6 Jenis Ikan Hiu Paling Mematikan di Dunia

Beberapa hewan memberikan tingkat ketakutan yang sama seperti hiu. Sebagai predator puncak, banyak jenis hiu yang memiliki senjata lengkap untuk menimbulkan cedera serius dia besar, cepat, kuat dan memiliki senjata yang berupa gigi tajam berbentuk pisau cukur, ikan ini sangat cocok dijuluki mesin pembunuh. Namun dari sekitar 400 spesies hiu, ternyata hanya sebagian kecil saja yang sangat berbahaya bagi manusia.

Berikut ini adalah beberapa hiu paling berbahaya yang perlu kamu hindari

 

Great White Shark

popcultureuncovered.com
popcultureuncovered.com

Hanya dengan mendengar nama Great White Shark saja, cukup untuk membuat orang-orang lari menjauh dari pantai. Sudah sangat terkenal di film Jaws di tahun 1970-an dan reputasinya sebagai pemakan manusia. Spesies dengan nama ilmiah Carcharodon carcharias tidak diragukan lagi merupakan salah satu ikan pembunuh terganas di planet Bumi.

Spesimen ini memiliki ukuran panjang sekitar 6,5 meter. Namun, beberapa laporan mengatakan bahwa terdapat hiu sebesar 8 meter dan memiliki berat hampir 3,5 ton. Terletak di antara rahang yang kuat terdapat beberapa baris gigi segitiga sekitar 3 inci panjang yang bergerigi di sepanjang kedua sisi, ini digunakan untuk mengiris mangsanya. Hiu ini merupakan makhluk teritorial sehingga jika ada yang dirasa mengganggu ia tidak akan segan memangsanya, termasuk juga manusia.

Hiu Banteng

www.phantomdivers.com
www.phantomdivers.com

Hiu banteng dengan nama latin Carcharhinus leucas menurut pendapat beberapa orang merupakan Hiu paling mematikan di dunia. Namun reputasi Hiu ini kalah dengan Hiu Putih dan Hiu Macan. Hiu ini digolongkan mematikan karena memiliki bagian fisik yang memang berbahaya.

Hiu ini dapat mencapai panjang hingga 3.5 meter dan beratnya sampai 318 kilogram. Hiu ini akan menyerang siapa saja yang menganggu teritorialnya termasuk manusia.

Hiu Macan

asoturookeryclub.deviantart.com
asoturookeryclub.deviantart.com

Tiger Shark atau Hiu macan merupakan salah satu dari hiu terbesar, dan satu-satunya anggota genus Galeocerdo. Hiu macan dewasa memiliki panjang tubuh berkisar antara 3,25 m hingga 4,25 m, dan berbobot 385 kg hingga 635 kg. Hiu ini banyak ditemukan di samudera tropis dan hangat, terutama di sekitar pulau di tengah Pasifik. Hiu harimau adalah pemburu soliter, dan berburu di malam hari.

Predator dengan hidung besar dan tumpul ini terkenal dengan reputasinya sebagai pemakan/penyerang manusia. Masalah terbesar dengan hiu ini adalah, mereka tidak membeda-bedakan jenis menu yang mereka akan makan. Apabila mereka menyerang manusia dan melakukan gigitan pertama, mereka kemungkinan akan terus menyerang. Tercatat 158 serangan dan 27 diantaranya menimbulkan kematian bagi manusia yang menjadi korbannya.

Hiu Koboi

fineartamerica.com
fineartamerica.com

Hiu koboi pada awalnya dideskripsikan sebagai hiu pelagis. Ia kerap kali dijumpai di sepanjang perairan hangat subtropis dan tropis dari Samudra Atlantik dan bagian luar paparan kontinental dari Teluk Meksiko.

Di Indonesia, berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2001-2006, jarang ditemukan hiu koboi dewasa. Kisaran ukuran yang umumnya didaratkan di tempat pendaratan ikan antara 70-180 cm, yang merupakan ukuran hiu koboi belum dewasa. Hal ini jelas menjadi ancaman bagi populasi hiu koboi karena semakin banyak ikan belum dewasa tertangkap, peluang ikan tersebut untuk berkembang biak semakin kecil.

Shortfin Mako Shark

wheredosharkslive.com
wheredosharkslive.com

Hiu ini dapat ditemukan di seluruh dunia. Mereka dapat berenang hingga 46 mph dan dapat melompat hingga 28 kaki di udara. Ketika mulutnya tertutup, Anda masih dapat melihat giginya. Hiu ini merupakan salah satu dari 4 hiu berdarah panas. Hingga saat ini mereka memiliki rekor 42 penyerangan dengan 2 kematian.

LIHAT VIDEO: Hiu Megalodon, Makhluk Prasejarah Lautan yang Menakutkan

Blacktip Reef Shark

www.pittsburghzoo.org
www.pittsburghzoo.org

Hiu ini banyak ditemukan di perairan hangat dangkal di sekitar batu karang. Mereka memiliki pendengaran yang sangat baik, hampir sebaik manusia. Hiu ini diberi nama karena siripnya memiliki warna hitam pada ujung2nya, dan hampir terancam punah karena sering ditangkap secara tidak sengaja oleh nelayan dan siripnya suka dijual untuk sup sirip hiu. Hiu ini biasanya tidak akan menyerang kecuali ‘terprovokasi’ tetapi mereka mungkin menyerang para penyelam jika airnya keruh dan mereka tidak dapat melihat dengan jelas.

Satu pemikiran pada “6 Jenis Ikan Hiu Paling Mematikan di Dunia”

  1. Tambahan gan hiu macan sejak dalam perut ibunya sudah jadi pembunuh sadis dengan memakan saudara kandungnya yg lebih lemah. Hiu banteng bisa lebih seram dari hiu putih atau macan. Karena hiu ini bisa hidup di air tawar juga

    Balas

Tinggalkan komentar