Kenali Penyakit Tubuh Melalui Kondisi Lidah

Tahukah kamu bahwa lidah bisa digunakan untuk mendeteksi kesehatan kamu? Jika kamu merasakan tanda-tanda akan sakit, lidah bisa mendeteksinya. Jika kamu sedang sakit juga lidah bisa digunakan untuk mendeteksinya.

Cara mengetahui bahwa lidah memberikan tanda-tanda tersebut adalah dengan melihat perubahan warna lidah. Jika lidah warnanya sesuai pada umumnya, berarti kondisi kesehatan kamu normal.

Artinya tidak ada masalah pada kesehatan kamu. Tapi, jika warna lidah tidak sama atau memiliki perbedaan pada umumnya, berarti kesehatan tubuh kamu mengalami masalah.

Lantas, perubahan warna seperti apa yang menunjukkan adanya masalah pada gangguan kesehatan? Untuk mengetahui secara detail, silahkan simak uraian berikut.

Berwarna Merah Seperti Stroberi

Jika lidah kamu berubah tidak seperti biasanya, yaitu memiliki warna merah seperti buah stroberi, itu artinya kamu kekurangan vitamin B12 dan zat besi. Jika dibiarkan, maka kesehatan tubuh kamu akan mengalami gangguan.

Dalam kondisi lidah seperti itu, kamu juga akan merasakan sakit pada lidah jika mengonsumsi makanan-makanan pedas atau panas.

Oleh karena itu, segera mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin B12 dan zat besi, jika kamu menemukan tanda-tanda tersebut pada lidah kamu.

Lidah Menghitam dan Seperti Berbulu

www.entusa.com

Ini tanda-tanda kamu suatu saat akan mengalami gangguan pada kesehatan tubuh. Memang jangka waktunya cukup lama, tapi penyakitnya cukup bahaya.

Ya, lidah yang menghitam dan bahkan seperti berbulu menandakan kamu perokok dan suka meminum kopi. Kebiasaan tersebut sangat membahayakan kesehatan tubuh kamu suatu saat nanti.

Meskipun masih lama, lidah sudah memberikan tanda-tanda sebelum semuanya terjadi. Jadi, jika kamu memiliki lidah yang hitam dan seperti berbulu, kemungkinan besar kamu perokok berat dan suka minum kopi serta makanan atau minuman lain yang tidak sehat.

Oleh karena itu, sebelum efek negatifnya menyerang, segeralah berhenti merokok dan berhenti meminum kopi.

Terlihat Seperti Keju Putih

storyneo.com

Kali ini untuk orang yang memiliki lidah yang berwarna seperti keju putih. Hal ini menandakan bahwa orang tersebut sedang mengalami infeksi jamur. Biasanya hal demikian disebabkan oleh produksi berlebih pada kandida.

Kondisi demikian bisa dihubungkan dengan konsumsi antibiotik yang hanya membunuh bakteri saja, namun tidak mampu menghilangkan jamur.

Nah, jika kamu mengalami gejala seperti itu, segeralah konsultasikan ke dokter. Karena obat biasa tidak mampu untuk meredakannya.

Lidah Berkerut

uniquemoments.ro

Kondisi lidah demikian hanya terjadi bagi mereka yang sudah berusia senja. Karena memang lidah berkerut menandakan penuaan. Jadi, tidak hanya kulit saja yang mengalami perubahan, namun juga lidah bisa mengalami perubahan.

Biasanya lidah berkerut juga diikuti dengan lidah pecah-pecah. Hal ini sangat wajar dan tidak berbahaya. Hanya saja melalui lidah, secara tidak langsung tubuh memberikan sinyal bahwa gigi dan lidah harus sering-sering dibersihkan.

Karena kondisi lidah yang demikian sangat rentan terhadap masalah mulut dan gigi.

Terdapat Bercak Putih di Bawah Lidah

http://artasena.co.id/

Untuk mengetahui apakah lidah kamu memiliki bercak-bercak putih atau tidak, kamu bisa menggulung lidah. Karena bercak putih ini terletak di bawah lidah.

Jika kamu melihat ada bercak-bercak putih tersebut dan agak lebar, berarti kemungkinan kamu terkena leukoplakia. Jika bercak-bercak putih tersebut sakit, kemungkinan juga ada sel berlebih yang tumbuh. Hal ini biasanya disebabkan oleh rokok.

Jika bercak-bercak putih tersebut dibiarkan dan rokok tetap aktif, kemungkinan bercak putih tersebut bisa berkembang menjadi kanker. Jadi, alangkah baiknya segera konsultasikan ke dokter jika kamu mengalami hal demikian.

Tinggalkan komentar