Tips Mempersiapkan Kelahiran Normal Untuk Keselamatan Bunda & Bayi

Melahirkan adalah sebuah anugerah yang hanya diberikan kepada kaum perempuan. Melahirkan secara normal adalah proses yang diinginkan setiap wanita dalam menghadapi persalinan. Setiap ibu akan merasa telah menjadi wanita seutuhnya jika dapat melahirkan buah hati yang dikandungnya selama 9 bulan dengan cara normal atau tanpa operasi.

Melahirkan secara normal juga merupakan pertanda bahwa ibu dan bayi yang dikandung dalam kondisi sehat. Selain itu proses melahirkan secara normal juga sangat disarankan oleh medis. Melahirkan secara normal memang sangat menyakitkan bagi wanita yang hendak bersalin.

Namun justru itulah saatnya seorang wanita diuji kesabaran dan pengorbanannya kepada seorang anak. Perjuangan berat harus dilalui seorang ibu dalam melewati proses persalinan normal. Bagi bunda yang sedang menunggu detik-detik melahirkan, berikut adalah tips mempersiapkan kelahiran normal untuk keselamatan bunda dan anak.

Berdoa

ummi-online.com
ummi-online.com

Segala sesuatu dalam hidup ini sudah diatur oleh Allah SWT. DIA-lah yang akan menentukan terhadap segala sesuatu yang ada di muka bumi ini, termasuk proses persalinan yang akan bunda jalani. Berdoalah agar proses melahirkan secara normal menjadi lancar dan diberikan keselamatan kepada ibu dan bayi. Berdoa juga dapat menjadi sugesti bagi bunda agar lebih tenang dalam menjalani tahap demi tahap proses melahirkan secara normal.

Berpikir Positif

riamirandadiary.com
riamirandadiary.com

Hilangkan segala bentuk pikiran negatif tentang bayangan rasa sakit saat melahirkan. Tanamkanlah dalam pikiran bunda bahwa melahirkan adalah proses alami yang harus dilalui seorang ibu. Bukankah banyak bunda di seluruh dunia ini berhasil melewati proses melahirkan normal ini dan mereka berhasil dengan selamat? Dengan berpikir positif akan membantu meningkatkan rasa percaya diri bunda dalam menghadapi proses persalinan.

Jalan-jalan Kecil

abiummi.com
abiummi.com

Sebelum kontraksi mencapai puncaknya dan dokter mengatakkan bahwa bunda masih memiliki waktu sebelum bersalin, manfaatkan waktu tersebut dengan berjalan-jalan kecil di sekitar rumah sakit atau tempat persalinan. Dengan melakukan jalan-jalan kecil akan membuat bunda lebih rileks dan tenang, sehingga dapat membantu melancarkan proses persalinan nanti.

Teknik Pernapasan

http://armenpress.am/
armenpress.am

Proses melahirkan normal membutuhkan energi yang besar, maka dari itu bunda harus pandai mengatur napas agar proses prsalinan tidak berlangsung lama dan tidak menyiksa bunda. Salah satu teknik mengatur energi adalah dengan mengatur pernapasan saat proses melahirkan. Bidan atau perawat biasanya akan membantu bunda dengan memberi aba-aba untuk menarik atau membuang napas. Dengan mengatur pernapasan saat proses pesalinan dapat membatu meningkatkan pasokan oksigen, membatu mengatur energi dan mendorong dengan kuat saat terjadi kontraksi.

Ketahui Proses dan Tahapan Melahirkan Normal

watoday.com.au
watoday.com.au

Dengan mengetahui proses demi proses dan tahapan dalam melahirkan normal, bunda akan lebih siap secara mental dan prepare dalam menjalani proses tersebut. Bunda yang sudah siap secara mental akan membantu proses melahirkan menjadi lebih cepat sehingga proses melahirkan tidak begitu menyakitkan. Melahirkan secara normal tentu akan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan bagi bunda.

Dukungan Suami

gigisusu.com
gigisusu.com

Dukungan dari suami dan keluarga dapat menjadi motivasi bagi bunda dalam menjalani proses kelahiran bayi. Melahirkan merupakan proses besar yang harus dilewati bunda, dukungan dari suami dan keluarga akan menguatkan psikologis bunda, menghilangkan stres dan membuat bunda merasa lebih tenang.

Semoga dengan mengetahui proses dan tahapan melahirkan secara normal dapat membuat bunda lebih siap dan berani dalam menghadapi proses persalinan dan semoga proses melahirkan normal bunda berjalan dengan lancar.

Tinggalkan komentar