Yuk! Kenali Ciri dan Kebiasaan Nyamuk Demam Berdarah

Selain gigitannya yang bikin gatal dan suara kepakan sayapnya yang bikin jengkel, beberapa jenis nyamuk juga dikenal sebagai pembawa virus yang menyebabkan penyakit berbahaya. Salah satu contohnya adalah nyamuk aedes yang menularkan virus dengue penyebab penyakit demam berdarah melalui gigitannya. Mengenali ciri-ciri nyamuk ini akan memberikan pemahaman bagi kamu untuk menghindari penularan penyakit dari nyamuk ini.

Penyakit demam berdarah merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus dengue, yakni berupa gangguan pada pembuluh darah kapiler serta pada sistem pembekuan darah sehingga menyebabkan pendarahan. Asal mula virus penyakit ini masih sebagai misteri. Virus ini terdapat di berbagai tempat nyaman seperti di udara.

Virus ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya, tapi ketika dibawa dan ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus lewat gigitannya yang langsung masuk ke pembuluh darah akan menjadi sebuah penyakit yang mematikan. Untuk itu kamu perlu mengetahui ciri-ciri nyamuk demam berdarah agar tidak mudah terserang penyakit demam berdarah.

 

Masa Aktif

Berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mengerjakan masing-masing pekerjaan?
lifehack.org

Salah satu ciri nyamuk demam berdarah yang aktif ketika pagi dan sore hari. Hanya nyamuk betina saja yang bertugas menyedot darah dari manusia. Zat yang ada di dalam darah digunakan nyamuk betina untuk memulai proses pembiakan. Waktu puncak nyamuk demam berdarah menyerang manusia adalah pukul 08.00 – 11.00. Kemudian waktu sore hari pada pukul 15.00 – 18.00.

Jadi agar terhindar dari serangan nyamuk ini sebaiknya hindari tidur di waktu-waktu tersebut. Kalau pun harus tidur, sebaiknya untuk menggunakan obat atau peralatan yang bisa mengusir nyamuk.

Lingkungan Hidup

Lingkungan Hidup Nyamuk demam Berdarah
dinkeslumajang.or.id

Aedes aegypti suka bertelur di lingkungan dan menghisap darah makhluk hidup yang ada di sekitarnya. Sedangkan Aedes albopictus umumnya bertelur dan berkembang biak di luar rumah. Kedua jenis nyamuk ini menempatkan telur-telurnya di air yang jernih. Telur nyamuk biasanya akan menetas dan tumbuh menjadi nyamuk dewasa ketika musim kemarau tiba.

Ketika musim hujan, akan makin banyak nyamuk yang berkembang biak karena banyak genangan air. Oleh karena itu, sebaiknya jangan biarkan barang-barang bekas berserakan di lingkungan sekitar. Buatlah lubang untuk mengubur barang-barang yang bisa menampung air hujan.

Yang Disukai Nyamuk Demam Berdarah

Yang Disukai Nyamuk Demam Berdarah
monster-bego.blogspot.com

Nyamuk demam berdarah sangat menyukai tempat-tempat yang lembab seperti di gantungan baju atau di pepohonan. Nyamuk ini juga menyukai warna-warna gelap seperti biru, hitam. Selain itu nyamuk demam berdarah sangat tertarik dengan bau keringat, semakin tajam bau keringat tersebut, maka nyamuk akan lebih tajam mengendus bau itu untuk mengetahui keberadaan kamu.

Yang Tidak Disukai Aedes

blog.absolutechinatours.com
blog.absolutechinatours.com

Benih nyamuk demam berdarah tidak akan bisa bertahan lama di lingkungan kering atau tanpa air. Bau-bauan tertentu juga bisa membuat nyamuk ini pergi menjauh seperti bau bunga lavender, tanaman zodiac dan juga serai wangi.

Oleh karena itu usahakan lingkungan kamu bersih dan tidak ada air yang tergenang. Cara ampuh untuk mengusir nyamuk bisa dengan menanam tanaman-tanaman yang tidak disukai nyamuk yakni bunga lavender, serai dan rosemarry.

Ciri-ciri Nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes albopictus

faizalfairuz.com
faizalfairuz.com

Nyamuk demam berdarah mempunyai ciri fisik yakni warna belang hitam putih di semua bagian tubuh, yang terlihat jelas di bagian punggung. Pada Aedes aegypti, corak bintik putih membentuk siku di bagian pinggiran tubuh, sedangkan Aedes albopictus memiliki corak bintik putih yang membelah tubuhnya di tengah.

Cara Mencegah Penyakit Demam Berdarah

Cara Mencegah Penyakit Demam Berdarah
lettera43.it

Setelah mengetahui ciri-ciri demam berdarah maka langkah selanjutnya adalah mencegah agar tidak terkena gigitan nyamuk ini. ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar lingkungan kamu bebas dari nyamuk demam berdarah diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menanam tanaman pengusir nyamuk seperti serai, bunga lavender, geranium dan tanaman lain di sekitar rumah kamu
  2. Usahkan agar sinar matahari bisa masuk ke ruangan kamu
  3. Bersihkan sela-sela gorden dan gantungan-gantungan baju agar tidak menjadi sarang nyamuk
  4. Lakukan penyemprotan rutin. Jika memungkinkan kamu bisa melakukan penyemprotan obat pada tempat-tempat yang diperkirakan menjadi sarang nyamuk
  5. Menjaga kesehatan tubuh. Sebenarnya nyamuk ini memasukan virus ke dalam pembuluh darah lewat gigitan. Tetapi ketika tubuh dalam kondisi prima virus tidak akan mampu berkembang. Kamu bisa mengkonsumsi madu untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tinggalkan komentar