5 Tujuan Manajemen Strategi yang Membuat Bisnismu Berjaya

Manajemen strategi adalah keputusan dan tindakan yang diambil untuk digunakan sebagai  formulasi serta mengimplementasikan strategi yang dimiliki guna dijadikan daya saing yang tinggi dan sesuai dengan perusahaan maupun lingkungan untuk mencapai tujuan atau sasaran ekonomi dari kegiatan organisasi.

Pengertian yang lain dari manajemen strategi adalah merupakan ilmu dalam penyusunan perencanaan, penerapan serta pengevaluasian untuk pengambilan keputusan secara fungsional yang dapat memungkinkan perusahaan mencapai sasaran targetnya.

Merupakan suatu proses atau rangkaian kegiatan pengambilan suatu keputusan yang mempunyai sifat mendasar dan menyeluruh, disertai juga dengan penetapan cara pelaksanaannya yang dibuat oleh pemimpin yang kemudian diterapkan oleh semua jajaran baik anggota yang ada dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuannya.

Manajemen strategi mengkombinasikan aktivitas-aktivitas yang berasal dari bagian fungsional suatu bisnis untuk mencapai target organisasi.

Adapun tujuan dari manajemen strategi, diantaranya seperti dibawah ini:

  • Untuk mengendalikan dan mengevaluasi strategi yang telah dipilih secara efektif dan efisien.
  • Untuk mengevaluasi kinerja, mengkaji ulang kegiatan jika terdapat kesalahan atau penyimpangan dalam pelaksanaan strategi.
  • Untuk memperbaharui strategi yang telah direncanakan supaya sesuai dengan perkambangan lingkungan.
  • Untuk meninjau kembali dari peluang serta risiko bisnis yang ada.
  • Untuk dapat melakukan inovasi terbaru dari produk agar sesuai dengan selera dari konsumen.

Manajemen strategis secara umum diartikan sebagai suatu proses yang berdasar pada masa depan yang memungkinkan organisasi untuk menentukan keputusan hari ini untuk menyiapkan diri pada kesuksesan di masa mendatang.

seanwes.com
seanwes.com

Pandangan yang lebih tradisional dari manajemen strategis memakai  pendekatan linear dimana yang pertama dilakukan adalah pemantauan atau pengidentifikasian terhadap lingkungan organisasi (baik secara internal maupun secara eksternal), strategi direncanakan, strategi yang dilakukan dan lantas kemajuan seperti apa yang diterima organisasi terhadap strategi yang kemudian dievaluasi kinerjanya.

Kecepatan saat ini dari membawa perubahan dalam menyatakan bahwa tahap perencanaan dan pelaksanaan harus lebih di utamakan lebih erat untuk memastikan bahwa sejalan dengan terjadinya perubahan dan timbulnya masalah. Demikian itu sedikit tentang manajemen strategis. Semoga dapat menambah wawasan kamu.

 

Tinggalkan komentar