Jangan Merasa Bersalah Kalau Kamu Sering Tidur Siang, Tokoh-Tokoh Besar Ini Tidur Siang Tiap Hari dan Merasakan 5 Manfaat Ini

Sebagai penulis, saya selalu menyempatkan tidur siang setiap hari. Dulu saya sering merasa bersalah akan hal ini. Ada kepercayaan di dalam diri kalau tidur siang itu tanda pemalas.

Sampai akhirnya saya menemukan kalau Ibrahim Vatih, pendiri pesantren Sintesa dan website internet marketing Revorma, juga rutin tidur siang setiap hari. “Dengan jadwal bangun tidur dini hari, normalnya memang tubuh kita jadi butuh tidur saat siang hari,” katanya. Setelah itu, saya menemukan tulisan Michael Hyatt yang menekankan tentang pentingnya tidur siang setiap hari, yang saya adaptasi jadi tulisan ini.

Tokoh-tokoh besar yang tidur siang

Ada banyak orang sukses yang ternyata pegiat tidur siang:

Thomas Edison tidur siang artofmanliness.com
Thomas Edison tidur siang artofmanliness.com
  • Leonardo da Vinci tidur siang beberapa kali tiap harinya dan lebih sedikit tidur di malam hari
  • Napoleon Bonaparte tidak malu mengakui kalau ia tidur siang. Ia bisa tiba-tiba saja tertidur. Napoleon bisa tidur seperti bayi sebelum pertempuran, bahkan saat meriam menembakkan peluru di dekatnya.
  • Thomas Alva Edison malu akan kebiasaan tidur siangnya (ia lebih sering berkoar-koar betapa ia bisa tidur hanya 3-4 jam per hari), padahal stafnya bilang, “Ya, beliau tidurnya memang sebentar, tapi sering tidur siang.” Edison tidur siang di kantornya. Edison pernah dibilang, “jenius dalam hal tidur sama seperti kejeniusannya dalam penelitian. Dia bisa tidur di mana saja, kapan saja, di atas apa saja.”
  • Eleanor Roosevelt, istri presiden Amerika Serikat Franklin D. Roosevelt, me-recharge energinya dengan tidur siang sebelum berbicara di depan publik
  • Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy makan siang di kasurnya lalu tidur siang, setiap harinya! Dia berkata pada asistennya untuk tidak mengganggunya kecuali dalam keadaan sangat darurat lalu ia tidur 1-2 jam.
  • Raja minyak dan filantropis John D. Rockefeller tidur setiap siang di kantornya
  • Winston Churchill menganggap tidur siangnya tidak bisa dihilangkan. Churchill percaya kalau tidur siang membuatnya dua kali lebih produktif setiap harinya.
  • Walau sering dikritik karena tidur siang terus, Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan terkenal karena tidur siang
Napoleon tidur artofmanliness.com
Napoleon tidur artofmanliness.com

Bukan hanya itu, manusia paling berpengaruh nomor 1 di dunia sepanjang sejarah, Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidur siang juga, yang disebut qailulah. Bahkan Islam menjadikannya sunnah, alias aktivitas yang menjadi berpahala.

Salah satu Sahabatnya, yang juga salah satu manusia paling berpengaruh sepanjang sejarah, Umar bin Khattab sering terlihat tidur siang di bawah pohon. Bahkan saat beliau memimpin negara adi daya dengan wilayah terluas saat itu.

Cicit Umar bin Khattab, yakni Umar bin Abdul Aziz, juga tidur siang tiap hari. Beliau pernah ditanya oleh anaknya mengapa ia tidur siang. Umar bin Abdul Aziz menjawab, “Wahai anakku, sesungguhnya jiwaku ini adalah kendaraanku. Jika aku tidak berlemah lembut kepadanya, ia tidak akan menyampaikanku kepada tujuan. Sesungguhnya jika aku membuat jiwaku dan para stafku lelah, maka itu tidak berlangsung lama untuk aku jatuh dan merekapun jatuh. Dan sesungguhnya aku berharap mendapatkan pahala dari tidurku sebagaimana aku mendapatkan pahala dari keadaanku ketika sedang tidak tidur.”

5 manfaat tidur siang

guardian.co.uk
guardian.co.uk

Tokoh-tokoh besar itu tidur siang setiap harinya. Kamu juga perlu benar-benar mempertimbangkan untuk memasukkan tidur siang ke jadwal harianmu. Umar bin Abdul Aziz mengutarakan kalau tidur siang itu baik untuk jiwa. Michael Hyatt mengutarakan 5 alasan kita sebaiknya tidur siang setiap hari.

  1. Tidur siang mengembalikan level kewaspadaan

The National Sleep Foundation merekomendasikan tidur siang singkat selama 20-30 menit untuk meningkatkan level kewaspadaan dan efektivitas kerja tanpa membuatmu merasa pening atau mengganggu waktu tidur malam.

  1. Tidur siang mencegah kelelahan fisik dan jiwa karena stres

Di lingkungan kerja yang memaksa kita untuk terus aktif, kita terus bekerja, bekerja, dan bekerja. Namun, kita tidak didesain untuk terus berlari tanpa pernah beristirahat. Terus bekerja tanpa henti membuat kita stres dan frustrasi. Tidur siang itu seperti tune up mesin di bengkel. Tidur siang melepas stres dan membuatmu lebih segar.

  1. Tidur siang meningkatkan kemampuan panca indera

Dr. Sandra C. Mednick menyebutkan kalau tidur siang bisa mengembalikan kemampuan mata, telinga, dan lidah. Tidur siang juga meningkatkan kreativitas dengan mengistirahatkan pikiranmu.

  1. Tidur siang mengurangi risiko sakit jantung

Tidur siang minimal 3 kali seminggu dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung sebanyak 37%. Terlebih lagi bagi pria yang bekerja, penurunan risiko ini bisa mencapai 64%. Dimitrios Trichopulos dari Harvard School of Public Health meriset tentang hal ini dan ia tuliskan dalam jurnal Archives of Internal Medicine. Ia menyebutkan, “Tidur siang ternyata merupakan senjata penting untuk melawan kematian akibat penyakit koroner.”

  1. Tidur siang membuatmu menjadi lebih produktif

Banyak penelitian medis menunjukkan kalau orang-orang yang bekerja menjadi sangat tidak produktif seiring berjalannya hari. Namun penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard di tahun 2002 menunjukkan bahwa tidur siang 30 menit dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Tidur siang mengembalikan produktivitas mereka kembali seperti saat pagi hari.

Tips tidur siang

en.rocketnews24.com
en.rocketnews24.com

Michael Hyatt biasa tidur siang 20 menit langsung setelah makan siang. Saya sendiri masih belum bisa tidur siang sesingkat itu, biasanya habis waktu 1 jam, seperti John F. Kennedy.

Ada beberapa tips tidur siang yang bisa kita gunakan.

  1. Konsisten

Tidur pada waktu yang sama setiap harinya. Waktu tidur yang konsisten membantu menstabilkan ritme sirkadian dan memaksimalkan manfaat tidur siang.

  1. Singkatkan waktunya

Hindari “inersia tidur.” Apa itu inersia tidur? Perasaan tidak tenang dan disorientasi yang timbul saat terbangun dari tidur yang lelap. Tidur siang yang lama juga berdampak buruk pada waktu tidur malammu. 20-30 menit tidur siang adalah rekomendasi yang baik. Gunakan alarm dari gadget-mu untuk menghindari tidur terlalu lama.

  1. Matikan lampu

Tubuh menganggap cahaya sebagai sinyal waktu bangun. Kegelapan membuat tubuh merasa inilah saatnya untuk terlelap. Jika kamu tidak bisa mematikan lampu, kamu bisa menggunakan masker mata sederhana. Nyalakan kembali lampu setelah kamu terbangun.

  1. Gunakan selimut

Saat kamu tertidur, metabolisme tubuhmu turun, laju pernapasanmu melambat, dan suhu tubuhmu agak turun. Walaupun tidak harus, kamu akan merasa lebih nyaman kalau menggunakan selimut tipis saat tidur siang.

  1. Hati-hati

Ketahuan tidur siang di meja kerja akan membuat reputasimu di tempat kerja memburuk. Bahkan di beberapa perusahaan bisa membuatmu dipecat. Tapi sebagian besar dari kita punya waktu 1 jam untuk makan siang. Kamu bisa makan di setengah jam pertama. Setelah itu tidurlah di mobilmu, ruangan kosong, atau di toilet.

Ubahlah pola pikirmu tentang tidur siang. Orang-orang yang tidur siang bukanlah pemalas. Bisa  jadi merekalah orang paling cerdas dan paling produktif yang kamu ketahui.

Tinggalkan komentar