Hati-hati! Jomblo yang Kesepian Berisiko Meninggal Lebih Cepat Loh

Ada masanya seseorang membutuhkan waktu sendiri. Namun, jika terus menerus sendirian, apalagi dirinya merasa kesepian ternyata tidak baik bagi kesehatan. Salah satu dampak dari kesepian itu, berisiko untuk meninggal lebih cepat. Menurut para ahli, mereka yang sendirian dan merasa kesepian dapat meningkatkan peluang kematian dini sekitar 30 persen.

Dr. Jualianne Holt-Lunstad dari Brigham Young University mengatakan. Orang merasa sendiri atau sendirian, kaduanya harus diberi perhatian secara serius. Dalam risetnya rata-rata orang yang ikut berpatisipasi memiliki umur 66 tahun dan menunjukkan perlunya penelitian lebih lanjut di antara kelompok yang usianya lebih muda.

Selain mendukung untuk meneliti lebih lanjut, dalam risetnya yang di publikasikan dalam Perspectives in Psychological Science memperkuat tentang adanya manfaat dari pertemanan dan hubungan sesama manusia.

Di tahun 2013, di sebuah studi terhadap 3.000 pasian kanker payudara. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang terisolasi secara sosial memiliki sindrom kanker payudara lebih banyak dan dilaporkan memiliki perasaan sejahtera yang lebih rendah.

Sebenarnya penelitian tentang hal ini sudah banyak dilakukan oleh negara-negara maju. Dan secara keseluruhan mendapati kesimpulan yang sama, bahwa memiliki teman dan berhubungan sosial yang kuat, akan membantu kamu hidup lebih lama dan lebih baik.

Terkait akan hal kesepian ini, banyak juga negara-negara yang melakukan hal yang unik. Contohnya di Hongkong, Tokya dan Finlandia, untuk menghindari makan sendirian di cafe, mereka biasanya ditemani dengan boneka binatang. Tertarik untuk mencobanya?

Baca juga: Kelamaan Jomblo Bisa Bikin Kamu Mudah Terserang Penyakit

Tinggalkan komentar