6 Ikan Terganas Di Dunia

Ikan adalah hewan bertulang belakang yang hidup di air, berdarah dingin (poikiloterm), bergerak dengan menggunakan sirip, bernafas dengan insang, dan memiliki gurat sisi (linea lateralis) sebagai organ keseimbangannya.

Ikan sendiri memiliki banyak sekali jenisnya, baik yang bisa dikonsumsi manusia maupun yang tidak. Untuk jenis ikan yang bisa dikonsumsi manusia, ada ikan jenis air tawar maupun air laut menurut habitat pengembangannya. Ikan dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein dan gizi manusia. 

Selain ikan-ikan yang bisa di konsumsi, terdapat banyak pula jenis ikan yang memiliki racun, sehingga tidak dapat untuk dikonsumsi. Selain itu, banyak pula jenis ikan terkenal ganas dan mematikan sehingga mungkin membuat kita berpikir dua kali sebelum menangkap dan mengolahnya. 

Berikut beberapa jenis ikan terganas di dunia.
1

Anglerfish

jenis ikan terganas di dunia
www.dailymotion.com

Ikan yang memiliki wajah seram ini tinggal di kedalaman laut dengan mencapai kedalaman sekitar 3.300 sampai dengan 6.600 kaki di bawah permukaan air laut.

Ikan ini termasuk jenis predator, yang memiliki mulut yang cukup besar dan gigi tajam yang digunakan untuk melahap mangsanya. Selain itu, ikan ini memiliki tentakel seperti kail pancing yang terdapat di kepalanya, yang unik adalah kail tersebut dapat memancarkan cahaya di kegelapan dasar laut.

2

Great White Shark

jenis ikan terganas di dunia
kids.nationalgeographic.com

Hiu Putih (Carcharodon carcharias) adalah salah satu dari hiu legendaris yang terkenal sangat ganas di dunia. Pada umumnya hiu ini dapat bertumbuh mencapai sekitar 13 kaki sampai dengan 16 kaki dengan berat hingga 5000 lbs (2267.96 kg). Hiu putih raksasa biasanya tinggal dekat permukaan air.

Hiu Putih tinggal di perairan yang bersuhu 12 – 24 °C dengan distribusi yang lebih banyak di perairan Australia, Afrika Selatan, California, New Zealand, dan di perairan Mediterania.  Salah satu tempat habitat dimana ditemukan hiu putih paling banyak adalah di Dyer Island, Afrika Selatan. Ikan ini suka memakan anjing laut dan juga ikan lainnya. Terdapat berbagai laporan serangan dari ikan hiu legendaris ini dan tercatat pula beberapa kasus kematian yang ada.

3

Orca (Paus Pembunuh)

jenis ikan terganas di dunia
versesofuniverse.blogspot.com

Orca (Orcinus orca) adalah spesies terbesar dari keluarga lumba-lumba. Sebenarnya orca tergolong sebagai lumba-lumba. Namun, karena orca berukuran sangat besar, banyak yang menyebutnya sebagai paus.

Spesies ini ditemukan di seluruh samudera, dari kawasan dingin seperti Artik dan Antarktika hingga kawasan bersuhu hangat. Paus pembunuh merupakan predator puncak di lautan dan merupakan salah satu mamalia terbesar dan terganas yang hidup di lautan.

4

Piranha

jenis ikan terganas di dunia
kids.nationalgeographic.com

Piranha termasuk ikan air tawar yang habitat aslinya ada di sungai Amazon, Brazil. Piranha banyak ditemukan di perairan sungai dan danau di daerah yang beriklim tropis yang kebanyakan berlokasi di selatan timur negara-negara Amerika. Piranha tersebar di beberapa sungai antara lain Orinoco (Venezuela), Rio e la Plata (Argentina) dan sungai Paraguay (Paraguay).

Ikan ini terkenal sebagai ikan ganas yang memiliki gigi yang tajam. Ikan ini tergolong sebagai ikan agresif yang memiliki nafsu makan yang begitu tinggi. Bahkan ketika mereka merasa lapar, mereka akan menjadi kanibalisme dengan memakan sesamanya.

Ikan ini berburu mangasa dengan cara membentuk kelompok, yang berguna juga untuk menghadapi predator lain, seperti buaya.

5

Snakehead Fish (Ikan Berkepala Ular)

jenis ikan terganas di dunia
www.natureconservancy.ml

Ikan ini biasa disebut The Giant Snakehead, karena tubuhnya yang panjang dan memiliki gigi yang menakutkan. Ikan ini juga diberi julukan “gangster” nya dunia ikan, ia memakan apapun yang terlihat olehnya, seperti ikan, katak, burung, dan mamalia lainnya.

Ikan yang memiliki bentuk yang unik ini memiliki panjang sekitar 3 kaki yang banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara, ikan ini juga dapat ditemui di kawasan India, dan juga Afrika.  

6

Tiger Fish (Ikan Harimau)

jenis ikan terganas di dunia
bigfishesoftheworld.blogspot.com

Disebut ikan harimau, karena ikan ini memiliki panjang mencapai 6 kaki, dengan mulut yang penuh dengan gigi tajam. Tiger Fish mempunyai 32 gigi yang tersusun secara rapi dan jarang yang saling mengunci antara gigi atas dengan bawah serta tubuh berotot yang didesain untuk bergerak secara cepat.

Ikan ini mempunyai kantung berisi udara di dalam tubuhnya yang mempunyai fungsi sebagai sound receiver. Alat ini mentransmisikan getaran dari air hingga memungkinkan tigerfish mendeteksi akan adanya hewan di sekitar dan mengambil tindakan yang tepat.

Ikan ini dapat dan sering dijumpai di perairan air tawat di Afrika. Ikan ini diketahui juga dapat memangsa ikan lainnya yang memiliki ukuran yang lebih besar dari ukuran tubuhnya.

Demikian beberapa jenis ikan terganas di dunia. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

 

Tinggalkan komentar