Keindahan Mata Air Cimincul Subang Jawa Barat

Mata air cimincul merupakan salah satu tempat wisata alami yang berada di daerah Subang, Jawa Barat. Mata air tersebut lebih tepatnya berada di daerah persawahan desa Pasanggrahan dan sering menjadi tujuan wisata yang diburu banyak wisatawan.

Mata air cimincul dikenal dengan kejernihan dan kebeningan airnya sehingga banyak wisatawan yang datang kesana menyempatkan diri berselfie di dalam air. Kebeningan mata air cimincul ini sama dengan kebeningan Situ Cilembang di Sumedang dan Umbul Manten di Klaten.

forum.detik.com
forum.detik.com

Lokasi tempat wisata ini bisa terbilang dekat dari ibukota Kabupaten Subang, kurang lebih 27 km dari sana. Adapun bila kamu dari kota Bandung, jarak yang harus ditempuh untuk sampai ke tempat wisata ini sekitar 30km. Selain dua jalur tersebut, kamu juga bisa melalui jalur tol Cipali dan keluar di Gate Kalijati (jalan raya Kalijati) – jalan Cijambe – jalan Cagak – jalan Kasomalang untuk bisa sampai ke lokasi wisata mata air cimincul.

Selain kebeningan airnya, hal yang menjadi daya tarik tempat wisata mata air cimincul ini terletak pada perpaduan keindahan alam dan keterampilan penduduk setempat. Penduduk desa setempat mempunyai keahlian dalam membuat gula aren, sagu, rengginang dan kelontong buram yang bisa dijadikan oleh-oleh khas tempat wisata mata air cimincul.

Selain itu, para wisatawan biasanya juga langsung menceburkan diri ke mata air tersebut tanpa ragu karena aliran airnya kini sudah teratur dengan dibangunnya penampungan air. Di dalam air terdapat batu-batu alami dan airnya mengalir ke sungai-sungai kecil di area persawahan.

Itulah sekilas gambaran tentang keindahan mata air cimincul. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar