Cara Mencuci Mobil yang Baik dan Benar

Mobil yang kotor akan menghilangkan kersan keren bagi pemilik dan mobil itu sendiri tentunya. Sekain itu mobil yang tidak bersih juga akan menjadi sarang penyakit bagi siapapun yang mengendarainya.

Jika kamu dalam perjalanan jauh memang sudah pasti mobil akan menjadi kotor dan terlihat cenderung tidak terawat. Debu yang menyelimuti mobil secara berlebih juga akan membuat kamu seakan-akan malas dalam merawatnya bukan?

Namun dengan membersihkan mobil dengan cara mencucinya kamu dapat membuat kesayanganmu yang satu ini akan tampak gagah berkilau kembali, hal berikut dapat kamu lakukan saat mencuci mobil, diantaranya adalah:

Bagian Luar Mobil

mencuci-bagian-luar-mobil
redhawkcarwash.com
  1. Tutuplah bagian pintu dan kaca mobil dengan rapat untuk menghalau air
  2. Semprotkan air selama kurang sebih 20 detik untuk membersihkan mobil dari percikan berbagai cairan kimia yang dapat memudarkan warnanya
  3. Setelah menyemprot seluruh bagian mobil, lakukan kembali secara perlahan keseluruh badan mobil untuk menghilangkan debu dan pasir yang dapat menggores cat mobilmu
  4. Lakukan pembersihan dengan cara mengelap mulai dari bagian atap kebawah secara menyeluruh dengan menggunakan spons khusus yang bersih dan shampoo yang khusus untuk mobil.
  5. Lakukan pembilasan secara menyeluruh dan pastikan tidak ada bekas shampoo yang tertinggal karena dapat menyebabkan perubahan warna pada mobilmu.
  6. Setelah dibilas bersih, keringkan mobil dengan mengelap seluruh bagian mobil dengan lap bersih yang halus.

Bagian Dalam Mobil

mencuci-bagian-dalam-mobil
pennexxon.com
  1. Membersihkan bagian dalam mobil cukuplah dengan menggunakan lap basah saja
  2. Pastikan tidak ada kotoran makanan, debu,bekas makanan dan minuman yang tertinggal pada saat kamu melakukan pembersihan.
  3. Pada saat membersihkan bagian dalam mobil biarkan pintu tetap terbuka untuk membantu proses pengeringan agar lebih cepat.

Selain dua bagian tersebut, membersihkan mesin mobil juga memerlukan ke ekstra hati – hatian, jangan mengenai air pada bagian acu, busi, dan kebel sensor karena dapat menyebabkan mesin mati mendadak.

Demikian yang dapat kamu lakukan agar mobilmu tetap gagah dan terawatt dan tentunya akan memaksimalkan penampilanmu dalam berbagai kesempatan kan? Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar