10 Laut Terdalam di Dunia yang Menakjubkan

Air laut, menurut Wikipedia adalah campuran dari 96,5% air murni dan 3,5% material lainnya seperti garam, gas-gas terlarut, bahan-bahan organik dan partikel-partikel tak terlarut. Laut adalah kumpulan air asin yang sangat banyak dan luas di permukaan bumi yang memisahkan atau menghubungkan suatu benua dengan benua lainnya dan suatu pulau dengan pulau lainnya.

laut terdalam di dunia yang menakjubkan
freetopwallpaper.com

Lautan yang terdapat di bumi lebih luas dari pada daratan, setiap lautan berbeda karakteristik dan kedalaman. Berikut daftar 10 laut terdalam di dunia.

1. Samudera Pasifik

Samudra Pasifik merupakan kumpulan air terbesar di dunia dan luasnya mencakup kira-kira sepertiga permukaan Bumi, yaitu mencapai 179,7 juta kilometer persegi. Samudera Pasifik merupakan lautan terdalam di bumi yang memiliki kedalaman rata-rata 3.939 meter.

Samudera Pasifik memiliki palung terdalam bernama Palung Mariana yang berjarak 10.911 meter dari permukaan laut. Samudra Pasifik memiliki banyak rantai gunung bawah laut yang terbentuk oleh pusat vulkanik, yang terkenal dengan Cincin Api di Samudra Pasifik.

2. Samudera Hindia

Samudra Hindia juga disebut Samudra Indonesia atau Samudra India memiliki kedalaman rata-rata adalah 3.840 meter. Samudra Hindia adalah lautan paling hangat di dunia dan memiliki 292.13 ribu kilometer kubik.

3. Samudra Atlantik

Atlantik berasal dari mitologi Yunani yang berarti “Laut Atlas”. Samudra Atlantik meliputi seperlima permukaan Bumi dan memiliki kedalaman rata-rata 3.575 meter. Samudera Atlantik memiliki luas 106.400 ribu kilometer persegi. Titik terdalamnya berada di Palung Puerto Rico yang memiliki kedalaman 8.605 meter.

4. Laut Karibia

Laut Karibia memiliki kedalaman rata-rata 2.575 meter dan merupakan sebuah laut tropis bersebelahan dengan Samudra Atlantik dan tenggara Teluk Meksiko. Laut Karibia memiliki kadar garam terbesar dengan luas mencapai 2.754.000 kilometer persegi.  

Titik terdalam Laut ini bernama Cayman Way dengan kedalaman mencapai 7.686 meter. Laut ini juga memiliki dua palung yang terkenal yaitu Palung Hispaniola dan The Puerto Rico Trench.

5. Laut Jepang

Laut Jepang juga dikenal sebagai Laut Timur ini mempunyai kedalaman rata-rata 1.666 meter. Laut ini unik karena tidak mempunyai pasang surut laut. Laut Jepang terhubung dengan laut lainnya dengan lima selat dangkal yaitu, Selat Tartary, Selat La Perouse, Selat Kanmon, Selat Tsugaru dan Selat Korea. Laut Jepang memiliki tiga bagian utama, yaitu cekungan Tsushima, cekungan Yamato dan cekungan Jepang.

6. Teluk Meksiko

Teluk Meksiko adalah bagian dari Laut Karibia yang dibatasi oleh Meksiko di sebelah barat dan selatan serta Amerika Serikat di sebelah utara dan barat. Teluk ini mempunyai kedalaman rata-rata 1.614 meter.

Teluk ini memiliki tujuh bagian utama yaitu timur laut Teluk Meksiko, Teluk Meksiko Basin, Campeche Bank, Florida Selatan Landas Kontinen dan Lereng,  Barat Teluk Meksiko, Teluk Campeche, dan Northwest Teluk Meksiko.

7. Laut Mediterania

Laut Mediterania berasal dari kata Latin “mediterraneus.” yang berarti “di tengah bumi” atau berarti antara tanah. Laut Mediterania adalah laut antarbenua terletak antara Eropa di utara, Afrika di selatan dan Asia di timur dan mencakup wilayah seluas 2,5 juta kilometer persegi.

Laut ini memiliki kedalaman rata-rata mencapai 1.501 meter. Titik terdalamnya terdapat di Calypso Deep, sedalam 5.627 meter.

8. Laut Bering

Laut Bering adalah bagian dari Samudera Pasifik dan memiliki kedalaman rata-rata mencapai 1.491 meter. Laut Bering dinamai setelah explorer Vitus Bering Denmark menjelajah laut pada tahun 1728.

9. Laut Tiongkok Selatan

Laut Tiongkok Selatan mempunyai kedalaman rata-rata mencapai 1.463 meter, dan merupakan bagian dari Samudera Pasifik. Terdapat hampir 200 buah pulau dan karang yang telah berhasil di data, dan kepulauan ini disebut sebagai Kepulauan Spratly.

Bank Reed atau Tablemount Reed adalah sebuah gunung bawah laut di Laut Cina Selatan dengan struktur terendam atol yang terbesar di dunia.

10. Laut Hitam

Laut Hitam memiliki kedalaman rata-rata mencapai 1.190 meter. Laut Hitam melingkupi area dengan luas 436.400 kilometer persegi (tidak termasuk Laut Azov.) Laut Hitam berupa cekungan meromictic terbesar di dunia. Cekungan ini adalah salah satu tempat air yang sangat dalam dan lapisan air atas tidak pernah tercampur.

Baca juga: 10 Jenis ikan laut air dalam dengan wajah menyeramkan

Demikian penjelasan 10 laut terdalam di dunia. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar