Kapal Perang ini Berfungsi Sebagai Pelindung Selain itu Juga Bisa Menjarah Negeri Lain Melewati Perairan

Seperti yang kita ketahui bahwa Kapal perang merupakan kapal yang biasa digunakan untuk kepentingan militer. Kehadiran kapal perang itu sendiri dimulai ketika banyak kerajaan maupun pemerintahan yang merasa perlu menegaskan posisi wilayahnya di perairan. Selain itu juga untuk memberikan jaminan keamanan di perairan demi melindungi negara beserta aktivitasnya seperti perdagangan dan nelayan.

Begitu banyak gangguan keamanan di perairan yang perlu dicegah, termasuk adanya serangan dari negeri lain yang akan lebih aman jika langsung ditangkal dari laut. Selain digunakan untuk mempertahankan suatu wilayah Negara, ada juga yang menggunakan kapal perang untuk merompak atau menjarah negeri lain melalui perairan.

kapal perang
www.wsj.com

Salah satunya adalah bangsa Viking dari Skandinavia yang banyak menjelajah lautan ke kawasan lain dengan menggunakan kapal yang dikenal dengan nama Viking Longship yang dirancang secara khusus. Pada masa penjelajahan, kapal-kapal dagang juga dirancang secara khusus menjadi kapal perang, sehingga dapat mengangkut persenjataan seperti meriam.

Fungsinya sebagai sarana membela diri dari serangan bajak laut atau bisa juga untuk menguasai kawasan yang diinginkan. Bangsa barat seperti Spanyol dan Portugal kebanyakan menggunakan kapal perang layar berjenis galleon yang dapat digunakan untuk menjelajahi samudera, mengangkut hasil dan juga digunakan untuk berperang.

Pada masa sekarang ini, khususnya bagi Negara-negara yang memiliki kawasan perairan, penting untuk membangun angkatan laut dan juga kapal-kapal perang. Namun kemudian disesuaikan dengan kemampuan serta kesanggupan masing-masing Negara. Sebagaimana Angkatan Udara, pembangunan Angkatan Laut juga bergantung pada perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi khususnya di dunia perairan.

Selain itu, untuk membangun Angkatan Laut dibutuhkan biaya dan juga sumber daya yang besar. Tidak hanya untuk membangun sejumlah armada, namun juga untuk menjaga agar armada yang ada bisa beroperasi dengan baik.

Kapal perang pada masa sekarang ini terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu kapal kombatan, kapal induk, kapal angkut, kapal patrol, kapal selam, serta kapal pendukung yang biasa digunakan oleh angkatan laut seperti kapal tender dan kapal tanker. Demikianlah sedikit ulasan tentang kapal perang yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Tinggalkan komentar