Mengatasi Sakit Perut Saat Berlari

Lari adalah olahraga yang murah meriah. Selain mudah dilakukan juga tentu menyehatkan. Namun, tidak jarang perut terasa sakit ketika berlari. Mungkin Anda pernah mengalami, beberapa menit dari start awal berlari tiba-tiba terasa nyeri di perut bagian kiri. Penyebabnya bisa jadi karena pola makan tidak baik atau sistem pencernaan bermasalah. Untuk mengatasi timbulnya rasa sakit perut saat berlari sebaiknya lakukan hal-hal di bawah ini sebelum Anda berlari.

1. Lakukan Pemanasan

Jika Anda tidak melakukan pemanasan sebelum berlari, maka wajar saja perut terasa sakit. Hal itu karena Anda tidak mempersiapkan tubuh terlebih dahulu sehingga terjadi kram di perut. Tanpa pemanasan, tubuh akan mengalami cedera atau kram.

2. Hindari Berbicara Saat Berlari

Bicara saat lari ternyata dapat mempengaruhi munculnya sakit pada perut. Bila berlari sambil bicara, udara akan masuk ke dalam perut sehingga menimbulkan rasa sakit tersebut. Jika Anda berlari bersama teman, sebaiknya hindari kegiatan mengobrol. Anda dapat bicara sepuasnya nanti ketika selesai berlari.

3. Sebaiknya, Tidak Berlari Ketika Baru Saja Selesai Makan dan Minum

Ketika Anda melakukan lari tepat setelah mengisi perut, hal ini dapat membuat perut Anda sakit. Sebab, saat itu lambung sedang memproses makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Oleh karena itu, jika baru saja selesai makan atau minum sebaiknya Anda tidak buru-bur melakukan olahraga lari.

BACA JUGA: Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Olahraga

4. Kekurangan Cairan Tubuh

Ketika berolahraga, terutama olahraga lari, keringat yang keluar cukup banyak. Oleh sebab itu, cairan tubuh Anda akan banyak berkurang. Untuk itu, sebaiknya banyak-banyaklah minum sebelum mulai berlari. Anda juga dapat membawa air minum sebagai bekal lari Anda.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar