Cara Mudah Merawat Cat Mobil Tanpa Membutuhkan Banyak Modal

Mobil sebagai kebutuhan tersier tentu saja menumbuhkan rasa bangga tersendiri pada pemiliknya. Apalagi sekarang perkembangan otomotif terus berkembang pesat membuat mobil mempunyai kegunaan yang lebih dari sekedar kendaraan saja, mobil bisa menjadi pendongkrak gengsi. Sebagai pendongkrak gengsi tentunya kamu harus rajin melakukan perawatan mobil agar terlihat eksklusif.

perawatan mobil
pixabay.com

Tampilan mobil yang bersih menggambarkan bahwa pemiliknya merupakan orang yang sangat talaten dalam merawat sesuatu. Kebanyakan pecinta mobil mengganti cat mobilnya ketika warna mobil mulai pudar, hal ini karena dinilai lebih mudah dan tidak perlu repot lagi. Namun mengganti cat mobil bukan perkara mudah, kamu harus berkorban waktu dan juga uang.

irit di kantong
pixabay.com

Waktu yang dibutuhkan untuk mengecat mobil adalah sebulan dengan kisaran harga yang dihabiskan lebih dari beberapa juta rupiah. Namun kamu tidak perlu mengeluarkan waktu yang berlebihan dan juga uang jika kamu bisa merawat cat mobil kamu dengan benar. Merawat cat mobil tidak mahal namun tetap mendongkrak gengsimu dan mobilmu. Dibawah ini cara merawat cat mobil yang dapat kamu praktekkan:

  1. Jangan biarkan cat mobil terkena sinar UV atau sinar matahari langsung secara terus menerus. Coba cari tempat yang teduh jika kamu akan parkir dalam jangka waktu yang lama. Jika kamu tidak mendapatkan tempat teduh, cukup pakai sarung mobil atau jenis penutup mobil lainnya.
  2. Gunakan sabun atau sampo khusus untuk mencuci mobil. Sampo yang khusus untuk mobil mempunyai kadar asam yang sudah disesuaikan dengan cat mobil. Jangan pernah mencoba mencuci mobil menggunakan deterjen atau sabun colek, karena hal tersebut dapat menyebabkan cat mobil semakin tipis dan tidak mengkilat lagi.
  3. Jika membersihkan cat mobil dari debu, kamu cukup menggunakan kain yang halus. Biasanya di toko otomotif sudah disediakan kain khusus untuk mengelap mobil yang berdebu. Ketika kamu mengelap mobil, usahakan kain yang kamu pakai bersih agar tidak ada kotoran yang menggores cat mobil kamu.
  4. Cuci mobil secara teratur akan menjaga lapisan cat mobilmu dan membuat mobilmu terlihat mengkilat seperti baru. Jika mobilmu kehujanan dan terkena air hujan, jangan kamu biarkan mongering tapi langsung siram dengan air bersih atau bisa juga langsung kamu cuci. Hal ini dikarenakan kadar asam pada air hujan yang cukup tinggi.

Itulah beberapa tips merawat cat mobil yang bisa kamu lakukan tanpa harus merogoh kocek yang banyak.

 

Tinggalkan komentar