7 Macam Bahan Makanan yang Dapat Membersihkan Hati dan Menghindari dari Penyakit Berat

Hati adalah organ vital tubuh yang sangat besar fungsinya dalam metabolisme, pencernaan, dan imunitas, serta berperan penting dalam penyimpanan berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Hati juga merupakan organ yang yang memproduksi bahan kimia yang sangat dibutuhkan oleh organ lainnya dan juga merupakan pengatur komposisi darah serta mampu menghilangkan racun berbahaya selama proses pencernaan terjadi.

Mengingat banyaknya fungsi hati dalam tubuh, ada baiknya kamu memperhatikan cara merawatnya agar fungsinya tetap maksimal. Dan salah satunya adalah dengan membersihkan hati dengan berbagai macam bahan makanan yang dapat kamu dapatkan di sekitarmu, di antarannya adalah:

Bawang Putih

Bawang Putih Membersihkan Hati
authoritynutrition.com

Kandungan senyawa Selenium dan Allicin yang terkandung dalam bawang putih dapat membantu mengaktifkan enzim perlindungan hati.

Alpukat

authoritynutrition.com
authoritynutrition.com

Selain rasanya yang gurih dan enak, alpukat juga mengandung enzim anti galactosamine yang akan menghindarkan hati dari kerusakan dan hepatitis yang disebabkan virus.

Jeruk Nipis

Jeruk Nipis Membersihkan Hati
freshfruitportal.com

Enzim glutathione yang dihasilkan oleh hati saat bertemu dengan senyawa yang terkandung dalam air jeruk nipis sangat baik dalam membersihkan liver dan merupakan antioksidan yang terkenal dengan sifat penangkal racunnya.

Air Putih

Air Putih Membersihkan Hati
theguardian.com

Mengonsumsi air putih minimal 2 liter setiap hari dapat secara alami membuang segala macam racun dan senyawa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Kunyit

Kunyit Membersihkan Hati
nationalgeographic.co.id

Rempah-rempah yang sering dijadikan bumbu dapur ini juga memiliki khasiat yang sangat besar dalam meregenerasi sel-sel yang ada di dalam hati, menjaga hati agar terhindar dari racun, serta memproduksi cairan empedu secara alami.

Teh Hijau

Teh Hijau Membersihkan Hati
howtolivehealthy.org

Mengonsumsi seduhan teh hijau dan air hangat sangatlah baik untuk menjaga kebersihan hati, karena antioksidan yang tinggi dalam teh hijau dapat menyumbat jalan masuknya racun dalam hati serta mengoptimalkan kerja hati.

Semangka

Semangka Membersihkan Hati
kenyanfarmer.com

Kandungan vitamin C dan pectin dalam buah semangka dipercaya dapat meningkatkan ketahanan hati dan menangkalnya dari berbagai racun yang tidak dibutuhkan oleh hati.

Demikianlah beberapa makanan yang dapat membantu menbersihkan hati, selain mudah didapatkan, kamu juga dapat melakukanya setiap hari di rumahmu. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar