Indahnya Taman Tematik di Kota Bandung

Sudah sejak lama kota Bandung terkenal sebagai kota yang terdapat banyak sekali objek wisata yang menakjubkan dan mempunyai banyak taman yang sangat indah. Hingga kini, taman-taman itu sebagian masih ada, misalnya Taman Ganesha dan Taman Maluku. Sekarang, di era pemerintahan baru Ridwan Kamil yang menjabat sebagai Wali Kota, taman-taman di kota Bandung dibenahi dan di ombak sedemikian rupa. Salah satunya dengan menghadirkan taman tematik yang indah dan nyaman sekali.

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan singkat beberapa taman tematik di kota Bandung yang bisa kamu kunjungi.

 

Taman Vanda

akaruicha.blogspot.com
akaruicha.blogspot.com

Taman Vanda di ambil dari salah satu nama jenis anggrek. Berlokasi di Jalan Merdeka Bawah. Jika mengunjungi tempat ini, kamu bisa menikmati suasana yang begitu santai dan disana terdapat sebuah air mancur. Rencana ke depan, taman ini akan di percantik dengan ornamen patung dari pihak ke tiga melalui dana CSR-nya.

Taman Pustaka Bunga Cilaki

sebandung.com
sebandung.com

Taman Pustaka Bunga Cilaki berlokasi tak jauh dari Gedung Sate yang ada di Jalan Diponegoro. Taman yang dulunya dikenal dengan nama Taman Cilaki ini, kini terlihat lebih cantik karena ditanami sekitar 100 ribu bunga dari berbagai jenis tanaman.

Sejumlah bunga yang ditanam adalah Amaryliss, Bougenville, Kalanchoe, Poinsettia, Rhododenron, serta masih banyak tanaman anggrek langka yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Suasana asri dan sejuk membuat orang betah berlama-lama di taman ini. Tetapi ketika kamu ingin mengunjungi taman ini, kamu harus mentaati peraturan yang ada, diantaranya tidak boleh membawa binatang, makanan, dan minuman.

Taman Fotografi

airfotonetwork.wordpress.com
airfotonetwork.wordpress.com

Taman Foto ini berada di Jalan Anggrek dan mempunyai ciri khas dengan tugu hurud “C”. Taman ini biasanya dijadikan komunitas foto untuk berkumpul. Adapaun Fasilitas yang tersedia di taman ini yakni kelengkapan yang menunjang kegiatan fotografi, seperti spot foto, cermin-cermin, dan lain sebagainya. Taman ini pun dilengkapi fasilitas area bermain anak dan Wifi. Selain itu terdapat pula bangku-bangku untuk tempat duduk dan area luas yang biasa dipakai untuk berlari-lari.

Taman Lansia

infobandung.co.id
infobandung.co.id

Walaupun bernama Taman Lansia, namun sebenarnya taman ini bukan hanya milik kaum lansia saja, siapapun bisa mengunjungi taman ini. Taman ini terletak di dekat Gedung Sate, tepatnya di Jalan Cisangkuy Bandung dan biasa digunakan sebagai tempat olahraga dan rekreasi keluarga, ataupun orang-orang yang hanya ingin duduk santai saja.

Taman Jomblo (Taman Pasupati)

suaramahasiswa.info
suaramahasiswa.info

Dari banyak taman tematik yang ada di kota bandung, mungkin Taman Jomblo lah yang paling terkenal diantara taman yang lainnya. Ide nama taman ini hadir karena taman yang lokasinya yang berada di kolong jembatan pasopati ini terdapat bangku yang didesain untuk duduk sendiri. Taman ini setiap harinya sangat ramai dikunjungi anak-anak muda yang sekedar berfoto-foto, nongkrong, ataupun bersantai ria.

Taman Film

blog.hi-indonesia.com
blog.hi-indonesia.com

Taman ini diresmikan oleh wali kota bandung pada hari Minggu, 14 September 2014. Taman Film terletak di Kecamatan Bandung Wetan, kota Bandung, tepatnya di bawah jalan layang pasopati, memiliki luas sekitar 1300m² dan berkapasitas 500 orang penonton.

Taman Film ini merupakan gebrakan yang sangat kreatif, dilengkapi dengan videotron rakrasa yang berukuran 4×8 meter dan rumput sintesis sehingga bisa bersantai ria. Selain itu, penontonpun dapat menikmati sound system berkualitas baik yang didukung daya listrik 33000 watt.

Taman Musik

freemagz.com
freemagz.com

Taman musik ini berlokasi di Jalan Belitung, dibuat untuk mewadahi orang-orang yang gemar akan musik. Taman ini biasa dijadikan tempat manggung para band anak muda untuk mengeluarkan bakatnya. Jika kamu ingin mengadakan pertunjukan musik, syaratanya cukup mudah, kamu cukup koordinasi dan mengajukan surat izin pemakaian tempat pada Diskamtam (Dinas Pemakaman dan Pertamanan). Hal itu diperlukan demi menghindari jadwal bentrok dengan pengguna taman musik yang lainnya. Selain itu jika acara yang dibuat berskala besar, maka kamu perlu meminta surat izin ke kepolisian setempat.

Tinggalkan komentar