Budidaya Ikan Arwana Golden Red, Si Emas Cantik Asal Indonesia Tercinta

Bagi pecinta ikan hias tentunya tidak akan asing lagi dengan ikan yang satu ini, inilah salah satu jenis ikan purba yang masih eksis sampai saat ini. Ikan naga Indonesia atau yang lebih kita kenal dengan nama ikan arwana.

Ikan Arwana dapat ditemukan hampir diseluruh benua di dunia, walaupun pada awalnya ikan naga ini berasal dari pulau Kalimantan namun kini dapat ditemui hampir diseluruh dunia.

Ikan arwana golden red sulit sekali dapat bertahan hidup dengan lingkungan barunya, karena hal tersebut membuat perkembangbiakan ikan ini sangat sulit dilakukan oleh peternak ikan hias pemula.

Untuk pembiakannya dibutuhkan ilmu penangkaran yang lebih untuk membudidayakan spesies ikan hias asli Kalimantan ini agar dapat bertahan hingga menjadi ikan dewasa.

Seperti namanya ikan arwana golden red juga memiliki warna merah keemasan walaupun warna merahnya tidak terlalu mendominasi seperti warna kuning emasnya. Yang menjadi pembeda adalah ukuran yang lebih besar dari spesies arwana lainnya.

Ikan hias yang sudah ada sejak 220 juta tahun yang lalu ini terkesan memiliki sikap yang angkuh. Sifat ini terlihat jelas saat kamu melihatnya dalam air tenang aquarium, ikan ini cenderung tidak akan melakukan gerak yang berlebihan yang membuatnya terlihat sangat anggun dan mewah.

carabudidayaikann.blogspot.com
carabudidayaikann.blogspot.com

Budidayanya yang sangat sulit selaras dengan harganya yang sangat tinggi pula. Harga satu ekor Arwana Golden Red dengan ukuran 20 cm – 25 cm dapat dijual dengan kisaran harga 2,5 juta hingga 4 juta rupiah.

Jika kamu ingin membudidayakan ikan arwana golden red kamu dapat mengembangbiakannya dalam kualitas media air yang baik dan harus sangat terawat.

Perhatikan pH air dengan kisaran 6,8 – 7,5, kisaran yang sama seperti habitat alami ikan sehingga ikan akan tetap bertahan dengan lingkungan barunya. Jangan lupa mengatur suhu ruangan antara 27 – 29 derajat celcius untuk menambah peluang bertahan ikan hias ini.

Jika kamu telah melakukan kiat seperti diatas maka perlu kamu ketahui pula bahwa ikan hias yang satu ini sangat menggemari udang dan ikan – ikan kecil.

Namun jika terlalu sulit mendapatkan udang dan ikan, kamu dapat menggantinya dengan pellet yang tersedia di toko pakan ikan hias sekitar rumahmu.

Tinggalkan komentar