Peluang Bisnis yang Tak Pernah Sepi, Pembudidayaan Ikan Koi

Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan emas yang banyak dibudidayakan di Indonesia, walupun berasal dari Jepang, namun banyak pula peternak ikan lokal yang membudidayakannya.

Ikan Koi mulai dikenal luas di Indonesia sejak tahun 1960an sejak Presiden Pertama yaitu Bapak Soekarno mendapat hadiah ikan koi dari pemimpin Cina yang berkuasa saat itu dan memberikan ikan – ikan tersebut pada peternak ikan di daerah sekitar Batu dan Malang Jawa Timur

Pembudidayaan ikan koi lokal pun semakin berkembang pesat, lepas dari tempat asal budidayanya yatu disekitaran Malang, kini budidaya ikan koi lokal terbaik berada dikota Blitar, Jawa Timur.

Baca juga : Jenis-Jenis Ikan Hias Koi yang Memiliki Corak Indah

Permintaan pasar lokal dan internasional yang tidak pernah menurun dan cenderung stabil serta harga nya yang selalu meningkat tajam membuat pembudidayaan ikan hias koi menjadi pilihan yang sangat menjanjikan bagi kamu yang ingin memulai usaha ini, den berikut adalah langkah – langkah pembudidayaan ikan koi:

Pembudidayaan Ikan Koi
Pembudidayaan Ikan Koi, | Pict by. wondernorthwest.com
  1. Memilih Indukan Unggul

Indukan koi unggul adalah yang sudah berusia lebuh dari 2 tahun, memiliki warna terang yang kontras, bergerak gesit dan berenang seimbang. Sebaiknya indukan jantan dan betina berasal dari satu jenis ikan koi dan gonadnya telah matang

 

  1. Pemeliharaaan Indukan

Dalam sebuah kolam sebaiknya ada 15 – 20 indukan betina dan 30 – 40 indukan jantan.

Beri makan pelet yang cukup 2 – 4 kali sehari, dan selalu jaga kebersihan kolam.

 

  1. Pemijahan

Waktu yang tepat untuk melakukan pemijahan adalah malam hari, tapi masukan indukan betina terlebih dahulu pada sore hari dan lanjutkan memasukkan indukan jantan 3 jam kemudian untuk menghindari stress.

 

  1. Penetasan

Telur ikan koi dalam kolam akan menetas dalam waktu 2 hari dengan bantuan suhu optimal antara 27 – 30 derajat celcius. Setelah menetas beri makan anakan berupa kuning telur rebus

 

  1. Pendederan

Pendederan ini berlangsung selama ikan menetas hingga berusia 3 bulan, beri makan teratur 2 – 3 hari sekali dengan pelet, cacing sutera ataupun udang artemia.

Selain beberapa makanan ikan koi diatas, kamu juga dapat memnberikan nutrisi lain berupa wortel, alga, sawi, ganggang, semangka, kubis, atau cabe hijau. Variasi diatas dapat membantu mempercepat perkembangan dalam pembudidayaan ikan koi.

u mempercepat perkembangan dalam pembudidayaan ikan koi.

Tinggalkan komentar