17 Tempat Wisata di Bogor yang Mempesona

Siapa yang tidak kenal Bogor? Salah satu kota besar di Indonesia yang dijuluki kota hujan. Bogor merupakan contoh wilayah dengan hutan hujan tropis terluas di Indonesia. Jangan kaget ya, kalau kamu berkunjung ke sana pasti disambut hujan hampir setiap hari.

Tapi, kondisi semacam itu justru menjadi kelebihan bagi Kota Bogor. Bentang alam Bogor terbentuk sangat indah. Itulah sebabnya, Bogor adalah sasaran utama orang-orang yang ingin melarikan diri sejenak dari kepenatan dan sumpeknya suasana kota.

Bogor memang kaya akan wisata alam. Pesonanya nyaris tak pernah pudar di mata penduduk tanah air ini.

Semua orang tahu, Bogor adalah kota yang memukau. Terlebih dengan nuansa puncaknya. Kamu pasti ingin berlama-lama jika sudah menginjakan kaki di tempat tersebut.

Bagi kamu yang berasal dari luar kota, ada banyak hotel dan penginapan khusus disediakan untuk pengunjung. Mulai dari yang harganya ekonomis hingga high class, semuanya tersedia.

Nah, guys. Ada 5 tempat wisata di Bogor yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Pokoknya rugi deh, kalau sampai tidak mampir ke tempat-tempat tersebut. Apa saja tempatnya?

Yuk, simak!

The Highland Park Resort

tripadvisor.com

Ingin menikmati keindahan Gunung Salak? The Highland Resort akan mengantarkanmu ke dalam pesona Gunung Salak.

Tempat ini merupakan sebuah resort atau tempat menginap yang sama dengan penginapan di Mongolia. Penginapan berupa sebuah tenda kalau dilihat dari luar. Namun, di dalamnya telah diatur sedemikian rupa seperti hotel pada umumnya.

BACA JUGA: Alasan Logis Kenapa Tinggal di Bogor Itu Menyenangkan

Kebun Raya Bogor

azizulfikar.wordpress.com

Ingin melihat aneka flora dan fauna? Di Kebun Raya Bogor lah tempatnya.

Lokasi yang dibuka sejak zaman Kerajaan Sunda Kelapa ini menampung lebih dari 15.000 jenis flora. Hebatnya, Kebun Raya Bogor adalah kebun botani tertua di Asia, guys! Lahan Kebun Raya Bogor luasnya 87 hektar.

Salah satu keunikan di Kebun Raya Bogor yakni adanya pohon kelapa tertua se-Asia Tenggara dan bunga bangkai raksasa yang baunya sangat menyengat. Luar biasa ya, guys.

Kalau sudah sampai di Kebun Raya Bogor, jangan lupa mengunjungi Istana Bogor. Istana tersebut merupakan tempat tinggal presiden.

Tepat di depan istana, terdapat sebuah danau cantik dan jernih. Tak jauh dari danau, ada jembatan gantung yang bagus untuk lokasi pemotretan atau sekedar foto-foto saja.

Selain itu, di istana ini masih banyak rusa-rusa yang berkeliaran. Kamu bisa memberi makan untuk rusa-rusa tersebut.

Bagaimana? Masih berpikir dua kali untuk pergi ke sana?

Wisata Bogor Situ Gede

tempatberwisatamurah.com

Situ Gede cocok untuk kamu yang menyukai wisata air. Situ Gede merupakan sebuah danau kecil atau biasa dinamakan telaga. Meskipun kecil, danau ini menjadi tempat penelitian lho, guys.

Buktinya, di Situ Gede terdapat Center for International Foresty Research atau CIFOR yang merupakan lembaga penelitian bidang kehutanan.

Dengan luas lahan sekitar 6 hektar, Situ Gede mempunyai panorama yang cukup menarik. Kamu bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau.

Danau ini juga cocok untuk dijadikan tempat pemancingan. Jika bosan, cobalah berjalan-jalan menyusuri rimbunan pohon di sekitar Situ Gede.

Taman Nasional Gunung Pangrango

puspanusantara.blogspot.com

Kalau tempat yang satu ini sangat direkomendasikan untuk yang hobi mendaki gunung. Di kawasan Pangrango banyak terdapat flora dan fauna.

BACA JUGA: Kumpulan Cerita Misteri Gunung Gede Pangrango

Bagi yang suka bunga edelweis, di Pangrango inilah gudangnya. Bahkan bunga tersebut menjadi maskotnya Taman Nasional Gunung Pangrango.

Selain itu, terdapat lebih dari 200 spesies anggrek, sekitar 150 jenis paku-pakuan, dan tidak kurang dari 870 tumbuhan bunga.

Kampung Sindang Barang

kp-sindangbarang.com

Bogor tak hanya menyuguhkan wisata alam, ada juga wisata budaya di Kampung Sindang Barang. Kampung tersebut sudah berdiri sejak abad ke-12 dan dijadikan sebagai salah satu keraton Prabu Siliwangi.

Kampung Sindang Barang merupakan kampung budaya yang mempertahankan kearifan lokal, tradisi, dan budaya tradisional Sunda. Di sini kamu bisa menyaksikan berbagai alat musik lokal, seperti angklung dan calung.

Ada juga tari-tarian tradisional yang kerap ditampilkan saat wisatawan berkunjung. Selain itu, ada berbagai macam bangunan rumah tradisional yang pernah diceritakan dalam pantun Bogor pada zaman dahulu.

Itulah beberapa tempat wisata menarik di Bogor. Sempatkan waktu di akhir pekan berekreasi ke tempat-tempat tersebut untuk sekedar menghilangkan rasa penatmu ya.

Bogor adalah sebuah wilayah yang memiliki geografis yang secara administratif terbagi dalam kotamadya dan kabupaten, Bogor juga termasuk dalam kawasan teritorial Jawa Barat. Ada banyak sekali tempat wisata di kota Bogor yang menghadirkan kenyamanan berekreasi tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Kota Bogor juga sangat terkenal akan kebun raya yang sangat legendaris serta berbagai macam wahana permainan dan hiburan yang menyenangkan. Seakan tidak mau kalah, di berbagai tempat kuliner Bogor serta jajanan khasnya pun banyak dinikmati juga oleh para kalangan pecinta kuliner.

Museum Etnobotani

rucitradeasy.blogspot.com
rucitradeasy.blogspot.com

Museum Etnobotani adalah salah satu museum yang berada di kota Bogor dan museum ini diresmikan oleh Menristek BJ Habibie pada tahun 1982.

Pada saat itu museum ini memiliki koleksi sekitar 1700 benda denan penomoronnya masing-masing dan barang tersebut dipamerkan di dalam ruang kaca.

Benda-benda ini adalah sampel yang digunakan oleh para peneliti di berbagai daerah untuk meneliti hubungan antara suku-suku yang ada di Indonesia dengan tumbuhan yang berada di sekitarnya.

Di Museum Etnobotani, kamu akan banyak belajar tentang pengetahuan aneka pemanfaatan tumbuhan oleh berbagai suku yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah pakaian suku pedalaman Indonesia yang bahannya terbuat dari tumbuhan.

Museum Pembela Tanah Air

rajakamar.com
rajakamar.com

Kota Bogor tidak hanya kaya akan tempat kulinernya, namun juga memiliki catatan sejarah dalam perjuangan Indonesia merdeka. Pada masa penjajahan, Jepang pernah mengeluarkan sebuah dekrit untuk membentuk Tentara Sukarela Pembela Tanah Air (PETA) dengan tujuan untuk membantu Jepang dengan tujuan untuk membantu tentara Jepang dalam menghadapi serangan Sekutu.

Namun, korps tentara inilah yang akhirnya menjadi cikal bakal ketentaraan Indonesia dalam meraih kemerdekaan Indonesia dan mempertahankannya.

Jika kamu berkunjung ke museum Pembela Tanah Air kamu akan mendapati banyak kisah perjuangan PETA menuju Indonesia merdeka.

Hal ini sangat penting untuk menumbuhkan rasa nasionalisme yang kuat di tengah gempuran zaman globalisasi yang telah banyak melunturkan rasa kebangsaan kepada generasi muda Indonesia di masa kini.

Kampung Budaya Sindangbarang

jyu-nee.blogspot.com
jyu-nee.blogspot.com

Sindang Barang adalah keraton tempat tinggal salah satu isteri dari prabu Siliwangi. Jika kamu ingin mengetahui kearifan lokal dari akar tradisi leluhur kebudayaan Sunda tempat wisata ini sangat cocok kamu kunjungi. Tempat wisata ini diyakini telah eksis sejak abad ke-12, berdasarkan Babat Pajajaran dan tertulis pula di dalam pantun Bogor.

BACA JUGA: Pesantren di Bogor

Disini kamu dapat menyaksikan bangunan rumah penghuni kampung yang sungguh seperti apa dituliskan dalam pantun Bogor mengenai Sindang Barang di masa dahulu.

Di sini terdapat pula panggung pementasan yang menyuguhkan kesenian asli Sunda Jawa Barat seperti calung, tari-tarian tradisional, serta angklung gubrag.

