Jenis-Jenis Ikan Hias Koi yang Memiliki Corak Indah

Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan emas yang banyak dibudidayakan di Indonesia saat ini, walupun berasal dari Jepang, namun banyak pula peternakan ikan local yang kini membudidayakannya dalam lingkup global.Ikan Koi mulai dikenal luas di Indonesia sejak tahun 1960an sejak Presiden Pertama yaitu Bapak Soekarno mendapat hadiah ikan koi dari pemimpin Cina yang berkuasa saat itu dan memberikan ikan – ikan tersebut pada peternak ikan di daerah sekitar Batu dan Malang Jawa Timur.

Pembudidayaan ikan koi lokal pun semakin berkembang pesat dan menjadi ikon Kota Blitar karena kini telah menjadi salah satu percontohan yang ideal di Indonesia terlepas dari tempat asal budidayanya yaitu disekitaran Malang.

Bukan tanpa alasan menjadikan ikan koi sebagai ikan hias, warnanya yang cerah menawan membuat siapapun akan terpukai melihatnya. Kombinasi warna yang menarik antara perpaduan putih dan merah serta terkadang juga ada warna hitam walaupun akan sangat jarang dijumpai.

Ikan air tawar ini pada awalnya adalah persilangan antara beberapa strain ikan emas, namun pada perkembangannya kini ikan koi juga dikenal dalam berbagai jenis diantaranya adalah.

Koi Gosanke

www.koiphen.comwww.koiphen.com

Memiliki kombinasi warna cantik merah, putih, dan hitam. Serta masih diklasifikasikan dalam 3 jenis lagi yaitu:

  1. Koi Gohaku : Memiliki corak warna putih dan merah, dan Gohaku dengan kualitas terbaik adalah yang memilik warna putih salju dan merah gelap
  2. Koi Sanke : Koi jenis ini memilik warna hitam mencolok disepanjang punggungnya, dan koi sanke unggul adalah yang tidak memilik warna hitam di kepalanya
  3. Koi Showa : Koi yang satu ini memiliki kombinasi warna yang seimbang antara merah, putih dan hitam.

Koi Bekko

tumblr_m51wcqrzOn1rxqt9yo1_1280hungrykoi.tumblr.com

Koi ini memiliki pola cantik berwarna hitam, dan memiliki 3 varian diantaranya adalah:

  1. Koi Shiro Bekko : Memiliki warna dasar putih serta pola hitam kecil
  2. Koi Ki Bekko : Warna dasar kuning serta pola hitam pada bagian punggu adalah cirri khas koi yang satu ini
  3. Koi Aka Bekko : Mempunyai warna dasar merah serta pola kecil berwarna hitam membuat ikan koi yang satu ini menjadi sangat menarik.

Nah demikian adalah beberapa referensi yang dapat kamu jadikan pertimbangan jika kamu ingin menjadikan ikan cantik yang satu ini menjadi pelengkap akuarium dirumahmu.

Tinggalkan komentar