Makam Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wasallam

Nabi Muhammad SAW lahir di hari Senin, 12 Rabiul Awal pada tahun Gajah dan bertepatan pada tanggal 22 April 571 M, di Mekkah. Beliau wafat pada 8 Juni 632 di Madinah pada saat usia 63 tahun.

Muhammad lahir dalam keadaan yatim sebab ketika nabi Muhammad SAW masih di dalam kandungan, ayahnya telah meninggal dunia.

Nabi Muhammad lahir dari suku bangsawan terkemuka, yaitu Bani Quraisy yang memiliki nama lengkap Muhammad bin Abdullāh,  nabi Muhammad sejak kecil adalah sosok yang istimewa, bahkan sebelum risalah kenabian turun kepadanya. Ia adalah seorang pembawa ajaran / agama Islam, dan dipercayai oleh umat Islam sebagai nabi serta Rasul penyempurna ajaran sebelumnya.

Makkah dan Madinah terletak di daerah Hijaz, Arab Saudi. Bagi seluruh manusia, haram hukumnya melukis, menggambar, apalagi membuat karikatur Nabi Muhammad.

Di dalam sejarah tercatat nabi Muhammad SAW dinilai sebagai tokoh yang paling berpengaruh sepanjang sejarah peradaban manusia. Menurut The 100 karya Michael H. Hart, Muhammad SAW adalah satu-satunya orang yang berhasil dalam meraih keberhasilan yang sangat luar biasa, baik dalam konteks spiritual maupun konsteks kemasyarakatan.

Hart menjelaskan bahwa Muhammad mampu mengatur bangsa yang mulanya egoistis, terbelakang dan teradu domba oleh keberpihakan kesukuan, menjadi bangsa yang maju dalam sektor ekonomi, budaya serta kemiliteran dan bahkan mampu melumpuhkan pasukan Romawi yang saat itu sangat terkenal gagah dan merupakan kekuatan militer paling top di dunia.

Makam Rasulullah SAW terletak di sudut Timur Masjid Nabawi yang terlebih dahulu bernama Maqsurah. Dahulu Aisyah tinggal disana beserta rumah Ali dengan Fatimah. Sejak Nabi Muhammad wafat di tahun 11 H (632 M) rumah Nabi dibagi menjadi dua salah satu bagian di arah kiblat (selatan) untuk makam Nabi dan yang lain di bagian utara untuk tempat bernaung Sayyidati Aisyah.

Sejak tahun 1279 M di atasnya telah dipasang Kubah Hijau hingga sekarang. Jadi persis di bawah Green Dome inilah Makam Nabi Muhammad.

www.panoramio.com
www.panoramio.com

Jika Jama’ah melihat Green Dome berarti melihat makam Nabi dan tentu juga makam kedua sahabatnya Abu Bakar dan Umar yang dimakamkan di bawah kubah itu berdampingan dengan makam Nabi. Disisi lain, lokasi di mana dahulu terdapat rumah Nabi kini dijuluki Makam 3 Manusia Mulia.

Demikianlah Sedikit ulasan mengenai Makam Nabi Muhammad. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi wawasan baru.

Tinggalkan komentar