4 Cara Mudah Untuk Membedakan Antara Charger Asli dengan Charger Palsu

Sudah kita ketahui bersama bahwa smartphone memiliki fungsi yang besar, maka sudah seharusnya daya tahan baterai smartphone harus mendapatkan perhatian khusus. Adapun salah satu aspek yang harus diperhatikan supaya baterai smartphone tetap awet adalah kualitas charger. Kamu sebisa mungkin harus memakai charger asli.

Charger asli sendiri adalah charger bawaan dari produsennya langsung yang ada dalam kemasan ketika membeli smartphone. Jika charger bawaan kamu rusak dan ingin membeli charger yang baru, kamu harus berhati-hati karena kini banyak charger palsu yang beredar dipasaran dengan harga murah.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara charger asli dengan charger palsu. Simak baik-baik ya, karena jika kamu memakai charger palsu, maka bisa memicu baterai kembung hingga akhirnya menjadi rusak.

Bawa Adapter Charger Asli Saat Membeli

raja-gadget.com

Ketika kamu akan membeli charger baru, pastikan selalu bawa adapter charger asli smartphone kamu. Tujuannya sendiri adalah untuk menyamakan desain sampai semua angka yang terdapat di adapternya.

Selain itu, kamu juga harus menyamakan bentuk dari port USB yang terdapat di adapternya. Kalau kamu jeli dan teliti, maka kamu akan menemukan perbedaan yang cukup mencolok antara charger asli dan charger palsu.

Banyak perbedaan yang bisa kamu dapati antara adapter charger asli dengan adapter charger palsu. Mulai dari bentuk colokan, desain, serial angka, sampai warna pada tulisan yang tertera di adapter charger.

Perhatikan Kabel USB

infoherbalis.com

Selain memperhatikan charger adapter, kamu juga harus memperhatikan kabel USB bawaan dari smartphone kamu. Mengapa harus begitu? Karena selain dipakai untuk pengisian ulang baterai, kabel USB smartphone juga dapat digunakan untuk transfer file dari smartphone ke laptop.

Nah, kalau ternyata kabel USB nya palsu, maka akan mempengaruhi proses transfer file antara smartphone dan laptop kamu. Selain itu, pengisian ulang baterai smartphone juga tidak akan maksimal.

Adapun cara membedakan antara kabel USB yang asli dengan USB palsu, kamu terlebih dahulu harus memperhatikan panjang dan ketebalan dari colokan USB-nya. Charer palsu biasanya dibekali dengan colokan USB yang lebih tebal dan panjang serta warna yang lebih gelap.

Beli di Toko Resmi

situshape.net

Seiring berkembangnya teknologi, belanja menjadi semakin mudah. Kini banyak terdapat berbagai toko online yang menyediakan berbagai macam kebutuhan, salah satunya charger smartphone.

Jika kamu ingin membedakan antara charger yang asli dengan charger yang palsu, maka tidak bisa dilakukan ketika belanja onlne. Untuk menghindari pembelian charger palsu, ada baiknya kamu membeli charger di toko resmi yang biasanya sudah dibertitahukan oleh pihak produsen.

Jangan Tertipu dengan Harga

tokopedia.com

Selain berbicara tentang kualitas charger, harga yang dibandrol murah selalu menjadi senjata ampuh untuk menarik hati para konsumenl. Oleh karena itu, jadilah pengguna smartphone yang cerdas dan pintar dengan tidak mudah terpikat oleh harga charger yang lebih murah dari harga pasaran.

Kesadaran akan pentingnya kualitas charger itu sendiri harus dibangun oleh konsumen. Mengingat kini banyak sekali oknum penjual yang menghilangkan komponen charger demi bisa menekan harga jual suatu charger.

Demikian 4 cara untuk membedakan antara charger asli dengan charger palsu. Semoga kamu bisa membedakannya dengan seksama ya. Oh iya, di artikel lainnya kamu bisa mengetahui tentang handphone jadul fenomenal dan handphone paling mahal di dunia.

Tinggalkan komentar