Pentingnya Mengatur Manajemen Waktu dan Manfaatnya

Manajemen waktu merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menyeimbangkan waktu, dapat digunakan untuk kegiatan belajar atau pun bekerja, bersenang-senang juga bersantai dan waktu istirahat secara efektif.

Tanpa disadari, setiap saat kita sesungguhnya telah membuat beberapa keputusan terhubung dengan manajemen waktu. Sebagai contoh, kamu memutuskan jam berapa akan pergi ke kampus, belajar di rumah, beribadah, bersantai, berdiskusi dengan teman, berbelanja dan seterusnya. Semua keputusan ini berperan penting di dalam penyusunan strategi manajemen waktu.

Tingkat efektifitas dari suatu manajemen waktu akan bisa terlihat dari pencapaian suatu target dan juga tujuan-tujuan dari manajemen waktu yang dilakukan. Efisien sendiri mempunyai dua arti yaitu pengurangan waktu yang telah diberikan serta adanya makna masukan dari waktu dengan pemakaian waktu yang telah ditentukan.

Tentunya manajemen waktu adalah bagaimana anda bisa mengatur sedemikian rupa serta memanfaatkan waktu yang telah diberikan atau yang anda miliki sehingga dapat dijadikan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan tertentu dan menghasilkan suatu hal yang produktif. Manajemen waktu dikatakan baik jika bisa membuat aktivitas tersebut berjalan sesuai dengan program yang telah ditentukan.

Manajemen waktu tidak akan lepas dari bagaimana anda bisa menentukan skala prioritas yaitu target-target yang paling penting dahulu.

Ketika anda sudah dihadapkan dengan beberapa hal yang penting tetapi hanya diberikan waktu yang sedikit, maka tugas anda untuk menentukan dan memutuskan yang mana masuk skala prioritas pertama, mana kegiatan yang lebih penting untuk dilakukan dan memerlukan lebih banyak waktu dan mana kegiatan yang bisa ditinggalkan sementara waktu sehingga dapat menghemat waktu.

Skala prioritas juga dipengaruhi dengan suatu pekerjaan tersebut termasuk pekerjaan yang mendesak atau tidak, hal ini biasanya dipengaruhi dengan tenggang waktu tertentu.

Pelaksanaan manajemen waktu juga memerlukan kedisiplinan dan juga komitmen. Pelaksanaan dari manajemen waktu akan dituntut bagaimana anda mematuhi dan juga menjalankan apa yang telah anda putuskan dalam perencanaan baik untuk hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan di kantor maupun hal hal yang berhubungan dengan aktivitas lain sehari-hari.

Tinggalkan komentar