Sejarah dan Bahaya Minuman Bersoda

Berbicara mengenai minuman bersoda, pasti semuanya sudah tahu. Minuman yang sangat menyegarkan ini sangat cocok saat di minum di cuaca yang panas, apalagi saat cuaca sangat panas. Minuman ini juga sudah di jual dimana-mana dengan berbagai merek.

Minuman soda biasa disebut juga dengan minuman berkarbonasi, yaitu jenis minuman yang tidak memiliki kandungan alkohol dan mengalami proses karbonasi. Air soda memiliki rumus kimia H2CO3 dan dibuat dengan sifat efervesen dengan penambahan karbon dioksida (CO2) di bawah tekanan.

Cara membuat air soda adalah menggunakan air dan gas karbon dioksida (CO2). Dalam pembuatannya air digunakan  untuk melarutkan gas karbon dioksida (CO2).

Joseph Priestley merupakan seorang ilmuwan asal inggris yang dikenal sebagai penemu dari air bersoda pada tahun 1767. Awalnya dia mencoba memasukkan karbon dioksida ke dalam air yang berada dalam sebuah mangkuk yang di gantung. Kemudian Priestley mengetahui bahwa air yang telah berkarbonasi tersebut ternyata memiliki rasa yang enak.

John Mervin Nooth yang merupakan ilmuwan inggris lainnya, menyempurnakan penemuan air bersoda milik Joseph Priestley dan menjualnya sebagai obat. Kemudian berdiri sebuah pabrik minuman bersoda atau minuman berkarbonasi pertama di Amerika Serikat, pada tahun 1830.

Namun dibalik rasanya yang sangat menyegarkan, minuman bersoda ternyata dapat meyebabkan bahaya yang serius pada tubuh. Bahaya minuman ini dapat memberikan efek buruk pada organ tubuh manusia, bahkan jika terlalu banyak mengonsumsi minuman ini bisa mengakibatkan penyakit tertentu.

Banyak sekali bahaya yang ditimbulkan pada tubuh jika terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda, berikut di antaranya.

Meningkatkan Resiko Diabetes

sejarah dan bahaya minuman bersoda
www.lalpathlabs.com

Minuman soda memiliki kandungan gula yang tinggi, minuman ini tidak mengandung gizi karena hanya terbuat dari air gula yang di campur dengan gas karbon dioksida. Menurut penelitian, kandungan gula dalam satu kaleng soda sekitar sepuluh sendok makan, sehingga sangat berbahaya jika terlalu banyak meminumnya apalagi bagi penderita diabetes.

Obesitas

sejarah dan bahaya minuman bersoda
financialtribune.com

Karena kandungan gula yang terkandung dalam minuman soda tinggi, maka jika di konsumsi terlalu banyak dapat meningkatkan resiko obesitas.

Dapat Merusak Ginjal

sejarah dan bahaya minuman bersoda
obatgagalginjal.net

Menurut penelitian para ahli, minuman bersoda mengandung pemanis buatan, kafein, pewarna buatan, dan asam fosfat yang dapat menyebabkan penurunan dan kerusakan pada fungsi ginjal.

Merusak Gigi dan Gusi

sejarah dan bahaya minuman bersoda
www.brintonfamilydentistry.com

Efek dari minuman bersoda yang paling mudah dilihat adalah masalah pada gusi dan gigi menjadi keropos. Hal ini disebabkan karena penumpukan plak pada gigi dan kandungan asam dan gula yang banyak juga dapat mengikis enamel gigi.

Sebenarnya masih ada banyak bahaya-bahaya lain yang disebabkan terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda seperti resiko tulang rapuh, resiko kanker pankreas, ketergantungan pada kafein dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar