Pantai Papuma Dengan Keindahan Alam yang Sangat Mempesona

Pantai Papuma, satu lagi keindahan alam yang sangat mempesona. Tak kalah populernya dengan pantai-pantai lain yang menarik di Indonesia. Pantai ini terletak di desa LojejerĀ  kecamatan Wuluhan 45 Km arah selatan kota Jember. Salah satu kawasan wisata yang menjadi unggulan dari Kabupaten Jember.

Untuk Sejarah dari nama Papuma sendiri berasal dari akronim Pasir Putih Malikan. Sesuai dengan namanya Pantai Papuma adalah sebuah penjorokan daratan ke laut dengan pantai pasir putih.

Tidak hanya pasir putih yang terdapat di Papuma, batu-batu hijau, hitam, dan putih beraneka bentuk terhampar di sisi barat Papuma. Inilah perbedaan Papuma dengan pantai-pantai di sekitarnya.

Di timur pantai Papuma terdapat Pantai Watu Ulo dan Pantai Payangan yang pasirnya berwarna hitam. Hal inilah yang menjadikan perbedaan pengunjung antara Pantai Papuma dengan pantai Watu Ulo dan Pantai Payangan.

anekatempatwisata.com
anekatempatwisata.com

Pantai Papuma menyuguhkan keindahan alam pantai yang didukung dengan ekosistem pantai yang terjaga. Di bagian timur pantai ini terdapat pantai berpasir putih terhampar dari utara ke ujung selatan tanjung. Di sepanjang pantai Papuma inilah memungkinkan para wisatawan asing yang datang untuk berjemur dan menikmati hempasan sinar matahari.

Di beberapa tempat terdapat batu karang yang masih utuh ditemani beberapa bongkah batu karang bulat pipih terukir ombak, membentuk pantai batu putih. Ekosistem dan juga pemandangan alam pantai yang menawan akan membuat wisatawan kerasan berlama-lama menikmati pesonanya. Rimbunnya pohon pada formasi baringtonia dimanfaatkan oleh para pedagang menyajikan ikan segar, es kelapa muda, dan aneka ragam kuliner yang menambah kesan wisata alami khas pantai.

Keindahan pantai Papuma juga dilengkapi dengan ketersediaan fasilitas penginapan, Rest area, bumi perkemahan, kios souvenir, mushola juga sarana umum lainnya sebagai fasilitas penunjang wisatawan.

Dengan adanya berbagai fasilitas tersebut, pengunjung bisa lebih betah menikmati pemandangan, bahkan bisa menginap dengan nyaman. Bila sampai menginap, pengunjung bisa menikmati keindahan matahari tenggelam dan matahari terbit.

Pada malam hari suasana pantai semakin menarik karena kehadiran bintang serta satwa laut yang mampu memendarkan cahaya yang terlihat dari bibir pantai Papuma.

Itulah sedikit tentang keindahan Pantai Papuma, jika kamu sedang berlibur saya sarankan Pantai Papuma menjadi salah satu zona wisata yang akan kamu kunjungi.

Tinggalkan komentar