Inilah Tanda-tanda Kalau Tubuhmu Sedang Stres dan Butuh Istirahat Segera

Tanpa disadari stres yang menyebalkan bisa datang secara tiba-tiba karena permasalahan sehari-hari seperti dikejar deadline, waktu istirahat yang kurang atau tidak ada kesempatan untuk liburan bisa mempengaruhi kondisi psikis dan mentalmu. Sehingga tubuh kita akan langsung bereaksi dan merasakan ada hal yang tidak beres.

Stres yang dibiarkan saja akan semakin parah dan berakibat buruk pada kondisi fisik yang menyebabkan penyakit berbahaya seperti depresi, darah tinggi, bahkan penyakit jantung. Tentunya kita tidak ingin penyakit-penyakit berbahaya tersebut datang menghampiri tubuh kita. Untuk itu kenalilah tanda-tanda stres di bawah ini dan lakukan sesuatu untuk menghilangkannya.

Kamu Sering Merasa Panik

kidsguidemagazine.com
kidsguidemagazine.com

Apa kamu sering merasa panik? Rasa panik adalah hal yang wajar namun jika terlalu sering itu adalah salah satu tanda bahwa tubuhmu sedang mengalami stres . Saat berhadapan dengan suatu masalah atau pekerjaan yang berat, rasa panik sering datang menghampirimu. Rasa panik yang sering muncul tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja, lakukan sesuatu untuk mengurangi intensitas rasa panik tersebut.

Kamu dapat melakukan sendiri terapi pernafasan untuk mengendalikan rasa panik yang sering datang tersebut. Kamu bisa pergi ke tempat yang tenang seperti kantin atau kamar mandi di kantormu, saat rasa panik datang menyerang. Atur pernafasanmu dan letakkan satu tangan di dada dan tangan lainnya di perut. Mulailah menghirup nafas dari hidung dan mengeluarkannya dari mulut dengan hitungan yang tetap. Fokuslah pada pernafasan, ulangi beberapa kali sampai kamu merasa lebih tenang.

Rasa Cemas yang Berlebihan

bostinno.streetwise.co
bostinno.streetwise.co

Gejala stres lainnya yang sering datang menyerang adalah perasaan cemas yang berlebihan, yang menyebabkan pikiran seringkali kacau dan susah untuk fokus. Jika rasa cemas ini muncul, hal paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjauhkan diri dari gadget dan layar komputermu.

Sebelum melakukan aktivitas sehari-hari, cobalah untuk membuat to do list yang harus kamu lakukan hari itu. Jika kamu bisa menyelesaikan semua pekerjaan tersebut dengan tepat waktu, maka kamu akan mendapatkan kembali rasa percaya dirimu. Sehingga saat mendapatkan tugas-tugas yang baru, kamu bisa lebih fokus dan rasa cemas akan hilang.

Timbul Kerutan di Dahi

Kerutan Wajah Akibat Faktor Usia
eljohn.media

Seberapa sering kamu mengamati tubuhmu sendiri? Pernahkah kamu memperhatikan kerutan-kerutan yang ada di dahimu bertambah lebih banyak dari biasanya? Jika iya, itu adalah salah satu tanda bahwa tubuhmu sedang mengalami stres. Selain tumbuh kerutan di dahi, biasanya diikuti dengan bahu yang terasa tegang. Sebab stres memang mempengaruhi otot wajah dan otot yang terdapat di sekitar bahu dan leher belakang.

Untuk menghilangkan rasa kaku pada otot bahu, kamu bisa melakukan relaksasi yang bisa membuat tubuhmu nyaman, seperti berendam air panas atau melakukan pemijatan pada bagian tubuh yang terasa tidak nyaman. Hal tersebut juga dapat mengurangi tingkat stres yang sedang kamu alami, sebab tubuh yang rileks akan membuat mood menjadi lebih baik.

Gangguan Pencernaan

anekatop10.com
anekatop10.com

Kamu sering mengalami gangguan pencernaan hingga sering bolak-balik ke kamar mandi? Bisa jadi itu adalah gejala stres yang sedang kamu alami. Stres dapat berpengaruh pada organ pencernaan tubuh sehingga sistem pencernaan terganggu. Buang air besar tidak lancar, mual dan kembung beberapa gangguan pencernaan yang disebabkan oleh gejala stres.

Untuk meringankan gangguan pencernaan tersebut, kamu membuat minuman hangat seperti wedang jahe yang bisa menghangatkan perut dan menurunkan asam lambung yang meningkat. Selain itu hindari makanan pedas, asam, bersantan dan berlemak tinggi agar pencernaan kembali normal.

Susah Tidur di Malam Hari

rumahku.com
rumahku.com

Bagi sebagian orang, susah tidur di malam hari adalah hal yang biasa dan tidak terlalu mengkhawatirkan. Padahal insomnia adalah salah satu indikasi bahwa kamu sedang mengalami stres. Kurang tidur dapat membuat tubuh menjadi tidak berenergi dan jika dibiarkan begitu saja akan berdampak pada menurunnya tingkat produktivitas pekerjaan.

Selain stres banyak hal yang mempengaruhi penyakit insomnia, namun terlalu banyak memikirkan sesuatu adalah hal yang paling umum ditemui pada penderita insomnia. Salah satu hal yang paling gampang untuk menghilangkan kebiasaan tidur larut malah adalah dengan menjauhkan diri dari gadgat beberapa saat sebelum kamu mulai untuk tidur.

Bertambahnya Nafsu Makan

Bertambahnya Berat Badan
https://healthyshakeoutlet.co.uk

Stres pada umumnya akan mengurangi nafsu makan, namun dalam beberapa kasus yang ditemui, stres justru meningkatkan nafsu makan. Misalnya saat seseorang merasa tertekan, dia akan cenderung melakukan hal yang ia inginkan seperti makan makanan junk food, yang dapat berakibat pada bertambahnya berat badannya. Jika tidak dikendalikan hal ini dapat menyebabkan penyakit serius seperti obesitas atau kegemukan.

Dengan mengetahui beberapa tanda-tanda dan gejala yang disebabkan oleh stres di atas, kamu bisa segera mengistirahatkan tubuhmu agar stres tidak menjadi semakin parah dan menyebabkan penyakit-penyakit serius lainnya. Ambillah cuti beberapa hari untuk liburan atau sekedar beristirahat dirumah untuk me-recarge energi tubuh yang menurun sehingga kamu kembali bersemangat dan produktif.

Tinggalkan komentar