Situ Gede

http://visitbogor.com
http://visitbogor.com

Situ Gede adalah salah satu tempat wisata harian di Bogor. Dikatakan demikian karena kebanyakan masyarakat Bogor yang berkunjung ke Situ Gede untuk memancing, berperahu, atau hanya sekedar berjalan-jalan di areal hutan Situ Gede dan bersantai di sana.

Situ Gede berada persis di tepi Hutan Dramaga, sebuah hutan penelitian milik Departemen Kehutanan RI. Kawasan Situ Gede ini juga menjadi salah satu lokasi pembuatan film atau sinetron yang pernah tayang di televisi.

Taman Safari Bogor

http://indonesia.travel
http://indonesia.travel

Taman Safari Bogor adalah taman yang pertama ada di Indonesia. Taman Safari Bogor juga dinikmati oleh penikmat perjalanan yang ingin berpiknik bersama keluarganya di Bogor. Di Taman Safari ini terdapat kurang lebih 2.500 spesies satwa dunia. Kamu juga bisa mengelilingi taman dengan menggunakan mobil untuk menyaksikan dari dekat kehidupan satwa liar di habitat alaminya.

Serunya lagi, di Taman Safari ini terdapat kereta gantung yang memungkinkan kamu bisa menyaksikan fauna-fauna yang ada di taman dari atas. Untuk menambah liburan kamu menjadi lebih bermakna, ada sebuah spot bernama Baby Zoo, disini kamu dapat berfoto bersama anak-anak hewan dari segala macam spesies.

Agro Gunung Mas

http://adamvillapuncak.com
http://adamvillapuncak.com

Agro Gunung Mas dapat menjadi salah satu tempat pilihan wisata yang pas bagi kamu yang suka menikmati hamparan hijau tanaman teh. Horizon yang bisa kamu rasakan di Agro Gunung Mas ini bagaikan laksana permadani hijau yang sungguh indah.

Di antara tanaman teh, kamu juga bisa melihat pemetik daun teh yang menambah pesona alami objek wisata ini. Kebanyakan pengunjung yang mengambil foto dengan latar hijau kebun teh serta para pemetik daun teh tersebut.

Taman Wisata Matahari Bogor

http://content.rajakamar.com
http://content.rajakamar.com

Taman Wisata Matahari adalah salah satu tempat kegiatan rekreasi dan edukasi untuk anak-anak melalui berbagai kegiatan outbond. Destinasi ini adalah salah satu tempat wisata yang paling disukai banyak keluarga di Bogor.

Di tempat wisata ini tersedia juga sejumlah sektor wisata untuk berbagai kalangan usia. Ada sektor petualangan yang menawarkan kegiatan yang memacu adrenalin, seperti arum jeram, flying fox, mini outbond, ATV dan wahana rumah hantu.

Di tempat wisata ini juga tersedia sektor pendidikan untuk anak-anak melalui wahana area sawah dan kebun sayur. Tujuannya adalah agar anak-anak mendapatkan waktu bermain yang menggembirakan.

Air Terjun Bidadari

http://anekatempatwisata.com
http://anekatempatwisata.com

Air Terjun Bidadari adalah salah satu tempat rekreasi di Bogor yang banyak sukai oleh kalangan penikmat perjalanan. Air Terjun ini terletak di kawasam Sentel Paradise Park, air terjun ini mempunyai tinggi 75 meter dan bersumber dari mata air hutan lindung yang berada di area tersebut.

Limpahan air terjun jatuh ini di manfaatkan sedemikian rupa sehingga mirip dengan kolam renang. Terdapat beberapa kolam renang misalnya kolas arus (Wave Pool) dan kolam anak-anak (Lazy Pool).

Taman Wisata Mekarsari

fruity-world-tour-to-media (nrmnews.com) - Copy
nrmnews.com

Taman wisata Mekarsari merupakan tempat wisata di Bogor yang berkonsep agro wisata buatan. Jadi di dalam taman wisata ini sengaja ditanami berbagai macam tumbuhan buah-buahan yang sangat banyak jenisnya. Semua bisa dinikmati dengan hanya membayar tiket dan fasilitas saja.

Kamu bisa makan buah sepuasnya di sana, bahkan juga bisa membawa pulang sebagai oleh-oleh yang ada di rumah. Setidaknya ada banyak buah-buahan di sini, yang sudah umum seperti semangka, melon, durian, belimbing, mangga, jambu dan masih banyak lagi.

