6 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Paling Sering Dipelihara

Memiliki rumah dengan dekorasi natural bisa jadi impian setiap orang. Menaruh vas-vas penuh bunga dan juga menempatkan akuarium di dalam ruangan. Tentu akuarium itu berisi berbagai macam ikan hias air tawar yang cantik dan menawan.

Dari sekian banyak jenis dan macam ikan air tawar, ada beberapa yang sudah jadi favorit bagi para pecinta ikan hias. Beberapa mungkin masih agak asing, namun sebagian besar jenis ini banyak yang tahu dan bahkan sudah memeliharanya di rumah. Jenis-jenis ikan hias air tawar itu diantaranya sebagai berikut.

Ikan Koi

jenis-jenis_ikan_koi_gosanke (binatang.net)
binatang.net

Ikan jenis ini sudah sangat umum dielihara baik di kolam maupun di akuarium kaca. Koi juga termasuk ikan hias air tawar yang mempunyai corak yang indah. Selain itu ukurannya yang bisa sampai besar membuat ikan ini diminati untuk dipelihara.

Bahkan jika dirunut sejarahnya, ikan jenis ini merupakan peliharaan para raja dan kaisar di Jepang pada zaman dahulunya. Sebab ikan ini dipercaya dapat mendatangkan aura positif dan juga keberuntungan. Begitu juga yang ada dalam kepercayaan orang-orang Tionghoa.

BACA JUGA: Macam-macam Ikan Hias Khas Jepang

Ikan Cupang

Peluang-Budidaya-Ikan-Cupang (terlengkap.xyz)
terlengkap.xyz

Ikan hias ini memiliki tubuh yang kecil mungil dengan sirip yang tergerai begitu indah. Corak warnanya polos, namun mempunyai variasi warna yang banyak. Beberapa warnanya seperti merah, biru, kuning, putih dan juga ungu.

Ada ciri yang menarik dari ikan yang satu ini, yakni hobinya suka bertarung. Sehingga ikan ini juga dinamakan ikan petarung. Bahkan ada juga yang khusus dipelihara untuk dijadikan aduan. Padahal hal seperti itu tidak dianjurkan dan juga dilarang, baik oleh agama maupun hukum.

Ikan Maskoki

maskoki lionhead2 (ajasmanfaat.blogspot.com)
ajasmanfaat.blogspot.com

Namanya, unik bukan? Tapi jangan salah sangka, hanya gara-gara namanya, kamu berpikir ikan ini jago memasak. Padahal dia hanya ikan, bukan mas-mas yang jadi koki atau tukang masak itu. Jenis ikan mas koki ini sangat mudah dipelihara karena perawatannya yang cukup sederhana.

Jadi jangan ketinggalan jika sedang berbelanja untuk ikan hias, pastikan menyertakannya juga. Ingat, ikan ini punya ciri perutnya yang gembul dan keningnya yang menonjol. Jadi jangan sampai salah membelinya, ya.

Ikan Arwana

ikan arwana (situshewan.com)
situshewan.com

Pernah dengar Tukul Arwana? Kalu sudah berarti kamu harusnya juga sudah tahu tetang ikan yang punya nama sama. Ikan ini punya kumis di sekitar mulutnya juga bermulut mancung. Sehingga nama ikan ini dirasa cocok digunakan sebagai nama keren Tukul.

Namun selain fakta tersebut, tersimpan juga mitos bahwa memelihara ikan ini bisa memperlancar rejeki. Kepercayaan ini juga di percayai oleh kaum Tionghoa dan masyarakat Cina pada umumnya. Namun terlepas dari itu semua, ikan ini memang cukup cantik untuk dipelihara.

Ikan Oscar

oscar_astronout_greenfishindonesia (www.greenfishindonesia.com)
www.greenfishindonesia.com

Ikan jenis ini mungkin masih asing bagi para pecinta ikan hias lokal. Pasalnya ikan satu ini memang bukan ikan lokal dan tergolong baru di kalangan jenis-jenis ikan hias. Namun jika melihat dari corak dan juga warnanya yang khas, maka tidak salah jika memutuskan untuk menjadikan ikan ini sebagai peliharaan di rumah.

Jika kamu ingin membelinya, pastikan ciri-cirinya benar. Warnanya yang oranye khas dengan corak hitam dan sekilas mirip ikan lohan. Atau bisa juga kalau kamu tidak tahu, bisa tanya-tanya pada penjual ikan hias dan memilihkannya untuk dipelihara di akuarium pribadimu.

Ikan Discus

ikan-hias-mahal (www.gelerigambarhewan.net)
www.gelerigambarhewan.net

Satu lagi jenis ikan yang tidak begitu familiar di telinga para pecinta ikan hias, yakni ikan discus. Sama seperti ikan sebelumnya, warnanya juga cukup mencolok karena kekhasannya. Warna dasar merah menyala dengan corak putih dan badan yang pipih lebar.

Ikan yang satu ini akan terlihat begitu bagus jika ditempatkan di akuarium penuh hiasan dan tanaman air. Meski hanya satu ikan namun sudah mampu menghadirkan daya tarik yang menawan. Sehingga sangat sayang jika melewatkan jenis ikan yang satu ini untuk dipelihara, meskipun bukan ikan hias yang tergolong mahal.

Satu pemikiran pada “6 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Paling Sering Dipelihara”

Tinggalkan komentar