Ketahui Jenis dan Manfaat bunga kupu-kupu

Bunga kupu-kupu Bauhinia purpurea L yang mempunyai beberapa nama sinonim seperti Bauhinia castrata Blanco, Bauhinia coromandeliana DC., Bauhinia platyphylla Span., Bauhinia purpurea var. corneri de Wit, Bauhinia rosea Corner,Bauhinia triandra Roxb., Bauhinia violacea Corner, Caspareopsis purpurea (L.) Pittier, dan Phanera purpurea (L.) Benth.

Bunga ini dinamakan bunga kupu-kupu karena daun bunga yang terdapat pada tumbuhan ini serupa dengan kupu-kupu. Sedangkan bentuk bunganya sekilas hampir menyerupai anggrek. Dalam bahasa Inggris tanaman ini disebut sebagai Butterfly Tree, Orchid Tree, Purple Bauhinia, dan Purple Camel’s Foot.

Manfaat tanaman kupu-kupu
bibitbunga.net
Tanaman ini sering ditanam dipinggir jalan atau dapat dijadikan tanaman hias di halaman rumah. Selain itu, tanaman ini dapat tumbuh liar sebagai semak belukar. Perawatan tanaman ini tidak terlalu sulit, agar mendapatkan tanaman yang indah, Anda harus menyiapkan lahan yang subur, gembur, dan pengaturan drainase yang baik. Tanaman ini tumbuh baik di daerah beriklim tropis dan subtropis dengan ketinggian antara 500-2000 meter dpl.

Pohon bunga kupu-kupu (Bauhinia purpurea) berukuran sedang dengan tinggi mencapai 5 meter. Kulit batang berwarna coklat keabu-abuan. Daun berukuran 10-20 cm, berwarna hijau dengan bentuk menyerupai sayap kupu-kupu; bagian pangkal membulat ganda (seperti pangkal hati) dan bagian ujungnya pun ganda melonjong. Bunga berwarna merah muda, terdiri atas lima kelopak, dan berwarna harum.

Berikut manfaat tanaman bunga kupu-kupu

  1. Mengobati Diabetes
  2. Menghilangkan Nyeri
  3. Mengobati Gondok
  4. Anti Bakteri
  5. Mengobati Rematik
  6. Mengobati Kanker
  7. Mengobati Diare
  8. Mencegah Diet
  9. Mengobati bisul
  10. Menyembuhkan luka

2 pemikiran pada “Ketahui Jenis dan Manfaat bunga kupu-kupu”

  1. Untuk jnis bunga kpu2 yg di gunakn untuk ubat kncing mnis…itu mnggunakan bunga kpu2 brwrna merah/hijau?
    Dan bgai mna mengolah nya/?
    Mmbuat obt nya

  2. salam kenal,
    apakah tanamannya sesuai dengan gambar ilustrasinya ? soalnya seperti tanaman oxalis triangularis, mohon penjelasannya, terima kasih sebelumnya,

Tinggalkan komentar