SELENGKAPNYA TENTANG: Taman Buah Mekarsari di Bogor

Jungle Land Adventure Theme Park

S1020035 (fsien.blogspot.com)
fsien.blogspot.com

Wisata buatan yang satu ini punya konsep yang mirip seperti Disneyland. Jadi isinya adalah wahana permainan dan pertunjukan atraksi yang unik dan memukau bagi para pengunjungnya.

Bukan hanya itu saja, di sana juga terdapat banyak spot kuliner dan cafe, jadi kamu tidak perlu keluar membeli makanan saat berwisata ke sana. Jika kamu sedang mampir ke Bogor dan sedang butuh rekreasi modern untuk keluarga, kamu bisa coba datang ke sini. Dijamin tidak kalah dengan yang ada di Disneyland luar negeri sana.

Wisata Religi Bogor

Masjid_Raya_Bogor (commons.wikimedia.org)
commons.wikimedia.org

Di Bogor ada beberapa tempat wisata religi yang bisa kamu coba. Misalkan saja seperti Masjid An-Nur (Masjid Keramat Empang) atau Masjid Raya Bogor, kedua masjid tersebut yang paling sering ramai dikunjungi wisatawan.

Puncak kunjungan terjadi pada bulan ramadhan atau hari-hari besar keagamaan. Kedua masjid ini merupakan masjid tertua di Bogor, usianya sudah lebih dari satu abad.

Selain itu juga disekitar masjid ada kawasan arab. Mirip seperti pecinan, namun nuansanya serba arab. Disana ramai dan penuh dengan aneka kuliner khas arab, pernak-pernik ibadah dan suvenir. Setiap hari kawasan wisata ini dibuka untuk umum dari pagi hingga malam.

Wisata Bogor: Telaga Warna

Telaga-warna-Bogor (otiket.info)
otiket.info

Selain itu di Bogor juga terkenal dengan wisata alamnya yang khas. Seperti kawasan puncak dengan pemandangan alami yang indah dan udara yang sejuk. Namun jangan lupa Bogor juga punya wisata alam amat cantik di kawasan puncak, yakni Telaga Warna.

Disebut Telaga warna karena telaga ini dapat berubah warna pada saat tertentu. Sehingga sangat cantik jika diabadian melalui lensa kamera yang kamu bawa. Selain itu wisatawan juga bisa mengelilingi telaga dengan perahu yang disediakan di sana. Kawasan ini masih dijaga kealamiannya karena selain sebagai tempat wisata, telaga ini juga merupakan cagar alam.

Agrowisata Gunung Mas Bogor

rg (500px.com)
500px.com

Setelah mengunjungi wisata alam di puncak, maka tidak lengkap bila tidak mampir ke agro wisatanya. Masih di kawasan puncak, tepatnya di Gunung Mas, kamu bisa menikmati hamparan kebun teh yang luas. Kebun inilah yang biasanya kamu sering lihat di FTV yang berlatar cerita pedesaan itu.

Ribuan hektar hamparan tanaman teh ini bisa jadi latar foto yang bagus. Sehingga kamu bisa menjadikannya tempat pemotretan preweding, syuting videoklip atau foto album kenangan. Namun tidak hanya itu saja, kamu juga bsa berkeliling dengan ATV dan menyusuri kawasan perkebunan di sana.

Kuliner Surya Kencana

photo-41773144 (500px.com)
500px.com

Ke Bogor tidak lengkap jika melewatkan kuliner khas di sana. Apa lagi kalau bukan asinan Bogor, toge goreng dan cungkring. Makanan khas ini cukup mengenyangkan dan sangat cocok disantap hangat-hangat saat hujan.

Asinan Bogor, toge goreng dan cungkring bisa kamu jumpai di berbagai tempat di warung-warung makan. Namun jika kamu sedang berada di daerah Surya Kencana, disana ada asinan Bogor, toge goreng dan cungkring yang cukup enak. Lokasinya berada di sekitar Bank BCA daerah Surya Kencana.

Istana Bogor

66293631 (www.iberita.com)
www.iberita.com

Wisata terakhir sebelum kamu memutuskan untuk meninggalkan kota Bogor mungkin adalah Istana Bogor dan Museum Bogor. Kedua tempat ini berada tepat di jantung Kota Hujan.

Istana Bogor merupakan bangunan yang difungsikan sebagai kediaman Presiden. Meski begitu tempat ini juga dibuka untuk para wisatawan.

Selain itu Museum Bogor juga wajib dikunjungi. Sebab dari sana tersimpan sejarah cikal bakal kota bogor dan sekaligus cagar budaya. Jadi jangan sampai melewatkannya jika sedang ada di Bogor kawasan Kota.

Tinggalkan komentar