Ini Dia 3 Penyebab Gigi Berlubang yang Sering Kita Alami

Gigi merupakan organ tubuh yang sangat mempengaruhi estetika dan mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kehidupan. Senyum indah berawal dari gigi yang sehat. Makanan yang menjadi sumber tenaga bagi tubuh memerlukan bantuan gigi untuk bisa diubah menjadi lebih halus dan bisa dicerna oleh organ tubuh selanjutnya.

Gigi berlubang adalah permasalahan yang umum terjadi. Ketika gigi berlubang, banyak masalah yang akan timbul. Mulai dari nafas bau, gigi sakit saat digunakan untuk makan, ngilu saat minum minuman dingin, dan beberapa dampak buruk lainnya.

Lalu, apa saja penyebab gigi berlubang? Berikut adalah beberapa penyebab gigi kita berlubang:

Penumpukan Bakteri

Penumpukan Bakteri Penyebab Gigi Berlubang
pecantreedental.com

Gigi berlubang disebabkan oleh adanya penumpukan bakteri atau kuman dalam rongga mulut. Bakteri ini memang ada di dalam rongga mulut dalam jumlah tertentu. Ketika terjadi penumpukan yang berlebihan, maka bakteri akan menghasilkan asam yang dapat merusak struktur gigi sehingga menyebabkan gigi berlubang.

Bakteri menumpuk karena beberapa hal, yakni sikat gigi yang kurang bersih, konsumsi makanan manis dan lengket secara berlebihan serta kurangnya konsumsi buah dan sayur. Buah dan sayuran yang berserat dapat membersihkan gigi secara alami.

Pola Sikat Gigi yang Salah

Pola Sikat Gigi yang Salah Penyebab Gigi Berlubang
dentistryatthecrossing.com

Sikat gigi yang tepat minimal dilakukan sehari dua kali, yakni pada waktu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Pemilihan sikat gigi, pasta gigi, dan teknik menyikat gigi yang tepat juga harus kita perhatikan. Pola sikat gigi yang salah dapat menyebabkan sisa makanan terselip pada gigi dan menyebabkan proses awal gigi berlubang dimulai.

Kesadaran Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Kurang

..

tribunnews.com
tribunnews.com

Gigi yang sehat berawal dari kesadaran dan kepedulian menjaga kesehatan rongga mulut. Kebiasaan menggosok gigi secara rutin, penggunaan obat kumur tanpa alkohol, penggunaan dental floss, dan pembersih lidah dapat mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang.

Gigi berlubang merupakan masalah sepele yang bisa menjadi berat apabila tidak segera ditangani. Banyak sumber menyebutkan bahwa gigi berlubang yang parah dan tidak segera dirawat dapat menyebabkan masalah pada jantung dan organ tubuh lainnya. Jadi, kamu masih mau menganggap remeh gigi berlubang?

Tinggalkan komentar