Manfaat Hutan Lindung Bagi Lingkungan

Hutan Lindung merupakan hutan yang sengaja dilindungi baik oleh pemerintah maupun masyarakat sekitar guna menjaga fungsi-fungsi hutan yang menyangkut pada tata air dan menjaga kesuburan tanahnya. Kawasan hutan ini sering disebut dengan kawasan observasi, kawasan yang memang benar-benar dilindungi dan terdapat peraturan yang berlaku dalam undang-undangnya.

Hutan lindung memiliki banyak manfaat pokok untuk menjaga ekosistem lingkungan. Manfaat-manfaat tersebut antara lain:

  • Mencegah terjadinya banjir, karena hutan yang terpelihara mampu menyerap air hujan agar tidak langsung turun ke daerah yang lebih bawahnya. Kemampuan akar-akar pohon  untuk menampung air merupakan pengendalian banjir yang sangat efektif.
  • Menyimpan cadangan air dalam tanah, selain dapat mengendalikan banjir hutan juga bermanfaat sebagai tempat penyimpanan cadangan air tanah. Cadangan air tersebut dapat digunakan ketika terjadi musim kemarau, apalagi jika musim kemarau tersebut berkepanjangan. Sehingga penduduk sekitar hutan dapat terhindar dari bencana kekeringan.
  • Hutan lindung mampu mencegah erosi dan tanah longsor, lahan terbuka yang diatasnya tidak tertutup hutan akan cepat tergerus erosi, terutama saat terjadi musim hujan. Erosi akan mendangkalkan sungai-sungai yang ada di bawahnya. Selain itu juga, bagi hutan-hutan yang terdapat di lereng gunung yang curam dapat mencegah terjadinya erosi yang bisa menyebabkan bencana tanah longsor.
indahhaamelia.blogspot.com
indahhaamelia.blogspot.com
  • Menjaga kesuburan tanah, hutan seperti sebuah tempat pengomposan besar. Berbagai macam material alami dan organik akan terurai menjadi pupuk atau kompos natural di dalam hutan. Kompos  hutan ini berfungsi sebagai pupuk yang mampu meningkatkan daya kesuburan tanah.
  • Menyimpan sumber daya genetik, di dalam hutan terdapat plasma nuftah yang tinggi. Keanekaragaman hayati hutan merupakan sumber kehidupan bagi alam.
  • Habitat hidup flora dan fauna, hutan yang baik bisa melindungi satwa dan tumbuhan yang ada di dalamnya.
  • Tempat pendidikan dan observasi laboratorium alam, juga bisa menjadi tempat pendidikan, penelitian ilmiah untuk mengembangan ilmu pengetahuan.

Hutan sangatlah berharga bagi kehidupan seluruh manusia, bahkan tak hanya manusia saja makhluk hidup yang lain pun juga mempunyai ketergantungan pada hutan-hutan. Jagalah hutan kita jangan ditebang, jangan dirusak. Lakukan reboisasi jika terdapat daerah-daerah yang tadinya hutan tetapi sudah gundul.

Tinggalkan komentar