4 Tahap Manajemen Perubahan Dalam Sebuah Organisasi

Kehidupan kita pasti akan mengalami perubahan, kita sadari atapun tidak. Jika kita tidak cepat beradaptasi dengan perubahan tersebut cepat atau lambat kita akan tertinggal jauh dari yang lainnya.

Berkaitan dengan perubahan, seorang ahli filsafat Yunani Kuno bernama Heraklius pernah berkata bahwa di dunia ini tidak ada yang permanen, kecuali perubahan. Dia mengatakan seperti itu karena dia paham betul bahwa dunia ini pasti akan mengalami perubahan.

Untuk itu kita juga harus mempersiapkan untuk perubahan tersebut, baik perubahan dalam diri kita masing-masing maupun perubahan bagi organisasi yang kita pimpin.

Kali ini kita akan sedikit fokus membahas tentang perubahan dalam organisasi. Antara lain beberapa tipe dan tahapan manajemen perubahan dalam suatu organisasi.

Tujuan adanya perubahan dalam organisasi agar organisasi tersebut tidak menjadi statis melainkan tetap dinamis dalam menghadapi perkembangan jaman dan kemajuan teknologi.

Perubahan dalam organisasi terdiri dari 3 tipe yang berbeda, yang mana setiap tipe memerlukan strategi manajemen perubahan yang berbeda pula. ketiga macam perubahan tersebut antara lain,

  • Perubahan Rutin
    Perubahan rutin dalam organisasi merupakan perubahan yang sudah direncanakan sebelumnya. Perubahan ini dibangun melalui proses organisasi.
  • Perubahan Peningkatan
    Organisasi harus selalu meningkatkan manfaat atau nilai yang dicapai, sehingga kedepan bisa lebih memberi nampak bagi masyarakat luas.
  • Perubahan Inovatif
    Perubahan inovatif mencakup bagaimana agar suatu organisasi bisa memberikan lebih banyak pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Perubahan ini membutuhkan ide/gagasan baru yang bisa diaplikasikan untuk masyarakat, ini erat kaitannya dengan perubahan peningkatan dalam organisasi.
manajemen perubahan
Perubahan ke arah lebih baik. via jaelani007.blogspot.com

Dari beberapa tipe perubahan di atas kita memerlukan manajemen perubahan, agar perubahan yang kita lakukan dalam organisasi dapat berjalan sesuai yang kita harapkan. Tahap-tahap manajemen perubahan tersebut adalah,

Tahap 1, Identifikasi perubahan

Tahap ini merupakan tahap paling menentukan dalam suatu organisasi. Organisasi tersebut musti mengenal perubahan apa yang akan dilakukan/terjadi.

Tahap 2, Perencanaan Perubahan

Pada tahap ini harus dilakukan analisis mengenai mendalam dalam organisasi tersebut. Baik berkaitan dengan teknik serta pemilihan strategi umum dalam perubahan.

Tahap 3, Implementasi Perubahan

Dalam tahap ini akan terjadi proses pencairan, perubahan dan pembekuan yang diharapkan.

Tahap 4, Evaluasi dan Umpan Balik

Diperlukan data lengkap untuk melakukan evaluasi, oleh karena itu dalam tahap ini dilakukan pengumpulan data dan evaluasi data tersebut. Hasil dari evaluasi tersebut dapa di umpan balik kepada tahap 1, sehingga dampak dari perubahan tersebut bisa dirasakan bersama.

Demikian beberapa tipe dan tahap manajemen perubahan yang musti dilakukan oleh suatu organisasi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar