utama di Afrika Tengah dengan blok di Afrika Barat terpisah sejauh 300 km.

Asia Tenggara

Kalimantan
en.wikipedia.org

Hutan hujan tropis terbesar ketiga dunia terletak di semenanjung Malaya dan Indonesia. Di Indonesia terletak hampir di setiap pulau besar seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi atau disebut juga Sunda Besar (sundaland). Selain itu ditemukan juga di wilayah Filipina.

Di bagian semenanjung, hutan hujan tropis meliputi wilayah Malaysia, Kamboja, Laos, Vietnam, Myanmar dan Thailand. Sebagian kecil lagi ditemukan di Cina bagian Selatan dan Taiwan. Kemudian terdapat juga Asia Selatan, mulai dari Srilangka, India dan Pakistan.

Papua Nugini dan Australia

Australia
daintreerainforest.net.au

Blok hutan hujan tropis di Pulau Papua dapat dikatakan memiliki karakteristik flora fauna berbeda dengan blok Asia Tenggara. Pulau Papua terbagi ke dalam dua wilayah negara berbeda, bagian barat masuk Indonesia, bagian timur masuk Papua Nugini. Dalam konsentrasi yang kecil, terdapat juga hutan hujan tropis di bagian utara Australia meliputi Cooktown dan Townsville yang memiliki karakteristik relatif sama dengan hutan di Papua.

BACA JUGA: Mengungkap Ritual Mumifikasi Paling Mengerikan di Papua Nugini

Pulau Madagaskar

Madaaskar
franslanting.photoshelter.com

Blok terakhir terdapat di Pulau Madagaskar. Sebenarnya iklim di Madagaskar cenderung kering. Hutan hujan tropis hanya ditemukan di sebagian kecil wilayah pulau ini, yaitu di sisi timur membentang dari utara ke selatan sepanjang 120 km. Hutan Madagaskar terkenal memiliki keunikan tersendiri, seperti pulau yang terisolasi dari dunia, flora dan faunanya khas dan tidak ditemukan di tempat-tempat lain.

Tinggalkan komentar