Keutamaan Gerakan Sholat yang Bermanfaat Bagi Kesehatan di Setiap Gerakannya

Ada banyak sekali keutamaan gerakan sholat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia tidak hanya secara fisik namun juga mental. Berikut beberapa keutamaan gerakan sholat jika dilihat dari sisi kesehatan.

Takbiratul Ihram

takbiratul ihram
onsubooy.blogspot.co.id

Takbiratul ihram merupakan gerakan sholat yang pertama. Gerakan takbiratul ihram adalah berdiri tegak lalu mengangkat kedua tangan sehingga posisi kedua tangan sejajar dengan telinga, lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah. Manfaat dari Gerakan ini adalah untuk melancarkan aliran darah.

Saat mengangkat kedua tangan kita otot bahu akan meregang sehingga aliran darah yang kaya dengan oksigen akan menjadi lancar.Dan ketika kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah maka akan dapat menghindarkan dari berbagai gangguan persendian khususnya pada tubuh persendian bagian atas.

Rukuk

ruku
onsubooy.blogspot.co.id

Rukuk yang sempurna adalah posisi 90’derajat dimana ditandai dengan tulang belakang yang lurus sehingga apabila diletakkan barang di atas punggung kita maka barang tersebut tersebut tak akan jatuh karena kepala lurus dengan tulang belakang.

Manfaatnya akan menjaga kesempurnaan tulang belakang yang berfungsi sebagai pusat saraf pada tubuh kita.. Dan juga gerakan rukuk akan dapat mencegah gangguan prostat karena dapat melatih sistem kemih.

I’tidal

itidal
onsubooy.blogspot.co.id

I’tidal adalah gerakan berdiri setelah ruku’. Manfaat dari gerakan ini adalah melatih bagian organ pencernaan sehingga terjaga fungsinya karena saat kita ruku’ lalu berdiri dan melakukan gerakan sujud maka organ pencernaan dalam perut akan mengalami gerakan memijat secara bergantian.

Sujud

sujud
onsubooy.blogspot.co.id

Gerakan sujud adalah gerakan menungging dengan posisi kedua tangan dan lutut,ujung kaki, serta dahi pada posisi yang sama diatas lantai. Sehingga dengan posisi jantung terletak lebih tinggi dari kepala, dengan posisi demikian maka dapat membawa aliran darah yang kaya dengan oksigen mengalir lancar menuju otak.

Duduk

salam
onsubooy.blogspot.co.id

Ada tiga macam duduk , yaitu duduk diantara dua sujud, duduk iftirosy (tahiyyat awal) dan duduk tawarruk (tahiyyat akhir). Yang membedakan dari ketiga duduk ini adalah posisi telapak kaki.

Manfaat dari gerakan ini adalah ketika duduk iftirosy akan menghindarkan dari nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan tak mampu berjalan.

Ketika kita melakukan gerak ini dengan benar maka tumit akan menekan aliran kandung kemih (urethra), kelenjar kelamin pria atau prostata dan saluran vas deferens sehingga dapat mencegah terjadinya impotensi.

Salam

salam
onsubooy.blogspot.co.id

Gerakan sholat yang terakhir adalah salam dimana gerakannya adalah menoleh ke kiri dan ke kanan. Manfaat dari gerakan ini adalah dapat merelaksasikan otot leher dan juga otot otot disekitar sekitar kepala, sehingga dapat melancarkan peredaran darah di kepala.

Akibatnya dapat mencegah mudah sakit kepala dan migrain. Selain mencegah sakit kepala dan migrain gerakan ini juga mampu untuk menunda munculnya keriput pada wajah sehingga terkesan awet muda.

 Demikian keutamaan gerakan sholat berdasarkan ilmu kesehatan, dan masih banyak lagi keutamaan gerakan sholat jika dilihat berdasarkan sisi yang lain. Sungguh luar biasa keutamaan gerakan sholat ini, dengan istiqomah menjalankan ibadah sholat maka akan terjaga pula kesehatan tubuh kita.

Tinggalkan komentar