5 Cara Mengurangi Rasa Mual dan Muntah Pada Ibu Hamil Muda

Saat hamil muda, biasanya para ibu akan sering merasa mual bahkan muntah-muntah. Dalam bidang kedokteran keadaan tersebut biasa disebut morning sicknes, karena biasanya terjadi di waktu pagi hari. Tetapi pada kenyataannya rasa mual dan muntah bisa terjadi sewaktu-waktu dan sepanjang hari. Keadaan ini sering terjadi pada usia kehamilan kurang dari 12 minggu atau trimester I sampai akhir trimester II. Namun terkadang ada juga yang mengalaminya hingga 9 bulan masa kehamilan.

Saat dalam keadaan ini, ibu yang hamil muda akan sangat merasa tersiksa karena perutnya terasa seperti diaduk-aduk, kepala pusing, nafsu makan berkurang dan setiap kali makanpun pasti langsung mual-mual dan terkadang sampai muntah.

Ada beberapa perubahan pada tubuh saat ibu hamil muda antara lain perubahan hormon, perubahan metabolisme tubuh, perubahan gula darah, setres, dan lain lain. Perubahan-perubahan tersebut dapat mempengaruhi sistem pencernaan dan akhirnya menyebabkan rasa mual dan muntah.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil.

Melakukan Olahraga Ringan

cara mengurangi rasa mual dan muntah pada ibu hamil
www.disbudparporadairi.com

Para ibu hamil disarankan untuk melakukan olahraga agar kebugaran tubuh tetap terjaga. Namun, sangat disarankan untuk melakukan gerakan-gerakan atau olahraga yang ringan. Selain mengurangi rasa mual, gerakan ringan tersebut memberikan efek positif terhadap kesehatan ibu dan janin. Olahraga ringan ini dilakukan setiap hari dan secara rutin selama proses kehamilan.

Istirahat yang Cukup

cara mengurangi rasa mual dan muntah pada ibu hamil
www.satujam.com

Bagi ibu hamil hindari melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak perlu dan hindari juga melakukan pekerjaan-pekerjaan berat. Diusahakan agar memperbanyak istirahat dan tidur yang cukup agar tubuh tidak terlalu terbebani.

Jangan Stres

cara mengurangi rasa mual dan muntah pada ibu hamil
www.ummi-online.com

Sebaiknya para ibu hamil tidak memikirkan hal-hal yang dapat membuatnya stres.  Beban pikiran dan stres akan dapat menyebabkan rasa mual selama kehamilan, sehingga ketika beristirahat usahakan pikiran juga ikut beristirahat.

Menjaga dan Mengatur Pola Makan

cara mengurangi rasa mual dan muntah pada ibu hamil
kawaiibeautyjapan.com

Selama proses kehamilan, usahakan untuk menjaga dan mengatur pola makan. Untuk mengurangi rasa mual, lebih efektif dengan makan dengan jumlah sedikit tapi dalam frekuensi yang lebih sering.

Menkonsumsi Buah-Buahan Segar

cara mengurangi rasa mual dan muntah pada ibu hamil
www.hypermart.co.id

Mengkonsumsi buah segar dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi rasa mual dan muntah saat proses kehamilan. Buah yang di konsumsi bisa beraneka macam, terutama jenis buah yang mengandung berbagai vitamin dan antioksidan.

Demikian 5 cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah mual dan muntah bagi para ibu hamil. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar