16 Kuliner Bogor yang Sayang Untuk Dilewatkan

KULINER BOGOR – Setelah lelah bekerja selama satu pekan, saatnya liburan akhir pekan. Bogor dapat menjadi kota pilihanmu. Jika kamu menghabiskan akhir pekan di Bogor, jangan lewatkan makanan-makanan uniknya.

Kuliner unik di Bogor antara lain Ada Asinan Bogor, Sate Cungkring, dan masih banyak lagi. Berikut ulasannya.

Bapatong

Bapatong
travelmatekamu.com

Bapatong adalah Bakso Kupat Gentong. Hal yang membedakan Bapatong dengan bakso pada umumnya yaitu adanya potongan dadu ketupat dan juga potongan dadu iga sapi di dalamnya.

Semangkuk Bapatong harganya Rp 15.000,-. Untuk dapat menikmatinya kamu bisa ke Jalan Taman Kencana, Bogor.

Cungkring

Cungkring
pegipegi.com

Cungkring adalah sate kepala sapi dan kikil yang dimasak dengan menggunakan bumbu kuning, kemudian dimakan bersama bumbu kacang dan lontong khas kuliner Bogor.

Pedagang Cungkring dapat ditemui di pasar-pasar tradisional di seluruh Bogor, atau di Jalan Suryakencana, dekat perempatan Gang Aut.

Bila ingin menikmati Cungkring, sebaiknya kamu datang ke Jalan Suryakencana sekitar jam 7 pagi, karena kuliner murah meriah ini biasanya sudah habis terjual pada jam 9 pagi.

Asinan Jagung Bakar

Asinan Jagung Bakar
pegi-pegi.com

Sesuai dengan namanya asinan ini menggunakan jagung manis bakar sebagai bahan utamanya, bukan sayuran atau buah-buahan.

Jagung manis bakar ini kemudian disiram dengan air cabai dan cuka, kemudian diberikan gula pasir sehingga menciptakan rasa yang segar, asam, dan manis.

Salah satu tujuan kuliner Bogor yaitu warung Bang Sabur yang sudah ada sejak tahun 1968 di Gg aut jalan Surya Kencana, jam buka pukul 09.00-17.30.

Macaroni Panggang Kuliner Bogor

Macaroni Panggang
bogor.net

Tempat makan ini berada di Jalan Salak Nomor 24, Bogor. Menu favoritnya yaitu macaroni panggang special yang atasnya dipenuhi dengan keju panggang.

Makanan ini juga salah satu kuliner favorit Bogor yang layak dicoba.

Macaroni panggang yang ditawarkan di sini mempunyai 3 ukuran yang dapat dipilih, yaitu small, medium, dan large.

Selain itu juga ada menu ayam panggang, iga panggang, jamur panggang, kerang panggang, otak-otak panggang, nasi goreng, lontong sayur, nasi timbel, salad, dan omelet.

Jangan lewatkan info lengkap tempat wisata Bogor versi Satu Jam ya.

Rumah Cupcakes

Lasagna Gulung
perutgendut.com

Letaknya di sebelah restoran Macaroni Panggang yaitu di Jalan Salak sebab pemilik kedua adalah orang yang sama. Lasagna di sana dimasak dengan cara digulung menggunakan keju, saus susu, dan juga saus tomat yang khas.

Menu Lasagna yang ditawarkan yaitu lasagna gulung tuna, lasagna gulung ayam, lasagna gulung kerang, dan lasagna gulung beef.

Selain lasagna gulung, restoran ini juga menyajikan nasi goreng, asinan jagung, ikan asin, roll cake, sandwich, bruschetta, cannelloni, salad gulung, siomay seafood, nasi kukus, nasi timbel, bistik tuna, dan juga sup nasi sapi.

Pizza Kayu Bakar

Pizza Kayu Bakar
speedone.wordpress.com

Menu Pizza Kayu Bakar dapat kamu jumpai di Kedai Kita yang beralamat di Jalan Pangrango Nomor 21, Bogor. Pizza di sana dibuat dengan cara dibakar dengan menggunakan kayu dalam sebuah tungku.

Ukuran pizza di Kedai Kita cukup besar dan terdiri dari 7 potong pizza tipis yang ditaburi keju. Harganya Rp 60.000,-.

Selain itu restoran ini juga menyajikan menu nasi goreng, sup buntut, sate ayam, cap cay, fu yung hai, kangkung, ayam goreng mentega, sapi lada hitam, sapo tahu seafood, kerang saus padang, gurame goreng, ikan nila bakar, dan udang asam manis madu.

Rumah Cupcakes

Rumah Cupcakes
wisata.kompasiana.com

Rumah Cupcakes beralamat di Jalan Sanggarbuana Nomor 4, Bogor.

Pilihan rasa cupcakes yang dapat dipilih di antaranya: strawberry, blueberry, chocolate, red velvet, blue velvet, dan lain lain. Selain cupcakes, tempat ini juga menyajikan BBQ ribs, roti sosis BBQ, BBQ, nasi rawon, cream soup, omelet, seafood, dll.

Pia Pie Apple

Pia Pie Apple
irenenathania.blogspot.com

Pia Apple pie berlokasi di seberang Kedai Kita yaitu di Jalan Pangrango Nomor 10, Bogor.

Menu yang ditawarkan di Pia Apple Pie yaitu apple pie, chicken pie, pie crust, chocolate pie, strawberry pie, cheese pie, apple salad, apple fried rice, spaghetti saus apel, pisang bakar, puding karamel, yogurt, dan juga cream soup. Selain pie standar, Pia Apple Pie juga menawarkan pie berbentuk love (hati).

Momo Milk

Momo Milk
radarpena.com

Moo Milk ada di Taman Kencana Bukit Tunggul Nomor 11, Bogor. Menunya yaitu berbagai jenis minuman dengan tema susu yang disajikan dalam botol lucu. Pilihan rasanya ada karamel, melon, anggur, oreo, mangga, dan lain-lain.

Selain susu, tempat ini juga menjual milkshake, teh, yoghurt, batagor, kentang goreng, siomay, pancake, roti bakar, mie ayam, sampai dengan nasi goreng dan cheesy melt chicken.

Bir Kocok

Bir Kocok
nadiyafa.com

Bir Kocok tidak mengandung alkohol. Minuman ini terbuat dari dibuat dari rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, dan gula aren.

Salah satu kuliner Bogor yang unik dan asik untuk diseruput.

Lokasinya di Gang Aut Suryakencana. Minuman ini disebut Bir Kocok karena proses pembuatannya dikocok hingga berbuih dan berbusa seperti minuman beralkohol kemudian disajikan dengan es batu.

Selain bisa diminum di lokasi dengan harga Rp 3.000,- per gelas, Bir Kocok juga dapat dibawa pulang dengan harga Rp 10.000,- per botol.

Pepes Sagu

Pepes Sagu
travel.detik.com

Kuliner Bogor ada pepes yang sangat unik yaitu pepes sagu. Pepes ini terbuat dari pepes sagu pisang. Kamu hanya dapat menemukannya di Jl Suryakencana. Sagunya lembut dan rasa pisangnya kuat. Selain pepes sagu pisang, ada juga pepes sagu pisang keju, pepes sagu keju, dan juga pepes sagu nangka.

Es Pala Kuliner Bogor

Es Pala
kuliner.panduanwisata.id

Es pala merupakan kuliner khas Bogor yang terbuat dari irisan buah pala dan gula pasir dengan tambahan sedikit garam. Bahan-bahan ini lalu direbus dahulu sebelum disajikan dalam keadaan dingin.

Es pala ini memiliki aroma yang harum dan rasa yang menyegarkan. Selain lezat, es pala ini juga bermanfaat untuk kesehatan. Jika ingin mencicipinya kamu dapat menemukannya di Jalan Suryakencana.

Kedai Kita

ansertravel.com

Jika kita berada di tengah kota, maka tidak ada salahnya jika kamu mampir makan ke Kedai Kita. Tempat makan di daerah Taman Kencana ini menyuguhkan makanan-makanan yang lezat tentunya. Makanan terkenal  dan paling favorit di sini adalah pizza kayu bakarnya.

Rasa pizza kayu bakar yang disuguhkan di sini, tentu mempunyai cita rasa yang berbeda dari pizza yang kita temui biasanya. Di sini aroma kayu bakar tercium saat kita menikmati pizzanya. Aroma ini didapat karena pizza ini dipanggang di atas kayu bakar saat proses pematangannya.

Selain pizza kita pun bisa menikmati menu lainnya, misalnya mie hot plate, aneka sajian nasi dan menu lainnya yang sudah pasti akan membangkitkan semangat kita untuk memakannya. Oiya, porsi menu di sini pun cukup besar lho! Jadi kamu jangan khawatir kelaparan.

Momo Milk

vickyamaliab.blogspot.com

Kalau kamu suka minum susu dan minuman yang dibuat dari bahan susu seperti yoghurt, milk shake dan lainnya. Maka kamu pun perlu datang ke tempat ini. Di sini, selain menu minuman berbahan susu. Kita pun bisa menikmati hidangan lainnya, semisal mie ayam, nasi goreng dan lain sebagainya.

Satu hal yang unik di tempat ini, kalau kita membunyikan lonceng yang ada di Momo Milk, maka serentak pelayan-pelayannya akan mengeluarkan suara lenguhan seperti sapi. Nah, inilah yang membuat tempat ini begitu meriah dan terasa sangat menyenangkan.

Pak Ewok

heytheresia.com

Apabila kamu sudah lelah berkeliling Bogor dan ingin menikmati hidangan yang segar dan manis, maka kamu bisa berkunjung ke rumah makan Pak Ewok.

Di tempat ini, kamu akan menikmati sop buah dengan aneka rasa. Kalau biasanya kuah sop buah dibuat dari susu, maka di sini kamu bisa memilih jenis kuahnya sendiri, bisa diganti dengan air jeruk, yoghurt dan varian lainnya.

Tinggalkan komentar