Lakukan Pola Hidup Sehat dengan Menghindari 5 Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi

Berbicara mengenai kolesterol, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa kolesterol terdiri dari dua jenis, yaitu kolesterol tak jenuh dan kolesterol jenuh. Pada umumnya, kolesterol tak jenuh disebut dengan kolesterol baik.

Kolesterol ini bisa ditemukan di buah alpukat. Sedangkan, kolesterol jenuh biasa disebut dengan kolesterol jahat. Kolesterol ini bisa ditemukan di minyak sayur. Kolesterol jahat ini yang bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Banyak penyakit yang bisa bisa ditimbulkan oleh kolesterol jahat, seperti penyumbatan pembuluh darah yang nantinya berdampak pada penyakit jantung.

Oleh karena itu, perlu dihindari hal-hal yang menyebabkan menumpuknya kolesterol jahat di dalam tubuh.

Salah satunya adalah hindari makanan yang mengandung banyak kolesterol jahat, seperti yang disebutkan sebelumnya, yaitu makanan yang menggunakan minyak sayur. Selain itu, masih banyak makanan yang mengandung kolesterol jahat, antara lain:

Burger

more.com

Kamu pasti sudah tahu bahwa kandungan burger pada umumnya tidak baik bagi kesehatan. Burger ini bisa menyebabkan obesitas yaitu kondisi dimana tubuh menjadi sangat gemuk.

Jika kamu rutin mengonsumsi burger, maka dalam waktu singkat tubuh akan berkembang menjadi gemuk yang berlebihan. Hal ini disebabkan oleh kandungan kolesterol jahat yang ada dalam burger.

Oleh karena itu, jika kamu menginginkan tubuh tertap sehat dan terhindar ari obesitas, segera hentikan kebiasaan mengonsumsi burger. Jika kamu merasa kesulitan menghentikannya, sebaiknya ganti isian burger dengan isian yang lebih menyehatkan.

Keju

abrar666.wordpress.com

Siapa sangka keju kurang baik dikonsumsi untuk penderita kelebihan kolesterol jahat. Karena selama ini keju dikenal memiliki banyak sekali kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Namun, untuk mereka yang memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi, sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi keju dan makanan lainnya yang terbuat dari olahan susu. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Telur

liveinternet.ru

Sama halnya dengan susu. Meskipun telur memiliki banyak sekali kandungan yang baik bagi kesehatan, telur juga sangat bahaya bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol jahat tinggi di dalam tubuh. Karena memang segala sesuatu perlu seimbang.

Dengan keseimbangan bisa membuat tubuh sehat. Jika kadar kolesterol jahat tinggi, berarti tidak seimbang. Sehingga makanan yang bisa memicu semakin meningkatnya kolesterol jahat harus dihindari, seperti telur.

Es Krim

wisatakulinerpontianak.wordpress.com

Jika sebelumnya makanan yang banyak manfaat bagi tubuh, namun jika memiliki kolesterol tinggi harus dihindari. Kali ini makanannya memang lebih banyak kurang baiknya dibandingkan baiknya. Makanan tersebut adalah es krim.

Makanan ini sering kali digunakan untuk makanan penutup. Namun, tahukah kamu bahwa satu scoop es krim jauh lebih buruk dibandingkan satu burger dan 10 donat?

Ya, satu scoop es krim memiliki kandungan lemak jauh lebih tinggi dibandingkan dengan satu burger dan satu scoop es krim memiliki kandungan kolesterol lebih tinggi dibandingkan dengan 10 buah donat.

Melihat fakta tersebut, apakah kamu masih ingin mengonsumsi es krim?

Daging

wartabuana.com

Dalam artikel sebelumnya menjelaskan bahwa banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari daging. Namun, hal ini kurang baik bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Bahkan, yang tidak memiliki kadar kolesterol tinggi pun perlu mengontrol konsumsi daging. Karena sekitar 100 gram daging yang sudah dimasak, seperti steak mengandung 20% jatah lemak dan 22% jatah kolesetrol yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Hal itu berarti kamu harus menghindari makanan lainnya yang mengandung lemak dan kolesterol dalam 24 jam jika tidak ingin jatah konsumsi lemak dan kolesterol berlebihan.

Tinggalkan komentar