Mengenal Lebih Lanjut Kapal Tongkang dan Fungsinya

Mungkin sebagian masyarakat belum mengetahui kapal bentuk kapal tongkang dan apa fungsinya? Maka dari itu kali ini kita akan sedikit mengulas tentang kapal tongkang. Tongkang atau yang disebut juga dengan ponton merupakan suatu jenis kapal dengan lambung datar atau berupa kotak besar yang mengapung. Tongkang biasanya digunakan untuk mengangkut barang yang ditarik dengan kapal tunda atau digunakan dengan tujuan mengakomodasi pasang-surut seperti pada dermaga apung.

Kapal ini banyak digunakan pada tahun 1960an hingga 1980an di jalur lintas Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua sebagai alat transportasi. namun sekarang sebagian besar daerah tersebut sudah digantikan dengan jembatan. Tongkang juga digunakan untuk keperluan wisata, untuk meningkatkan keseimbangan kapal biasanya akan digunakan dua tongkang yang digabungkan secara parallel.

Tongkang berbeda dengan kapal pada umumnya, karena tidak memiliki sistem pendorong (propulsi). Selain dari sektor sistem pendorong, pembuatan kapal tongkang juga berbeda dengan kapal pada umumnya. Hal ini dikarenakan kapal tongkang hanya berupa konstruksi saja, tanpa adanya sistem seperti pada umumnya. Di Indonesia tongkang banyak diproduksi di daerah Batam (Kepualauan Riau) yang merupakan salah satu basis produksi perkapalan Indonesia.

pixabay.com
pixabay.com

Pada umumnya kapal tongkang digunakan untuk mengangkut muatan dalam jumlah yang besar seperti kayu, pasir, batubara dan lain-lain. Sewa kapal tongkang terbilang mahal yakni sekitar 800 juta/bulan (untuk yang berukuran 300 feet). Namun hal tersebut dirasa cukup sepadan, mengingat kapasitas muatan kapal yang mencapai 8000 MT.

Selain untuk mengangkut muatan berupa pasir, batu bara, kayu dan lain-lain. Kapal tongkang juga bisa digunakan untuk sarana transportasi umum di daerah yang jembatan penyebrangannya masih sulit ditemukan. Transportasi darat yang biasa diangkut dengan menggunakan kapal tongkang adalah motor, mobil truk dan alat transporatsi darat yang lainnya. kapal tongkang juga dapat digunakan untuk mengangkut peti kemas. Dalam hal yang satu ini kapal tongkang yang digunakan adalah yang menggunakan mesin sebagai propulsi.

Demikianlah sedikit ulasan tentang kapal tongkang. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar