Keindahan Menara Eiffel dan Sejarah Pembangunannya

MENARA EIFFEL – Salah satu icon yang menjadi tujuan wisata di kota paris adalah Menara Eiffel. Sebuah menara yang berdiri kokoh menjulang ke angkasa. Dengan desain yang cantik dan menawan serta pemandangan yang indah, membuat menara ini memiliki daya tarik tersendiri.

Kalau kamu sering melihat film-film romantis ber-setting kota Paris, pasti ada salah satu adegan romatis yang mengambil seting di Menara Eiffel. Mungkin menara ini memang memiliki daya tarik tersendiri untuk pasangan yang ingin menjadikan momen kunjungannya ke Paris lebih berkesan.

Sebelum mengetahui beberapa fakta dan penjelasan tentang Menara Eiffel, baiknya kamu mengetahui sejarah singkat tentang salah satu tempat romantis popular di Bumi ini.

Tepat pada 31 Maret 1889, Menara Eiffel diresmikan di Kota Paris pada sebuah upacara yang sangat meriah. Acara tersebut dihadiri oleh petinggi Negara Perancis, yakni Pierre Tirard yang mempin sebagai Perdana Menteri beserta beberapa pejabat penting dan 200 pekerja konstruksinya.

Berikut dibawah ini beberapa fakta menarik tentang Menara tempat paling romantis kebanggaan Perancis:

Menara Eiffel

Menara Eiffel
id.bbbpics.com

Menara Eiffel dibangun dalam rangka Pameran Dunia dan juga perayaan revolusi Perancis. Menara yang cantik ini diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889.

Walaupun awal pembangunan Menara Eiffel mendapatkan kecaman dan protes dari penduduk Paris dan kalangan intelektual, menara ini akhirnya selesai jiga dibangun. Bahkan, sekarang menara besi ini menjadi simbol kota Paris dan dapat menarik lebih dari 6 juta pengunjung setiap tahunnya.

Menara Eiffel sering disebut juga dengan nama lain “Si Wanita Baja” atau La dame de fer. Sebutan ini sangat sesuai dengan keindahan dan kecantikan dari menara ini.

Proyek Pembangunan

Proyek Pembangunan Menara Eiffel
id.wikipedia.org

Pembangunan Menara Eiffel dipimpin oleh seseorang bernama Gustave Eiffel, serta dibantu oleh Maurice Koechlin dan Emile Nouguier sebagai insinyur. Selain itu ada juga seorang arsitek yang membantu, namanya adalah Stephen Sauvestre.

Sebenarnya, rencana proyek ini dimulai tahun 1884. Dengan beberapa halangan dan gangguan, akhirnya pembangunan dimulai tahun 1887. Pembangunan dilakukan selama kurang lebih 26 bulan dan selesai pada tahun 1889.

Masih ada lagi nih, ternyata, Eiffel yang merupakan pimpinan proyek berencana membangun menara ini di Barcelona untuk Pameran Universal 1888. Tetapi, pihak yang bertanggung jawab di kota Barcelona menganggapnya aneh, mahal dan tidak cocok untuk kota tersebut.

Penolakan tersebut tidak membuat Eiffel menyerah, kemudian dikirimlah draf rencana tersebut kepada pihak yang bertanggung jawab untuk Pameran Universal di Paris, sampai akhirnya menaranya selesai satu tahun kemudian. Menara yang menawan ini diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889 dan dibuka pada tanggal 6 Mei di tahun yang sama.

Bahan untuk Menara Eiffel

Bahan untuk Menara Eiffel
go2-romania.com

Menara Eiffel dibangun menggunakan bahan-bahan pilihan dan juga tenaga kerja yang handal. Menara ini dibangun menggunakan besi baja yang dikaitkan, jumlahnya sebanyak 18.038 buah yang saling dikaitkan. Untuk memperkuat konstruksinya, digunakan juga 2.500.00 paku. Dengan semua besi dan baja tersebut, Menara Eiffel jadi memiliki berat 7.300 ton.

Tinggi Menara Eiffel

Tinggi Menara Eiffel
maxisciences.com

Saat Menara Eiffel selesai dibangun pada tahun 1889, struktur menara ini menjadi yang tertinggi di dunia. Menara berwana hitam nan indah ini memiliki tinggi 312,27 meter. Tinggi itu diukur dari tanah sampai tiang bendera yang ada di puncak menara pada tahun 1889. Tapi, sekarang tingginya menjadi 324 meter sampai ke antenanya.

Gelar sebagai menara tertinggi yang pernah didapat Menara Eiffel hanya dapat dipertahankan sampai tahun 1930. Pada tahun tersebut ada sebuah menara di New York bernama Chrysler Building yang memiliki tinggi 319 meter telah selesai dibangun. Sekarang, Menara Eiffel metupakan menara tertinggi kelima di Perancis dan yang paling tinggi di Paris.

Penerangan Menara Eiffel

Penerangan Menara Eiffel
maxisciences.com

Untuk membuat Menara Eiffel bercahaya, digunakan 352 proyektor 1.000 watt. Selain itu, digunakan juga 20.000 bola lampu dan juga 800 lampu disko yang akan membuat menara ini makin bersinar dan terlihat sangat indah. Ternyata bukan cuma itu saja, masih ada 4 laser xenon dengan kekuatan 6.000 watt yang akan membuat menara ini tampak lebih hidup.

Jumlah Tangga Menara

Jumlah Tangga Menara eiffel
jpnn.com

Kalau kamu berkunjung ke Menara Eiffel dan ingin merasakan perjuangan sampai ke puncak, coba gunakan tangga. Ada sekitar 1.665 anak tangga yang akan membuat kamu berkeringat kalau sudah sampai di atas. Ada juga lift yang akan membawa kamu mencapai lantai dua dengan tenang.

Pembangunan Menara Eiffel

Pembangunan Menara Eiffel
pixabay.com

Keindahan menara tertinggi di Paris yang kita nikmati sekarang ini tidak langsung berdiri begitu saja, melainkan berdiri karena perencanaan yang matang. Adanya sebuah bangunan monumental ini dibangun oleh tangan manusia yang kreatif dan professional di bidangnya.

Awalnya, Menara Eiffel ini dibangun untuk memperingati 100 tahun revolusi Prancis. Namun sebelumnya Gustav Eiffel hanya ingin membangun menara ini saja di daratan Eropa. Namun rencana ini dibatalkannya karena menurutnya tanah Eropa tidak cocok dengan struktur bangunan menara yang akan dibangunnya.

Tetapi akhirnya Menara tertinggi di Paris ini berhasil dibangun setelah Gustav mendapatkan sumbangan ide dari kedua anaknya, yakni naurice Koechlin dan Emile Nouguier. Sejak saat itulah kemudian Gustav mengambil alih nama menara yang dibangunnya itu dengan memberinya nama Menara Eiffel.

Pro dan kontra mewarnai pembangunan menara ini, hingga akhirnya pihak pemerintah Prancis yang membantu mengembangkan menara ini sepakat untuk menjadikan menara ini sebagai simbol kekuatan Prancis yang pada saat itu sedang mengalami revolusi besar-besaran.

Elevatornya Belum Berfungsi Pada Saat Upacara Pembukaan

elevator Eiffel
youtube.com

Menara Eiffel yang berketinggian 324 meter tersebut didesain oleh seorang pengusaha Perancis yang bernama Gustave Eiffel beserta dua orang partner Insinyurnya yakni Maurice Koechlin dan Stephen Sauvestre.

Pada saat acara peresmian pembukaan tersebut, elevator pada Menara Eiffel belum bisa digunakan. Seperti yang dijelaskan pada situs resmi Menara Eiffel, tertulis bahwa Gustave sang desainer harus mau mendaki hingga 1.710 tangga.

Hal tersebut dilakukan demi  mengibarkan bendera Perancis tepat di puncak menara Eiffel dengan ditemani oleh para anggota dewan Perancis dan para reporter.

Pada Mei tahun 1889 para pengunjung barulah dapat menggunakan elevator hingga saat sekarang ini. Dari tahun ke tahun elevator terus berevolusi, hingga di zaman sekarang jauh lebih canggih dan modern ketimbang pada saat itu.

Awal mula ide mendirikan Menara Eiffel ialah berasal dari sebuah kompetisi yang diadakan oleh Journal Officiel, dengan mengusung tema “mempelajari kemungkinan mendirikan menara besi di Champs de Mars”.

Dari 107 peserta yang mengikuti kompetisi tersebut, proposal yang diajukan oleh Gustave Eiffel, Kochlin dan Sauvestre terpilih sebagai kandidat. Lalu pembangunan menara mulai dilakukan pada Januari 1887.

Kurang lebih 262 pekerja bangunan menggunakan contoh gambar dari 5300 insinyur untuk membangun Menara Eiffel. Setelah 2 tahun barulah menara tersebut kemudian dibuka untuk ummum pada tahun 1889.

Menara Eiffel Menjadi Pusat dari Paris World Fair.

Menara Eiffel Menjadi Pusat dari Paris World Fair.
wikiwand.com

Pada bulan Mei 1889 Menara Eiffel dijadikan sebagai pusat diselenggarakannya Paris World Fair, sebuah acara peringatan 100 tahun Revolusi Perancis.

Meskipun sudah terdapat elevator yang bisa digunakan, namun terdapat 30.000 pengunjung yang harus rela menaikin 1.710 tangga menara. Hal tersebut dikarenakan Elevator tidak dapat mengangkut semua pengunjung yang membludak saking ramainya.

Pada Usia 20 Tahun Menara Eiffel Hampir Dirobohkan

eiffel architecture
livescience.com

Setelah Menara Eiffel berdiri selama 20 tahun, sempat akan dihancurkan. Namun hal tersebut masih dapat diselamatkan oleh ilmu sains yang menggap bahwa menara tersebut mempunyai banyak manfaat, seperti misalnya sebagai antena untuk transmisi sinya radio.

Hingga sekarang, Menara Eiffel masih menjadi salah satu tempat wisata populer bahkan romantis di dunia. Selain itu juga masih memiliki peran yang sangat penting di dunia sains dan teknologi.

Beberapa radio dan stasiun televisi di Paris masih menggunakan menara ini demi memancarkan sinyal mereka.

Menurut salah satu media yang bernama The Verge, Menara Eiffel terpasang dua turbin angin diatasnya. Turbin angin diciptakan untuk menyediakan listrik yang cukup besar bagi melengkapai kebutuhan kawasan di sekitaran menara dan juga merupakan sebagai icon simbol energi yang ramah lingkungan.

Pada saat memperingati Earth Hour, Menara Eiffel juga ikut memadamkan lampunya sejenak. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk dari kepedulian akan Kampanye perubahan iklim, yang mana kota Paris notabene dikenal sebagai “City of Light” .

Perancang Asli Menara Eiffel Bukanlah Gustave Eiffel

penemu asli menara eiffel

Di balik ketenaran sebuah icon pasti ada kisah ataupun fakta yang menarik.
Kisah dan fakta yang jarang orang ketahui, ataupun yang emang gak mau dipublikasikan.

Dalam hal menara Eiffel, Gustava Eiffell adalah sosok yang paling sering dipuji atas karya legendaris ini.

Kamu pun -mungkin- berpikir demikian.

Gustava dinilai sebagai seorang genius. Mampu untuk membuat inovasi jauh melibihi zamannya.
Menerobos segala keterbatasan ide dan pemikiran di kala itu.

Gimana enggak, Gustava ini berhasil membuat sebuah mahakarya gedung pencakar langit tertinggi di dunia dengan alat bangunan seadanya.

Saya sudah jelaskan di bagian sub 3 artikel ini, kalau menara Eiffel dibangun dengan menggunakan 18.038 buah besi baja yang saling dikaitkan.
Kontruksinya diperkuat dengan 2.500.000 paku.

Dan tebak …
… semua konstruksi bangunan itu dikerjakan dengan cara manual.
Tanpa forklift apalagi crane.

Hasilnya…
… Hasilnya menara Eiffel berhasil dibangun dan menjadi menara pencakar langit tertiggi di dunia kala itu.

Jadi wajar ya kalau Gustava Eiffel dinilai sebagai sosok genius, dan sesorang yang dinilai inovatif.

Tapi. Ada satu hal yang gak banyak orang tau kalau Gustava Eiffel bukan lah perancang asli dari gedung ini.

Bahkan Gustava Eiffel sendiri -saat itu- pesimis dengan ide untuk membangun menara pencakar langit.

Satu fakta yang sangat jarang terdengar ya.
Mungkin kamu salah satu orang yang baru tau tentang ini.

Saya sungguh sedih saat tau, kenapa seorang yang bukan perancang asli dari suatu ide bisa lebih terkenal dari perancang asli ide itu sendiri? Terus siapa perancang aslinya?

-itu pertanyaan spontan saya saat pertama tau fakta ini. Lebay? sama sekali enggak.
Karena beneran parah saat tau perancang aslinya malah gak terkenal sama sekali. Ini sungguh menyedihkan bung!-

Oke jadi siapa perancang asli dari menara Eiffel?

Arsitek dan perancang asli dari menara Eiffel adalah Maurice Koechlin, Emile Nouguier dan Stephen Sauvestre.
Mereka bertiga adalah perancang asli menara itu.

Mereka beriga yang menyusun rancangan bangunan. mengepalai pekerjaan pembangunan.
dan mengepalai 300 pekerja.
Yapp, mereka mengepalai seluruh pekerja pembuat menara.

Terus kenapa mereka bertiga gak jadi terkenal?
Ya (mungkin) karena status mereka saat itu.

Maurice Koechlin, Emile Nouguier dan Stephen Sauvestre saat itu adalah kolega dari Gustava Eiffel.

Mereka bertiga bukan pemegang resmi projek pembangunan menara ini, dan mereka bertiga bekerja di bawah naungan Gustava.

Mereka terus begitu, sampai akhirnya Gustava berhasil membeli hak paten (hak cipta) menara Eiffel dari mereka bertiga.
dan jadi lah Gustava Eiffel yang terus memproklamirkan diri sebagai “perancang” menara Eiffel.

Sungguh menyedihkan bukan?
dan lebih-lebih menyedihkan lagi pas tau kalau, banyak para penemu asli dari suatu mahakarya yang kehilangan hak-nya untuk menjadi terkenal karena lisensinya sudah dibeli.

Salah satu di antaranya adalah Antonio Meucci yang berhasil menemukan telepon genggam, tapi kemudian lisensinya dibeli dan diklaim oleh Alexander Graham Bell.

Ini kayak kasih pembelajaran buat kita untuk selalu waspada dan hati-hati dalam mengambil keputusan perjanjian.
Apalagi perjanjian-perjanjian yang bersifat pengalihan hak cipta.

 

Oke itu lah pembahasan singkat sub judul ini tentang fakta, kalau Gustava Eiffel bukan lah perancang asli dari menara super power ini.

Kamu pasti punya pendapat lain tentang hal ini.
Tentang sejarah dari menara Eiffel dan pengalaman kamu mengunjungi menara super power ini.

Kalau Iya. Silahkan kamu bisa berbagi pendapat, sejarah dan pengalaman kamu mengunjungi menara Eiffel di kolom komentar di bawah.

Atau kamu yang mau sekedar “say hay” pada postingan ini. Itu sangat-sangat diperbolehkan.

Setiap 7 Tahun Diperbarui dengan 30-60 Ton Cat

Emaze
Emaze

Siapa diantara kita yang tidak mengenal menara eiffel?

Tentu kita semua tau atau bahkan memiliki cita-cita untuk pergi dan berkunjung ke sana.

Menara eiffel yang dibangun pada tahun antara 1887 sampai 1889 merupakan pintu masuk pameran dunia yang dibangun sebagai bentuk perayaan seabad revolusi Prancis.

Perancangnya Eiffel sebenarnya ingin membangunnya di kota Barcelona, namun banyak masyarakat disana yang menolaknya dan menganggapnya sebagai bangunan yang jelek dan hanya akan mengganggu pemandangan kota.

Akhirnya setelah mendapatkan penolakan atas idenya, Eiffel pun mengirimkan draft idenya kepada pihak penyelenggara untuk pameran universal di Paris.

Sebanyak 300 pekerja dikerjakan untuk membangun dan memnggabungkan 18083 bagian besi benam dengan digunakan 2.500.000 paku.

Menara Eiffel dinamai sesuai dengan perancangnya, yaitu Gustave Eiffel.

Menara Eiffel ialah bangunan tertinggi di Paris dan merupakan salah satu menara paling ramai dikunjungi oleh berbagai masyarakat dari seluruh dunia.

Total lebih dari 200.000.000 orang telah mengunjungi menara ini sejak pembangunannya di tahun 1889.

Termasuk yang terjadi pada tahun 2006, dimana pengunjung menara ini mencapai 6.719.200.

Banyaknya pengunjung yang mendatangi menara eiffel menjadikan menara ini sebagai monumen berbayar yang paling sering dikunjungi di dunia.

Menara eiffel memiliki total tinggi 325 m, yang mana bangunan ini memiliki kesamaaan dengan bangunan konvensional bertingkat 81.

Setelah selesai dibangun pada tahun 1889, bangunan ini menara eiffel merupakan bangunan tertinggi di dunia, yang mana rekor ini terus dipertahankan hingga tahun 1930.

Untuk saat ini menara eiffel merupakan bangunan tertingga nomor 5 untuk negara Prancis, namun tetap menjadi nomor satu di Paris.

Menara eiffel memiliki struktur besi seberat 7.300 ton, sedangkan seluruh total berat penyusun menara eiffel adalah 10 ton.

Pada saat angin berhembus dengan kencang, maka menara ini dapat berayun antara 6-7 cm.

Tingkat pertam dan kedua dari menara eiffel dapat diakses dengan lift maupun tangga, jadi bagi anda yang ingin mengunjungi menara eiffel dan merasakan keindahan setiap sudut bangunannya, anda bisa mencoba untuk naik ketingkat menara eiffel dengan menggunakan tangga.

Jika anda memiliki kebiasaan untuk menggunakan lift ketika sedang berada di mall atau supermarket, maka saya menyarankan ketika anda sedang berkunjung ke menara yang satu ini, baiknya anda menggunakan tangga, karena momen dan kesan yang anda dapatkan akan lebih mendalam.

Dahulu ketika pertama kali menara ini dibangun, maka banyak pihak yang mencela dan menentangnya, terutama dengan bentuk dan desainnya.

Para seniman merasa bahwa desain menara eiffel kurang bagus dan hanya mengganggu pemandangan saja, terlebih lagi meraka berasalan bahwa eiffel bukanlah ahli seni, melainkan hanya seorang perancang jembatan saja.

Namun akhirnya menara ini tetap dibuat dan eiffel tetap menjadi perancangnya, dikarena ia dan arsiteknya merupakan ahli perancang jembatan, maka dia dianggap paham dengan kekuatan dan model eiffel yang kuat untuk diterjang angin.

Dengan bentuk bangunan yang sangat megah dan kuat ini, maka terdapat satu fakta yang cukup mencengangkan, tahukah anda?

