Mau Traveling? Persiapkan Hal-Hal Berikut Ini

Apakah kamu menyukai traveling? Kita semua pasti menyukai traveling. Namun, kita tidak mempunyai banyak waktu luang untuk melakukannya. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam kesibukan di kantor. Oleh karena itu, kita sering memanfaatkan waktu libur kita untuk melakukan traveling bersama keluarga maupun teman dekat kita. Agar traveling kita menyenangkan, kita perlu mempersiapkannya. Berikut ini beberapa hal yang perlu kita siapkan dalam melakukan traveling.

 

Buatlah Daftar Tempat yang Akan Dikunjungi

humairoh-fani.blogspot.com
pendoasion.wordpress.com

Sebelum melakukan traveling, tentunya kita perlu merencanakan lokasi atau objek wisata yang akan kita kunjungi. Membuat sebuah daftar tempat yang akan kita kunjungi tentunya sangat penting untuk mempermudah kita dalam perjalanan. Selain itu, kita juga dapat memanfaatkan dengan baik waktu yang sudah kita sediakan untuk melakukan perjalanan.

Mengumpulkan Informasi

reportasenatuna.wordpress.com
reportasenatuna.wordpress.com

Kumpulkan sebanyak mungkin informasi mengenai tempat yang akan kita kunjungi. Mulai dari transportasi publik yang bisa kita manfaatkan, tempat penginapan, dan sebagainya.

Selanjutnya, pelajari tentang karakter tempat yang akan kita kunjungi, misalnya iklim dan topografi. Hal ini sangat bermanfaat bagi kita untuk mempersiapkan barang apa saja yang perlu kita bawa nantinya.

Pendanaan Perjalanan

bagibagiilmudunia.blogspot.com
bagibagiilmudunia.blogspot.com

Setelah kita membuat daftar dan mengumpulkan berbagai informasi mengenai tempat yang akan kita kunjungi, langkah selanjutnya adalah menghitung perkiraan dana yang akan kita keluarkan untuk dapat mengunjungi tempat yang akan kita kunjungi. Misalkan berapa dana yang dibutuhkan untuk transportasi, biaya makan, biaya penginapan, biaya masuk tempat wisata, dan sebagainya. Hal ini sangat bermanfaat bagi kita untuk memperisapkan dan mengontrol keuangan.

Buatlah Jadwal Perjalanan

slideshare.net
slideshare.net

Terkadang kita terlalu terlena di suatu tempat wisata tertentu, sehingga kita tidak bisa mengunjungi semua tempat yang sudah kita rencanakan. Oleh karena itu, kita perlu membuat jadwal perjalanan kita. Jadwalnya mulai dari kapan kita akan berangkat, berapa lama perjalanan yang akan kita tempuh (jarak dan lama perjalanan bisa dilihat di google maps), berapa lama kita mengunjungi tempat yang akan kita kunjungi, dan kapan kita akan kembali pulang.

Membuat Catatan Barang yang Akan Dibawa

rudicahyo.com
rudicahyo.com

Kita sering sekali lupa barang apa saja yang akan kita bawa ketika kita melakukan perjalanan jauh. Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan jauh, kita perlu membuat sebuah catatan kecil yang berisi tentang barang-barang apa saja yang akan kita bawa. Hal ini menghidari barang tertinggal di rumah dan kehilangan barang saat perjalanan. Selain itu, kita juga bisa mengetahui barang apa saja yang perlu kita bawa. Karena biasanya kita membawa barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

Menjaga Kesehatan

buahsehat-alami.blogspot.com
buahsehat-alami.blogspot.com

Semua perjalanan yang sudah kita rencanakan akan gagal total jika kondisi kesehatan kita kurang baik. Oleh karena itu, kita perlu menjaga kesehatan sebelum melakukan perjalanan. Makanlah makanan yang bergizi dan mengkonsumsi vitamin tambahan untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, tidurlah yang cukup agar kita tidak lemas saat melakukan perjalanan jauh. Jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan yang kita perlukan dan yang paling penting adalah obat untuk perjalanan jauh.

Menjaga Sikap

pukasemabk.blogspot.com
pukasemabk.blogspot.com

Budaya yang ada ditempat kita dengan budaya ditempat lain terkadang memiliki perbedaan. Oleh karena itu, kita perlu menjaga sikap seperti sopan santun, ramah, dan sebagainya, jika kita mengunjungi tempat tertentu. Dengan menjaga sikap, tentunya perjalanan kita akan terhindar dari permasalahan dengan orang lain dan menyenangkan.

 

Tinggalkan komentar