5 Makanan Hiu Laut yang Paling Sering Dikonsumsi

Makanan Hiu – hiu adalah salah satu hewan mamalia terbesar di lautan selain ikan paus. Jadi hiu ini terkenal cukup ganas dan cukup buas di lautan. Adapun nenek moyang dari ikan hiu yaitu hiu megalodon yang mana ini merupakan jenis hiu terbesar yang pernah ada di dunia ini, namun sayangnya jenis hiu megalodon tersebut sudah punah sejak beberapa ratus tahun yang lalu. Sekarang ini hewan hiu termasuk salah satu hewan yang dilindungi karena di luar sana banyak terjadi pemburuan liar yang mana dari pemburuan ikan hiu tersebut diambil siripnya untuk dijual karena memiliki harga jual yang tinggi.

makanan hiu
disinisaja.com

Nah, sudah tahukah kalian apa sih sebenarnya makanan ikan hiu yang memiliki ukuran besar itu? Berikut ini saya hadirkan makanan apa saja yang menjadi kegemaran ikan hiu.

Anjing Laut

Anjing laut adalah salah satu makanan kesukaan ikan hiu sekaligus menjadi makanan yang paling sering dikonsumsi di lautan. Adapun sesekali ikan hiu berburu anjing laut hingga di pinggir pantai yang dalam, meskipun untuk mendapatkan anjing laut sendiri tidaklah mudah karena anjing laut sangatlah lincah apabila sudah berada di dalam lautan.

Penyu Laut

penyu laut
ihdaihda.files.wordpress.com

Meskipun penyu laut mempunyai cangkang yang sangat keras, akan tetapi di sisi bagian bawah penyu tetaplah lunak dan sangat rawan. Oleh karena itu saat berada di lautan tidak jarang hewan penyu laut ini kerap menjadi sasaran empuk sebagai makanan hiu laut. Adapun jenis ikan hiu yang kerap memburu hewan penyu laut adalah ikan hiu putih.

Ikan-Ikan Kecil

Di lautan sana, pada dasarnya ikan hiu juga sangat suka memburu makanan berupa ikan-ikan kecil lainnya yang berenang secara bergerombol. Akan tetapi tidak semua jenis ikan yang ada di lautan bisa dimakan oleh ikan hiu melainkan hanya beberapa jenis ikan tertentu saja yang biasa diburu oleh ikan hiu. Biasanya jenis ikan tersebut seperti ikan tongkol, ikan tuna, dan ikan bara kuda yang menjadi makanan favorit karena mereka kebanyakan berenang secara bergerombol untuk mengelabuhi musuhnya.

Gurita

gurita
kumpulanmisteri.com

Jadi gurita ini juga sering dijadikan sebagai makanan dari ikan hiu saat di dasar lautan karena pergerakan gurita cenderung lebih lambat jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya, walaupun kecerdikan gurita dalam berlindung di bebatuan kerap menyulitkan para predatornya. Tapi ada beberapa kasus di mana ikan hiu yang masih kecil gagal memakan gurita, sehingga justru menjadi mangsa dari gurita.

Hewan Lainnya yang ada di Laut

Selain memakan jenis hewan yang telah disebutkan di atas, ikan hiu pada dasarnya juga memakan hampir semua jenis hewan kecil yang ada di lautan seperti contohnya kepiting, lobster, sotong, dan lain sebagainya yang ada di dasar laut. Sebab tidak jarang hiu berada di dasar laut dan mencoba berkamungflase untuk menjebak mangsanya. Ikan hiu sendiri tergolong ikan yang rakus dan memakan makanan dalam jumlah yang banyak sekaligus. Bahkan terhitung dalam sehari ikan hiu bisa mengonsumsi ikan dalam jumlah 200 Kg.

Itulah 5 jenis makanan inti yang disukai oleh ikan hiu di lautan. Meskipun begitu ikan hiu juga harus tetap kita lestarikan mengingat keberadaannya saat ini sudah sangat jarang kita temui dan bahkan jumlahnya pun dari tahun ke tahun semakin berkurang oleh perburuan liar. Karena bukan tidak mungkin beberapa tahun kedepan dengan adanya pemburuan liar maka ikan hiu akan punah dari muka bumi ini.

Tinggalkan komentar