Bahwasannya untuk melakukan perawatan menara eiffel ini setidaknya setiap 7 tahun sekali dilakukan pengadaan cat sebanyak 50-60 ton.

Luar biasa bukan?

Untuk menjaga penampilannya dari pengunjung yang ada di bawah, maka diberikan 3 cat warna yang berbeda, warna gelap diletakan paling bawah, sedangkan warna terang diatasnya.

Ditingkat pertama terdapat konsol interaktif yang berfungsi memberitahukan warna pada pengecetan selanjutnya.

Keunikan Menara Eiffel Dimata Pengunjung

diniandhikas.blogspot.co.id
diniandhikas.blogspot.co.id

Jutaan pengunjung selalu tercatat di setiap tahunnya. Ada sekitar 7 jutaan pengunjung yang mengunjungi menara indah ini. Keunikan Menara Eiffel juga terlihat dari keindahannya ketika malam tiba. Lampu yang menghiasi menara ini sungguh indah dan menakjubkan, sehingga kesan romantis menjadi semakin kental ketika malam tiba. Faktanya ada sekitar 20.000 lampu dengan 5000 per sisinya.

Identik Dengan Nilai Seni Yang Kental

pixabay.com
pixabay.com

Kentalnya nilai seni pada struktur menara tertinggi di Prancis ini menjadi hal yang menakjubkan. Walaupun secara kasat mata, bentuknya kurang menarik, tetapi sebenarnya ada makna seni yang mendalam. Yakni adanya perhitungan ketahanan menara agar tidak roboh akibat tiupan angin. Sehingga bentuk dan posisi menara dibuat sedemikian rupa.

Salah Satu Keajaiban Dunia

Pinterest.com
Pinterest.com

Menara Eiffel menjadi objek wisata yang sangat terkenal di dunia. Bahkan menara ini menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia. Menara ini menjadi menara tertinggi di Prancis dengan tinggi 320 meter. Bangunan menara ini merupakan bangunan tertinggi pada awalnya, walaupun sekarang sudah banyak bangunan-bangunan tinggi.

Nama Menara Eiffel

pixabay.com
pixabay.com

Menara Eiffel berasal dari nama pimpinan perusahaan pembangunnya, yaitu Gustave Eiffel. Banyak orang yang salah dalam menyebut nama menara tertinggi di Paris ini. Ada yang menyebut dengan nama menara evel, menara feel, menara eifel, menara eifell, dan banyak lagi yang lainnya. Padahal ejaan yang benar adalah E-I-F-F-E-L.

Replika Menara Eiffel

replika-menara-eiffel
www.aliexpress.com

Menara Eiffel menjadi bangunan atau menara yang amat sangat populer di dunia. Sejak dibangunnya menara ini, total lebih dari 250 juta orang mengunjunginya. Dan pastinya akan terus bertambah seiring waktu setiap tahunnya.

Karena begitu populer inilah, maka desain Menara Eiffel telah dibuat di seluruh dunia. Terhitung  ada beberapa kota besar dunia yang membuat replika menara Eiffel ini. Sebut saja replika setengah skala di Paris Las Vegas Hotel di Nevada, Amerika Serikat.

Ada lagi replika Menara Eiffel dengan skala penuh, tepatnya di Menara Tokyo di Jepang. Selain itu terdapat sejumlah replika lainnya di seluruh dunia. Salah satunya berada di Window of the World Park, yang bertempat di Shenzhen, Republik Rakyat Toingkok.

Julukan Lain Menara Eiffel

wanita-besi
wordpress.com

Menara yang menjadi ikon khususnya Kota Paris dan pada umumnya bagi Negara Perancis ini mempunyai beberapa nama julukan. Dalam bahasa Perancis Menara Eiffel dinamakan La Tour Eiffel. Namun ada julukan lain yang disematkan pada monumen megah ini.

Menara Eiffel memiliki julukan La Dame de Fer, yang dalam bahasa Perancis berarti wanita besi. Julukan ini tergolong unik karena mengingatkan akan sosok Perdana Menteri legendaris Inggris Raya, Margaret Thatcher karena sama-sama dijuluki wanita besi (The Iron Lady).

Perubahan Ukuran 

ukuran-menara-eiffel
www.panoramio.com

Semakin mengenal lebih dekat dengan Menara Eiffel, maka semakin kamu dapati fakta-fakta unik. Bahkan mungkin fakta tersebut tidak pernah terlintas di benak kamu. Seperti fakta tentang perubahan ukuran Menara Eiffel.

Tahukah kamu, bahwa Menara Eiffel secara rutin mengalami perubahan ukuran. Selama musim dingin di setiap tahunnya, Menara Eiffel mengalami pemyusutan sekitar enam inci. Namun akan kembali ke ukuran semula ketika musim panas.

Menara Eiffel dalam Sejarah

sejarah
wordpress.com

Menara Eiffel dibangun pada periode tahun 1887 hingga 1889. Pembangunannya sendiri tepatnya membutuhkan waktu dua tahun, dua bulan dan lima hari. Namun dalam sejarahnya, Menara Eiffel pernah akan diruntuhkan. Hal tersebut terjadi dimasa Perang Dunia II.

Awalnya pada tahun 1944, pihak sekutu mendekati Kota Paris. Kala itu Hitler memerintahkan Dietrich von Choltitz yang menjabat gubernur militer Paris untuk meruntuhkan menara, dan beberapa bangunan tinggi lainnya di Kota Paris. Namun akhirnya mendapat penolakan.

Ada kisah menarik berkaitan dengan Menara Eiffel di masa Perang Dunia II. Saat itu Kota Paris dikuasai oleh Jerman. Oleh para tentara kabel lift Menara Eiffel dipotong, dan menara tersebut benar-benar tertutup untuk umum.

Tentara Nazi berniat melampirkan lambang swastika berukuran besar ke atas menara. Tapi upaya tersebut kurang berhasil, dikarenakan ukuran dari swastika yang terlampau besar sehingga tertiup angin dan akhirnya harus diganti dengan ukuran yang lebih kecil.

Fakta Lain Menara Eiffel

fakta-menara-eiffel
www.panoramio.com

Menara ini muncul dalam film Bond tahun 1985 yang berjudul A View to a Kill. Ada adegan di restoran Jules Verne, restoran yang terletak di lantai 2 Menara Eiffel. Juga terdapat beberapa adegan pertarungan di tangga-tangga menara.

Fakta lainnya datang dari produsen mobil Perancis Citroen yang menggunakan menara ini sebagai billboard raksasa antara tahun 1925 dan 1934. Nama perusahaan terpampang di menara menggunakan seperempat juta bola lampu dan tercatat di Guinness Book of Records sebagai iklan terbesar di dunia.

Fakta Gustave Eiffel

gustave-eiffel
blogspot.com

Setelah diatas mengulas fakta tentang Menara Eiffel, tak ada salahnya untuk membahas fakta tentang perancang Menara Eiffel itu sendiri. Siapa lagi kalau bukan Gustave Eiffel, yang namanya diabadikan dalam monumen berketinggian 324 meter ini.

Gustave Eiffel adalah seorang insinyur sekaligus arsitek yang bersama beberapa temannya merancang Menara Eiffel. Bukan hanya Menara Eiffel saja, ternyata dia juga pernah ambil bagian dalam merancang beberapa elemen interior Patung Liberty di New York, Amerika Serikat.

Ahli spesialis logam bernama lengkap Alexandre Gustave Eiffel ini meninggal pada tanggal 27 Desember tahun 1923. Tahukan kamu, dia ditemukan meninggal disaat bersamaan sedang mendengarkan alunan Beethoven’s 5th symphony.

Tinggalkan komentar